Traveling Menikmati Alam Cara Ampuh Hilangkan Stres

Kesehatan

Traveling Menikmati Alam Cara Ampuh Hilangkan Stres

Bagi yang menyukai traveling, apakah Anda lebih menyukai berjalan-jalan menikmati suasana suatu kota atau menikmati alam? Jika tujuan Anda bepergian adalah untuk menghilangkan stres atau bahkan berniat menyembuhkan trauma, sebaiknya pilihlah untuk menikmati alam.

Suasana hijau dan udara yang didapat dari alam memiliki pengaruh besar, termasuk pada kesehatan mental. Mengutip fimela.com (10/10/2019), seseorang yang memiliki trauma sehingga melukai kesehatan mental atau psikologis, cenderung disarankan untuk pergi menikmati alam.

Traveling Menikmati Alam Cara Ampuh Hilangkan Stres

Alam bisa membuat diri seseorang menjadi lebih relaks. Karena, koneksi antara diri sendiri dan alam sangat intim dan universal. Bagaimana tidak? Sebab pohon menyediakan oksigen untuk dihirup dan karbon dioksida yang dilepaskan manusia bermanfaat untuk pohon. Oleh karena itu, sebenarnya manusia sangat terhubung dengan alam. Sebuah penelitian di Inggris menemukan, orang-orang yang hidup di dekat sawah, taman, perkebunan atau hutan jarang sekali mengalami stres dan depresi dibandingkan orang yang hidup di lingkungan metropolitan.

[Baca Juga: Mengenal Skizofrenia sebagai Gangguan Kesehatan Jiwa]

Selain itu, ada juga penelitian dalam jurnal Pubmed Central Proceeding of the National Academy of Science of the United States of America menemukan bahwa orang-orang yang mengalami depresi atau stres berat mengalami peningkatan mood secara signifikan ketika diminta jalan-jalan ke alam selama 90 menit. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan aktivitas pada area otak yang berkaitan dengan pemikiran-pemikiran negatif yang sering dialami seseorang yang mengalami stres dan pascatrauma.

Namun, sebenarnya seseorang yang mengalami stres atau pascatrauma juga bisa menghabiskan waktu selama 20 menit saja di alam untuk bisa mendapatkan manfaat alam sebagai penyembuh yang ampuh. Namun, harus benar-benar menikmati alam tanpa distraksi dari apa pun. Dalam 20 menit, yang dilakukan adalah memperhatikan daun-daun hijau di pohon, serta resapi kicau burung di sekitarnya sebagaimana dilansir nationalgeographic.co.id (18/9/2019).

[Baca Juga: Trik Siasati Hemat Biaya Traveling Domestik dan Luar Negeri]

Para peneliti di seluruh dunia bahkan berpendapat, alam merupakan hadiah bagi manusia karena sangat baik untuk kesehatan mental dan emosional. Jadi, jika Anda ingin menjaga kesehatan mental dari stres dan depresi, sering-seringlah traveling menikmati alam ya Pointers!


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.