Trik Agar Telur Rebus Terkelupas Sempurna

Kuliner

Trik Agar Telur Rebus Terkelupas Sempurna

Bagi Anda yang senang memasak, mungkin telur akan menjadi salah satu bahan andalan Anda. Selain didadar, telur dapat Anda sulap menjadi menu nikmat yang menggoyang lidah, seperti semur, balado, opor, dan lainnya. Namun, kendala yang biasa dialami kala memasak menu tersebut adalah bentuk telur rebus yang menjadi rusak saat dikupas. Mengatasi hal ini, melansir The Daily Meal (17/4/2020), Anda perlu memerhatikan dua fase memasak telur rebus, yaitu merebus dan mengupasnya.

Trik Agar Telur Rebus Terkelupas Sempurna

Cara Merebus Telur

  1. Sebelum memulai merebus telur, buatlah larutan air cuka. Caranya, campurkan satu sendok teh cuka untuk setiap empat gelas air. Cuka melarutkan kalsium karbonat pada cangkang telur sehingga memudahkan Anda mengupasnya.
  2. Selanjutnya, taruhlah telur mentah dalam panci yang sudah diisi air, masukkan larutan cuka yang telah Anda buat dan rebuslah telur dengan api yang besar.
  3. Setelah air mendidih, matikan api, dan tutup panci. Tunggu sekitar 9 menit apabila telur-telur yang Anda masak berukuran kecil, 12 menit untuk telur-telur berukuran sedang, dan 15 menit untuk ukuran besar. Agar telur nantinya tidak terlalu lembut, Anda dapat menunggunya lebih lama dari waktu tersebut.
  4. Terakhir, angkat telur dan masukkan ke dalam wadah berisi air es. Air es akan membantu menurunkan suhu telur yang baru direbus.

[Baca Juga: Cara Membuat Telur Rebus yang Sempurna]

Trik Agar Telur Rebus Terkelupas Sempurna

Cara Mengupas Telur

  1. Sebelum mengupasnya, pastikan telur sudah dalam keadaan dingin. Bila telur masih panas, cangkang dan telur tidak terpisah dengan sempurna sehingga membuat Anda sulit mengupas.
  2. Anda dapat mengupas telur dalam wadah berisi air dingin. Retakkan kulit telur dengan benda keras, kemudian masukkan lagi telur ke dalam wadah berisi air dan kupas dalam keadaan terendam.
  3. Setelah meretakkannya, Anda dapat pula mengupas telur di bawah air mengalir. Tekanan dari air yang mengalir dapat membantu Anda mengupas cangkang dengan sempurna.

Itulah cara yang bisa dipraktikkan untuk mendapat bentuk telur rebus yang sempurna. Selamat mencoba, Pointers.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.