Trik Atasi Sindrom Gangguan Mata Pada Anak Kecanduan Gadget

Kesehatan

Trik Atasi Sindrom Gangguan Mata Pada Anak Kecanduan Gadget

Computer Vision Syndrome (CVS) atau sindrom gangguan mata merupakan masalah kesehatan pada mata yang diakibatkan aktivitas berlebihan atau terlalu lama menatap layar gawai, baik itu komputer, tablet, ataupun ponsel.

CVS menjadi masalah kesehatan yang kini banyak ditemui tidak hanya di kalangan pekerja kantoran, namun juga pada anak-anak yang kecanduan bermain game atau menonton lewat tablet, bahkan ponsel.

[Baca Juga: Radiasi Ponsel Sebabkan Kanker Otak, Benarkah?]

Lantas, apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya? Beberapa hal di bawah ini dapat dilakukan untuk mengatasi CVS seperti dikutip dari laman Siloam Hospitals (16/3/2019)

  • Sumber Cahaya

Ruangan yang terlalu redup dapat menyebabkan kontras yang berlebihan sehingga membuat mata terasa tidak nyaman. Selain itu, juga dapat mengatur pencahayaan dari gadget agar tidak terlalu terang. Pencahayaan yang terlalu terang dapat mempercepat mata lelah.

  • Teknik 20-20-20

Teknik ini dilakukan dengan cara mengistirahatkan mata setiap 20 menit sekali. Istirahatkan mata setelah 20 menit menatap layar selama 20 detik dengan cara menatap objek yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter).

  • Atur Posisi Gadget

Atur posisi sedemikian rupa sehingga posisi kepala tetap terasa nyaman. Meskipun kebanyakan orang terbiasa menatap layar dengan posisi kepala sedikit menunduk, sangatlah disarankan untuk mengatur posisi gadget 15-20 derajat di bawah pandangan mata (dihitung dari tengah layar dan 20-28 inci dari mata).

[Baca Juga: Tips Atasi Susah Tidur dari Praktisi Neurosains Anne Gracia]

  • Postur dan Cara Duduk

Hindari bermain gadget sambil tiduran. Ajari anak untuk tetap memiliki postur dan cara duduk yang baik saat menggunakan gadget.

  • Lakukan Peregangan

Ajak anak bangun dari tempatnya berada untuk melakukan peregangan sederhana dan melakukan rileksasi pada otot-otot tubuh.

  • Berkedip Lebih Sering

Terkadang saat menatap layar dan konsentrasi menggunakan gadget, refleks berkedip akan berkurang. Ingatkan anak untuk berkedip secara teratur saat menggunakan gadget. Berkedip membantu melembapkan mata dan mencegah mata menjadi kering.

  • Waktu Penggunaan Gadget

Batasi waktu menggunakan gadget pada anak maksimal 2 jam sehari. Usahakan anak memiliki kegiatan lain yang membuatnya lebih aktif bergerak.

[Baca Juga: Mactivation Mendobrak Sensori dan Rangsang Fungsi Otak]

Tidak kalah penting juga adalah istirahat yang cukup setelah menggunakan gadget, rajin mengonsumsi sayur dan buah untuk tetap menjaga kesehatan mata, serta ajari anak untuk lebih bijaksana dalam menggunakan gadget yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari pada masa kini.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.