ads
TRIK MEMPERBARUI TAMPILAN WALLPAPER DINDING YANG TELAH USANG

Properti dan Solusi

Trik Memperbarui Tampilan Wallpaper Dinding yang Usang

Salah satu cara mudah mempercantik tampilan dinding interior rumah adalah dengan menutupnya menggunakan wallpaper. Sebab, ada banyak jenis dan motif wallpaper dinding yang bisa digunakan, dan tentunya memiliki tampilan yang indah. Terlebih, jenis dan motif wallpaper dinding ini bisa dipilih sesuai selera masing-masing pemilik atau penghuni rumah.

Sayangnya, jika telah digunakan untuk waktu yang cukup lama, wallpaper dinding bisa terlihat usang. Ini tentu akan mengurangi estetika rumah jika terlalu lama dibiarkan. Kalaupun berniat untuk menggantinya dengan yang baru, hal tersebut akan merepotkan dan berpotensi merusak lapisan dinding. Itu bisa terjadi karena wallpaper dinding yang telah dipasang akan sangat merekat dan sulit dicabut tanpa meninggalkan bekas.

Sebab itu, daripada susah payah mencabut wallpaper dinding yang terlihat usang, lebih baik memperbarui tampilannya dengan cara dicat. Dengan kata lain, lukislah permukaan wallpaper yang telah usang agar terlihat baru dan lebih menarik. Langkah ini juga pastinya akan membuat interior memiliki nuansa baru. Pemilik atau penghuni rumah pun bisa menyesuaikan lukisannya itu dengan tema yang lebih modern, sehingga interior rumah tampil dengan gaya kekinian.

Harus Dilakukan dengan Tepat

Perlu diketahui, melukis di atas wallpaper dinding cenderung menjadi hal tabu di industri desain atau dekorasi interior. Bahkan, kebanyakan perancang atau desainer interior menyarankan agar tidak melakukan hal tersebut. Tapi, jika dilakukan dengan tepat dan dengan bantuan alat yang memadai, bukan tidak mungkin hal ini bisa dilakukan.

Oleh sebab itu, sebisa gunakan jasa pelukis profesional jika memang pemilik atau penghuni rumah ingin melukis wallpaper dinding rumahnya. Atau jika ingin melakukannya sendiri, perhatikan hal-hal yang diungkapkan Jeff Spillane berikut ini. Teknik melukis wallpaper ala Senior Manager of Product Training Implementation Benjamin Moore’s ini dikutip PingPoint.com dari architecturaldigest.com, Kamis (30/8/2018).

1. Perhatikan jenis wallpaper

TRIK MEMPERBARUI TAMPILAN WALLPAPER DINDING YANG TELAH USANG

Sebelum mengambil kuas, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengetahui jenis wallpaper yang digunakan. Sebab beda jenis material wallpaper, beda pula teknik mengecatnya. "Kertas atau wallpaper berlapis vinil bisa dicat, namun wallpaper seperti vinil berbahan dasar kain berat tidak boleh dilukis,” kata Spillane. “Namun, wallpaper ini mudah dilepas," sambungnya.

2. Pastikan Wallpaper Utuh

TRIK MEMPERBARUI TAMPILAN WALLPAPER DINDING YANG TELAH USANG

Pastikan penutup wallpaper dalam kondisi baik. Sebab, ini akan berkaitan dengan kelancaran dan keberhasilan dalam melukisnya. "Saat melukis di atas wallpaper, penting untuk terlebih dahulu memastikan bahwa penutup dinding itu bersih dan tidak menunjukkan tanda-tanda pengangkatan di tepi atau lapisan," ucap Jeff Spillane.

3. Lapisi dengan cat dasar

TRIK MEMPERBARUI TAMPILAN WALLPAPER DINDING YANG TELAH USANG

Untuk bisa melukis di atas wallpaper dinding, tentunya penutup tembok itu harus dilapisi cat dasar terlebih dulu. Tapi ingat, cat dasar dalam hal ini bukanlah cat yang berbasis primer lateks, melainkan alkid. "Primer lateks bisa meresap melalui pori-pori wallpaper dan membuatnya mengelupas. Baru setelah dilapisi cat dasar, wallpaper bisa dilapisi dengan produk (cat) apa pun,” imbuh Spillane.

Dengan memerhatikan hal-hal yang telah disebutkan di atas, melukis wallpaper dinding pun bisa dilakukan dengan lebih mudah, dan tentunya hasilnya juga jadi lebih maksimal. Sementara sebagai catatan, langkah ini hanya bisa dilakukan jika kondisi wallpaper dinding hanya sebatas usang, bukan mengelupas atau rusak. Sebab jika memang kondisinya demikian, tentu tidak bisa dicat atau dilukis.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah.jpg

Properti dan Solusi

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah

20 February 2019, 4 a.m.  |  4 Views

Banyak manfaat miliki taman di halaman rumah. Taman memberikan sirkulasi udara yang baik. Memandanginya juga baik untuk mata lelah.

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda.jpg

Kesehatan

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda

20 February 2019, 5 a.m.  |  7 Views

Mengetik berjam-jam di depan layar komputer dapat mengganggu kesehatan. Sastrawan Eka Kurniawan mengatasinya dengan rajin bersepeda.

Ngopi Instagramable di Serpong 1.jpg

Kuliner

4 Tempat Ngopi Instagramable di Serpong

20 February 2019, 3 a.m.  |  4 Views

Secangkir kopi panas jadi kenikmatan hakiki yang tak terbantahkan. Tak ayal, tempat ngopi juga hadir dengan interior instagramable.

Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Taman Baca Inovator Lahir Atas Nama Literasi

19 February 2019, 4 a.m.  |  48 Views

Gerakan taman bacaan mungkin sudah banyak ditemukan. Namun, Yayasan Taman Baca Inovator punya sentuhan berbeda.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads