Trik Menyimpan Daging Agar Lebih Tahan Lama

Kuliner

Trik Menyimpan Daging Agar Lebih Tahan Lama

Kesalahan penyimpanan makanan dapat memiliki konsekuensi yang merugikan. Paling buruk, Anda atau orang atau keluarga dapat berakhir dengan infeksi bakteri atau keracunan makanan. Atau yang tidak fatal tapi menyakiti kantong adalah membuang-buang uang bersama daging busuk yang Anda beli dengan harga mahal.

Berikut tips yang dirangkum PingPoint.co.id dari realsimple.com yang memaparkan tips menyimpan daging dari Pendiri dan tukang daging Primal Supply Meats Heather Marold Thomason. Pelajari cara menyimpan daging dari lima pertanyaan yang paling sering diajukan ini.

[Baca Juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Terlalu Banyak Makan Daging]

1) Haruskah Menyimpan Daging dalam Bungkus yang Sama Ketika Membeli?

Anda ingin menyimpan daging Anda yang dibungkus rapat untuk meminimalkan paparan udara. “Kertas dari toko daging sangat bagus untuk lemari es, karena dimaksudkan untuk menyimpan daging selama beberapa hari. Jika Anda ingin membekukannya dalam tersebut, masukkan bungkusan daging ke dalam kantong Ziploc untuk meminimalkan paparan udara dan uap air," Thomason menjelaskan.

Kemasan plastik dan styrofoam boleh disimpan di lemari es, tetapi jika Anda akan membekukan daging, disarankan untuk membuka dan membungkusnya lebih rapat dengan bungkus plastik atau kertas freezer, kemudian menyegelnya dalam kantong plastik Ziploc.

Trik Menyimpan Daging Agar Lebih Tahan Lama

2) Bagaimana Jika Sudah Membuka Daging dan Hanya Menggunakannya Setengahnya?

Ada dapat kembali menyimpan sisanya dengan selalu menyegelnya dengan ketat. Bungkus plastik adalah pilihan bagus untuk menyegel ulang daging segar, atau untuk pembungkus sebelum membekukannya. "Tapi jangan pernah membekukan daging berulang!" kata Thomason. Kualitas daging untuk tekstur dan rasa akan karena pembekuan dan pencairan berulang.

Trik Menyimpan Daging Agar Lebih Tahan Lama

3) Kapan Waktu Terbaik untuk Membekukan Daging?

"Saya selalu merekomendasikan untuk memasukkan daging ke dalam freezer saat masih segar dan Anda masih memiliki beberapa 'sisa' hari sebelum kedaluwarsa. Alangkah baiknya menyisakan satu atau dua hari untuk mencairkan dan memasak daging sebelum kedaluwarsa,” kata Thomason. Jika Anda benar-benar ingin membekukan daging pada saat terakhir, untuk menghindari daging terbuang, beri label pengingat tanggal memasaknya segera setelah dicairkan.

Anda bisa menyimpan daging di freezer dalam beberapa bulan. Semakin sedikit waktu sebelum membekukan, semakin baik kualitas daging. Namun secara umum, Anda dapat menyimpan daging di dalam freezer hingga satu tahun.

Trik Menyimpan Daging Agar Lebih Tahan Lama

4) Bagaimana Cara Terbaik untuk Mencairkan Daging?

Lelehkan daging perlahan. Pembekuan cepat dan pencairan perlahan adalah cara terbaik untuk menghindari penurunan kualitas daging. "Yang paling ideal adalah merencanakan satu hari ke depan dan memindahkan daging dari freezer Anda ke bagian kulkas biasa," katanya. Namun, perhatikan jika potongan daging cukup besar, mungkin perlu beberapa hari untuk dicairkan di lemari es.

"Jika Anda lupa mencairkan daging sehari sebelum memasak, Anda dapat dengan cepat mencairkan daging dalam semangkuk air dingin. Untuk ukuran kecil daging, ini tidak memakan waktu lama, sekitar satu jam. Ukuran yang lebih besar bisa memakan waktu hingga dua jam. Saya tidak akan merekomendasikan pencairan cepat untuk daging di atas 1,3-2 kg," saran Thomason.

5) Bagaimana Mengetahui Apakah Daging Masih Aman Dikonsumsi?

Pertama dan terpenting, percayalah pada indra Anda. Daging segar harus disimpan dalam lemari es pada suhu di bawah 5 derajat celcius atau di bawahnya. Perhatikan keterangan tanggal 'dikemas pada' atau 'sebaiknya digunakan pada' untuk memastikan Anda menggunakan daging saat masih segar. Daging harus memiliki warna yang baik, cerah (bukan abu-abu), harus lembab dan segar saat disentuh (tidak lengket). Dan, yang terpenting, percayai hidung Anda. Sering kali daging yang rusak akan memiliki bau yang kuat.

[Baca Juga: Jelang Iduladha, Begini Cara Bersihkan Daging yang Benar]

Saat membeli daging pastikan Anda melihat label tanggal 'dikemas pada' atau 'sebaiknya digunakan pada'. “Kami merekomendasikan untuk menggunakan daging segar yang dibungkus dalam waktu tiga hingga empat hari setelah pembelian. Jika daging disegel kedap udara, Anda ingin menggunakan atau membekukannya dalam waktu dua minggu dari tanggal 'dikemas pada'," jelas Thomason.

“Semakin cepat Anda memasak daging, semakin segar dan lezat rasanya. Tetapi di tengah kesibukan, jika Anda tidak bisa memasak sesuatu tepat waktu, bungkus rapat dan bekukan untuk nanti. Dan kemudian cairkan dengan perlahan! " tutup Thomason.

Read More

Artikel Lainnya

Ganjar Minta Mahasiswa Ikut Edukasi Masyarakat Tentang Pandemi Covid-19.jpeg

Pendidikan

Ganjar Minta Mahasiswa Ikut Edukasi Masyarakat Tentang Pandemi

02 June 2020, 21:00

Mahasiswa dapat membantu masyarakat mulai mengedukasi, pendataan hingga menggerakkan ekonomi masyarakat desa.

Mulai 12 April, Pengguna Transportasi Umum Jakarta Wajib Pakai Masker

Bisnis

Selain Masalah Protokol Kesehatan, Ini Tantangan Transportasi Umum Di Masa New Normal

02 June 2020, 20:28

Bila nantinya wacana new normal ini benar-benar diterapkan, maka perlu kesiapan dalam pengaktifan transportasi umum di Ibu Kota.

Atasi Gerah di Rumah Tanpa AC_1.jpg

Properti dan Solusi

Atasi ‘Gerah’ di Rumah Tanpa AC dengan Cara Ini

02 June 2020, 20:23

Selain menggunakan AC, cara berikut dapat dipraktikkan agar tidak merasa kepanasan di dalam rumah.

Masa Transisi di Malang, Karyawan Boleh Tetap Kerja dari Rumah

Berita Kawasan

Masa Transisi di Malang, Karyawan Boleh Tetap Kerja dari Rumah

02 June 2020, 20:00

Selama masa pandemi COVID-19, perusahaan dapat menentukan pekerja yang perlu bekerja di kantor atau bekerja dari rumah.


Comments


Please Login to leave a comment.