Trik Perlambat Datangnya Menopause

Kesehatan

Trik Perlambat Datangnya Menopause

Menopause merupakan fenomena alami tubuh wanita. Tapi tak sedikit wanita yang takut menghadapinya, karena saat masa itu tiba artinya tubuh wanita sudah tidak lagi mampu memproduksi hormon reproduksi, yang dampaknya bisa bermacam-macam termasuk kehidupan seksual.

Sekarang banyak faktor lingkungan yang menyebabkan wanita mengalami menopause dini, bahkan ada yang terjadi di usia kurang dari 40 tahun. Bila terjadi menopause dini, banyak efek yang terjadi pada kesehatan, seperti meningkatnya risiko osteoporosis dan penyakit jantung.

Trik Perlambat Datangnya Menopause

Wanita yang mengonsumsi asupan kalsium tinggi cenderung lebih sedikit mengalami menopause dini dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kalsium. Ada baiknya Anda mencurangi datangnya menopause. Melansir dari Boldsky (11/10/2019), berikut beberapa cara alami untuk menghambat terjadinya menopause.

[Baca Juga: Apakah Terapi Hormon Sehat Dilakukan di Masa Menopause]

  • Olahraga Teratur

Menopause paling sering terjadi akibat ovulasi yang tidak benar. Masalah ovulasi pada gilirannya terjadi ketika Anda memiliki tubuh yang tidak fit. Tubuh terpapar banyak polusi dan mengonsumsi junk food, yang mempercepat proses penuaan. Olahraga adalah salah satu cara untuk menghindari racun. berolahraga juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang pada umumnya mengarah ke periode menstruasi yang teratur.

  • Berhenti Merokok

Jika Anda seorang perokok, maka kemungkinan besar akan mengalami menopause dini. Merokok dapat menghambat sirkulasi darah dalam tubuh. Semakin sedikit darah yang beredar ke rahim dan ovarium, Anda tidak akan memiliki periode menstruasi yang teratur. Berhenti merokok adalah salah satu cara terbaik untuk menunda menopause.

  • Perbanyak Konsumsi Antioksidan

Menopause itu sendiri adalah tanda bahwa tubuh Anda sudah mengalami penuaan. Untuk memperlambatnya, Anda perlu mempertahankan tubuh tetap muda. Makan makanan yang kaya antioksidan seperti buah, minyak zaitun, brokoli, paprika dan lainnya. Cara ini akan mengusir racun dari tubuh dan menunda tanda-tanda penuaan.

  • Konsumsi Makanan Kaya Fitoestrogen

Tepat sebelum menopause, kadar hormon estrogen pada tubuh wanita mulai menurun. Jadi, jika tubuh Anda tidak lagi memproduksi estrogen yang cukup, maka Anda harus memperoleh tambahan dari luar. Makan makanan yang kaya fitoestrogen seperti produk kedelai dan biji-bijian seperti gandum dan gandum hitam dapat membantu menunda menopause.

Trik Perlambat Datangnya Menopause

Penananganan Medis

Menopause dini tidak bisa diobati atau dicegah dengan pengobatan atau perawatan tertentu. Namun, ada beberapa cara mengatasi gejala yang mungkin timbul. Berikut beberapa penanganan medis untuk meringankan gejala menopause dini, yang dikutip dari alodokter.com, yaitu:

1) Terapi Hormon

Terapi hormon atau terapi estrogen merupakan cara paling efektif untuk mengontrol gejala menopause dini, seperti hot flush atau rasa panas dan kering pada vagina. Terapi hormon ini tersedia dalam berbagai bentuk termasuk pil, patch, semprotan transdermal, gel dan krim, serta sediaan untuk penggunaan intravaginal. Penggunaan terapi ini sebaiknya dengan dosis terendah, karena dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, hingga kanker payudara.

2) Pil KB

Kontrasepsi oral merupakan bentuk lain terapi hormon yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala menopause.

3) Obat Antidepresan

Golongan obat selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI) bisa membantu meringankan gejala hot flush pada menopause dini.

4) Gel, Krim dan Pelumas Vagina Non-Hormonal

Pelumas ini dapat membantu mencegah kekeringan pada vagina di masa menopause.

5) Teknologi Reproduksi Bantuan

Wanita dengan menopause dini akan menghadapi masalah infertilitas atau sulit punya momongan. Namun demikian, kehamilan tetap bisa diusahakan melalui cara lain, yakni dengan donor sel telur.

[Baca Juga: Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi]

Mengetahui hal tersebut di atas, Anda harus menjaga pola hidup sehat Anda. Tak hanya baik dalam mencegah menopause, tetapi juga untuk menghindari penyakit yang lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.