Licin IndonesiaOK3.jpg

Bisnis

Tukar Jelantah Bisa Dapat Uang, Ini Solusi LICIN Indonesia

Pointers pasti telah banyak yang mengetahui jika minyak jelantah merupakan salah satu limbah karena merupakan minyak bekas pemakaian pengolahan makanan. Namun bagi sebagian masyarakat minyak jelantah ini sering digunakan kembali untuk pemasakan ulang atau jika tak terpakai akan dibuang langsung ke alam. Padahal pemakaian kembali minyak jelantah ini dapat menyebabkan penyakit kanker. Selain itu minyak jelantah yang dibuang ketanah juga tak bisa terserap sehingga akan menggumpalkan dan menutup pori-pori tanah. Akibatnya tanah menjadi keras dan dapat mengakibatkan bencana banjir.

Untuk mencegah pencemaran lingkungan yang diakibatkan pembuangan minyak jelantah langsung ke alam, sebuah startup lokal bernama LICIN hadir membawa solusi. LICIN berupaya untuk mengolah limbah minyak goreng dari rumah tangga ataupun sektor F&B untuk diolah menjadi BioDiesel. Nantinya minyak jelantah yang berasal dari beberapa tempat seperti dari limbah rumah tangga, industri rumahan, restoran, hingga usaha-usaha lainnya dapat ditukar dengan berbagai barang bernilai tinggi.

Licin IndonesiaOK2.jpg

Pada tahun 2019, data dari The International Council on Clean Transportation (ICCT) mencatat bahwa minyak jelantah yang dihasilkan Indonesia telah mencapai 157 juta liter yang berasal dari beberapa sumber seperti limbah rumah tangga, industri rumahan, restoran dan hotel. Angka ini diprediksi akan terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan industri di Indonesia. Namun sangat disayangkan dari total 157 juta liter minyak jelantah yang dihasilkan Indonesia, hanya 3 juta kilo liter saja minyak jelantah yang berhasil dikumpulkan. Ini artinya minyak jelantah yang terkumpul hanya sebesar 18.5% dari total konsumsi minyak goreng sawit nasional.

Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke 76 pada tanggal 17 Agustus 2021 lalu, LICIN resmi diluncurkan di Indonesia. Menurut Pimpinan LICIN, Efang Sofian, minyak jelantah dari masyarakat dapat ditukarkan dengan sesuatu yang pastinya akan menguntungkan bagi masyarakat. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan karena biasanya minyak jelantah akan berakhir di pembuangan dan mencemari lingkungan. “LICIN menawarkan solusi yang memberikan keuntungan bagi masyarakat. Melalui layanan ini, minyak goreng bekas pakai dapat ditukarkan dengan uang tunai, produk AMDK Pelangi, hingga emas,” ujar Efang dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (21/8/2021).

Penukaran minyak jelantah dengan beberapa produk tersebut dapat dilakukan dengan cara mendaftar melalui laman LICIN di https://licin.love kemudian klik Tukar Sekarang. Setelah selesai mengisi seluruh kolom yang dibutuhkan nantinya minyak jelantah yang telah terkumpul akan dijemput oleh tim LICIN ke lokasi anda setelah anda memilih lokasi pick up sesuai tempat anda saat ini. Tunggu sampai request anda diverifikasi oleh tim LICIN, setelah proses pick up selesai, poin akan langsung masuk ke akun anda maksimal dua hari sejak proses transaksi.

Licin IndonesiaOK.jpg

Minyak jelantah yang telah terkumpul akan diolah kembali menjadi BioDiesel. LICIN bersama rekanan juga telah memiliki sertifikasi resmi dari Komisi Eropa (European Comission) melalui “International Sustainability and Carbon Certification”. Dengan mengusung tagline “Jelantah Jadi Berkah” serta kampanya “Bantu Ibu Raih Berkah, Sedekah, dan Amanah”, LICIN juga berkolaborasi dengan Bank Infaq besutan Sandiaga Uno untuk menyediakan program pengumpulan infaq berbasis jelantah. “Sejak pertama soft launching hingga proses pengelolaan ini, LICIN telah mengumpulkan (2.500 kg) jelantah selama 3 bulan sejak Juni 2021,” ungkap Efang.

Seorang pemerima manfaat LICIN mengatakan jika program ini sangat berguna untuk ibu-ibi rumah tangga karena penukaran poin dengan uang tunai bisa dijadikan tabungan. Hasil mengumpulkan minyak jelantah sebanyak 225.7 kg miliknya bisa ditukarkan dengan uang tunai sebesar Rp225.700,-. Menurutnya adanya program LICIN ini dapat menggerakkan para ibu-ibu rumah tangga untuk menjaga bumi dengan tidak membuang minyak jelantah sembarangan. “Semoga bisnis ini dapat terus berkembang maju dan semakin banyak mengajak orang-orang bergabung ke LICIN, sehingga bumi kita slalu terlindungi dari limbah minyak jelantah”, harap Mirna dikutip dari laman resmi www.licin.love.


Read More

Startup Lokal LICIN

Mengolah Limbah Minyak Goreng

None
None

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.