Tulang Belakang Anda Suka Sakit Perhatikan Tips Ini

Kesehatan

Tulang Belakang Anda Suka Sakit? Perhatikan Tips Ini!

Sakit tulang punggung belakang tentu rasanya tidak enak dan mengganggu aktivitas Anda. Penyebabnya bisa macam-macam, dan yang paling penting adalah Anda bisa mengatasinya agar sakit tulang punggung belakang Anda tidak dirasakan terlalu lama. Penyakit ini bisa dicegah sebelum berisiko yang lebih besar. Melansir laman spine-helath.com (13/09/2019), berikut ulasannya.

Tulang Belakang Anda Suka Sakit Perhatikan Tips Ini

1) Berolahraga

Otot inti yang kuat penting untuk menjaga punggung bagian bawah agar tetap baik dan menghindari cedera. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki yang dapat meningkatkan aliran darah ke tulang belakang. Atau Anda bisa naik turun tangga 3 kali berturut-turut, serta duduk di bola olahraga selama 20 menit.

2) Perbaiki Postur Tubuh

Postur yang buruk memberi tekanan pada punggung Anda dan dapat akan membuat tulang punggung Anda sakit. Bila Anda sudah terlalu lama duduk, buatlah timer di ponsel Anda untuk mengingatkan diri agar dapat bangun dan berjalan-jalan, minimal sekali dalam satu jam jika Anda duduk sepanjang hari.

3) Angkat Benda Berat dengan Benar

Walau Anda masih muda dan kuat, jangan anggap sepele untuk mengangkat benda berat. Karena bisa membuat tulang punggung Anda sakit atau cidera jika Anda salah mengangkat benda berat dan tidak tahu teknik yang tepat.

[Baca Juga: Cegah Komplikasi Tulang Belakang dengan Vesselplasty]

4) Pola Hidup Sehat

Tulang belakang yang sehat juga berpengaruh dengan pola hidup yang sehat. Bila Anda ingin tulang belakang Anda baik-baik saja, minumlah cukup ari, meminimalkan atau tidak minum alkohol berlebihan dan berhenti merokok atau menghindari asupan nikotin. Tidur yang cukup juga sangat dibutuhkan untuk menyehatkan tulang belakang Anda. karena terlalu sedikit tidur dapat menyebabkan sakit punggung dan bahkan memperburuk kondisi punggung belakang Anda.

5) Naik Kendaraan

Berpergian dengan pesawat, mobil, serta kereta api dengan perjalanan yang panjang akan menyebabkan tulang belakang Anda sakit karena terlalu lama duduk. Anda dapat mencegah nyeri tulang belakang Anda dengan menggunakan bantalan khusus yang disebut lumbar roll untuk menjaga posisi duduk Anda agar tetap nyaman.

6) Regangkan Paha Belakang

Paha belakang yang kencang adalah salah satu penyebab nyeri tulang belakang. Latihan peregangan hamstring (otot belakang) sederhana dapat membantu mengurangi tekanan pada panggul Anda dan membuat punggung bagian bawah Anda terasa nyaman. Namun, tidak semua nyeri tulang belakang dapat diatasi dengan peregangan hamstring. Sebaiknya Anda tanyakan terlebih dulu kepada ahli terapi fisik.

[Baca Juga: Terapi Untuk Nyeri Punggung di RS Premier Bintaro]

Itulah enam cara mengatasi rasa sakit tulang punggung belakang.

Read More

Artikel Lainnya

Penjualan Tercepat, 10 Ribu Unit Terjual Dalam Lima Menit

Bisnis

Penjualan Tercepat, 10.000 Unit Ponsel Terjual Dalam Lima Menit

26 February 2020, 17:00

Sebanyak 5.000 unit terjual dalam menit pertama di Lazada, 5.000 unit selanjutnya ludes melalui Akulaku di lima menit pertama. realme C3 ciptakan rekor penjualan tercepat.

RUU PDP Tekankan Tiga Poin Penting

Bisnis

RUU Perlindungan Data Pribadi Tekankan Tiga Poin Penting

26 February 2020, 15:00

Kominfo dan DPR RI telah membahas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi pada Selasa, 25 Februari 2020

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

Berita Kawasan

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

26 February 2020, 14:30

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberlakukan status darurat selama sepekan hingga 2 Maret 2020. Selain mengevakuasi dan mendirikan posko, Pemkab bergerak cepat menyebarluaskan bantuan logistik.

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

Berita Kawasan

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

26 February 2020, 14:30

BMKG mengeluarkan peringatan dini akan potensi beberapa wilayah di kawasan Jabotabek akan diguyur hujan. Warga diminta bersiap dan waspada.


Comments


Please Login to leave a comment.