Tumpeng Mini, Alternatif Hidangan Perayaan yang Lebih Personal

Kuliner

Tumpeng Mini, Alternatif Hidangan Perayaan yang Lebih Personal

Sebagai bagian dari khazanah kuliner Nusantara, nasi tumpeng dikenal identik dengan perayaan. Secara hakikat hidangan ini merepresentasikan ekspresi ungkapan syukur seseorang atas segala rahmat dan anugerah. Dalam praktiknya ungkapan syukur, lazimnya juga disimbolkan dengan prosesi pemotongan puncak tumpeng untuk kemudian potongannya diserahkan kepada orang yang dihormati atau dituakan.

Di tengah pendemi, makan tumpeng yang seperti penyajian hidangan secara prasmanan memiliki risiko tinggi penularan COVID-19. Tumpeng mini hadir untuk menjawab masalah tersebut. Sajian tumpeng mini yang personal membuat setiap orang dapat menikmati santapan lebih aman.

Tumpeng Mini, Alternatif Hidangan Perayaan yang Lebih Personal

“Dengan menghidangkan tumpeng mini, seperti yang kami buat, para tamu juga bisa ikut merasakan dan menikmati bersama-sama bagian puncak tumpeng masing-masing. Jadi biar tumpeng besarnya tadi untuk seremonial saja,” kata Brand Manager Virtus Culinary Indonesia Pandu Priambodo seperti diberitakan kompas.id (18/9/2020). Sudah sejak tahun 2014 Pandu menggagas dan memproduksi sajian khas istimewa ini di bawah brand Tumpeng Mini.

[Baca Juga: Melirik Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Legendaris di Menteng]

Ide awalnya berangkat dari pengalaman sang pemilik sekaligus pendiri perusahaan katering dan produsen makanan dan minuman, Ade Indra. Dalam salah satu acara pesta yang diikuti, tambah Pandu, Ade melihat kotak hidangan berisi nasi kuning lengkap dengan sejumlah lauk. Hidangan itu disuguhkan ke para tamu dalam kemasan dan isi yang menurutnya biasa saja. Padahal, menurut Ade, sajian khas tradisional macam itu sebetulnya masih bisa dinaikkan kelasnya.

Rasa Indonesia

Hingga kini Tumpeng Mini telah menghadirkan setidaknya delapan jenis varian tumpeng, dengan menu-menu khas tradisional asal sejumlah daerah. Tak hanya itu, penamaan masing-masing varian pun dibuat menarik, enak didengar, dan mudah diingat lantaran berima. “Selama ini kan dari yang sering kita diajarkan, nama adalah doa. Jadi ibarat menamai anak, dalam penamaan (menu makanan) kami juga tidak mau sembarangan,” ujar Pandu.

Tumpeng Mini, Alternatif Hidangan Perayaan yang Lebih Personal

Beberapa nama menu seperti Tumpeng Langgi Pringgodani, Tumpeng Bali Kintamani, dan Tumpeng Padang Jam Gadang. Ada pula yang dinamai Tumpeng Gudeg Uleg, Tumpeng Rawon Omah Pawon, Tumpeng Saung Bandung, Tumpeng Bogana, dan Tumpeng Rodo Manado.

[Baca Juga: 10 Ciri Perbedaan Jenis Beras]

Sesuai penamaannya setiap tumpeng mewakili dan berisi hidangan serta sambal khas istimewa masing-masing daerah. Seperti Tumpeng Bali Kintamani, yang diperkaya dengan beberapa jenis lauk khas Pulau Dewata seperti Sate Lilit, Ayam Bumbu Bali, dan Sambal Matah. Sementara untuk Tumpeng Langgi Pringgodani terdiri dari sejumlah lauk khas seperti Empal Suwir dan Serundeng.

Tumpeng Mini, Alternatif Hidangan Perayaan yang Lebih Personal

Hingga kini ada setidaknya delapan pilihan menu tumpeng mini, yang bisa dipesan dengan harga memadai. Tak hanya beragam pilihan menu khas tradisional beberapa daerah, bentuk dan kemasannya pun bisa disesuaikan. Selain itu nasinya pun bisa disajikan dalam bentuk lain semisal hati atau bintang. Dengan begitu, pesanan makanan bisa disesuaikan dengan karakter acara, seperti pesta ulang tahun atau acara makan-makan syukuran lainnya.

Read More

Artikel Lainnya

Sedang Diproduksi, Petualangan Sherina 2 Dijadwalkan Tayang 2021

Hobi dan Hiburan

Sedang Diproduksi, Petualangan Sherina 2 Dijadwalkan Tayang 2021

31 October 2020, 18:01

Setelah berbagai rumor, Miles Films akhirnya mengonfirmasi bahwa film Petualangan Sherina 2 sedang diproduksi dan dijadwalkan tayang pada 2021 mendatang.

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Inovasi Pertunjukan Berstandar Internasional

Bisnis

Asosiasi Promotor Musik Indonesia Siapkan Pertunjukan dengan Acuan 4 Pilar

31 October 2020, 15:07

APMI, asosiasi formal promotor musik satu-satunya di Indonesia baru saja berdiri. Mereka akan siapkan pertunjukan musik dengan mengacu pada empat pilar.

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

Berita Kawasan

Elite Race Borobudur Marathon Periksa Kesehatan Pelari, Kru, dan Tamu Undangan

31 October 2020, 12:32

Tidak sebatas terhadap atlet pelari, pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan kepada semua kru dan tamu undangan ”Elite Race” Borobudur Marathon.

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 1 month, 1 week lalu
    anisa

    QQHarian merupakan Link Alternatif Agen Slot Game Online Indonesia Deposit OVO Indonesia Terpopuler, Terbesar & Terpercaya. Yang di dukung berbagai PROVIDER Ternama Dan menyajikan berbagai bonus terbesar yang menanti anda. info lebih lanjut bisa buka link nya ( biolinky.co/qqharian ) atau cukup ( <a href="https://qqharian.org/" title="Link Alternatif Agen Slot Game Online Indonesia" rel="nofollow">Click Disini</a> ) guys.!!