Hati-hati Coronavirus Kenali dan Cegah Penyakitnya

Berita Kawasan

Turis Dari 3 Negara Ini Bakal Dipersulit Masuk ke Indonesia

Untuk mencegah penyebaran wabah Virus Corona di Tanah Air, Pemerintah Indonesia mulai membatasi para pendatang yang berasal dari tiga negara yakni Iran, Italia, dan Korea Selatan. Pasalnya, ketiga negara itu jadi penyumbang terbesar korban COVID-19 di luar Tiongkok.

Meski begitu, tidak semua turis dari tiga negara tersebut dilarang untuk datang ke Indonesia. Mereka yang dilarang adalah pendatang yang berasal dari wilayah seperti Qom, Teheran, dan Provinsi Gilan di Iran; wilayah Lombardy, Veneto, Emilia-Romagna, Marche, dan Piedmont di Italia; dan wilayah Daegu dan Provinsi Gyeongsang di Korea Selatan.

[Baca Juga: Perlukah Formula E Digelar ditengah Wabah Corona?]

"Larangan masuk dan transit ke Indonesia diterapkan bagi para pendatang atau travellers yang dalam 14 hari terakhir melakukan perjalanan di wilayah-wilayah tersebut," kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dalam keterangan persnya di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat (5/3/2020).

Di luar dari wilayah yang telah disebutkan tadi, para pendatang baik itu Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA) dari tiga negara tersebut diperbolehkan masuk ke Indonesia asalkan telah mengantongi surat keterangan sehat atau health certificate yang dikeluarkan oleh otoritas kesehatan yang berwenang di masing-masing negara.

Imbas Corona, Pemerintah Diskon Tiket Pesawat ke 10 Destinasi Wisata

Surat keterangan sehat pun harus ditunjukkan ke pihak maskapai penerbangan pada saat melakukan check-in. Sebab jika tidak, pihak bandara otomatis akan menolak para pendatang tersebut untuk masuk maupun transit di Indonesia.Para pendatang juga harus melakukan pemeriksaan kesehatan tambahan saat tiba di Bandara Indonesia.

"Mereka mesti mengisi health alert card atau kartu kewaspadaan kesehatan yang disiapkan Kementerian Kesehatan. Dalam kartu tersebut, memuat pertanyaan mengenai riwayat perjalanan dari orang yang bersangkutan," ujar Retno.

Kebijakan tersebut masih bersifat sementara dan akan dievaluasi sesuai dengan perkembangan kasus Virus Corona. Rencananya, Pemerintah akan mulai memberlakukan kebijakan tersebut mulai Minggu 8 Maret 2020.

[Baca Juga: Ini Instruksi Dishub untuk Cegah Penyebaran Corona di Angkutan Umum]

Untuk diketahui, ketiga negara tersebut merupakan zona merah penyebaran Virus Corona di dunia. Italia menjadi negara di Eropa dengan jumlah kasus COVID-19 terbesar dengan 3.089 kasus serta 107 meninggal dunia.

Sementara Iran menjadi negara dengan korban COVID-19 terbesar di Timur Tengah. Sampai saat ini kasus di Iran mencapai 2.922 dan menelan korban hingga 92 orang. Sedangkan Korsel menjadi negara dengan kasus Corona terbanyak setelah China dengan 5.766 orang terinfeksi dan 35 meninggal dunia.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.