Hati-hati Coronavirus Kenali dan Cegah Penyakitnya

Berita Kawasan

Turis Dari 3 Negara Ini Bakal Dipersulit Masuk ke Indonesia

Untuk mencegah penyebaran wabah Virus Corona di Tanah Air, Pemerintah Indonesia mulai membatasi para pendatang yang berasal dari tiga negara yakni Iran, Italia, dan Korea Selatan. Pasalnya, ketiga negara itu jadi penyumbang terbesar korban COVID-19 di luar Tiongkok.

Meski begitu, tidak semua turis dari tiga negara tersebut dilarang untuk datang ke Indonesia. Mereka yang dilarang adalah pendatang yang berasal dari wilayah seperti Qom, Teheran, dan Provinsi Gilan di Iran; wilayah Lombardy, Veneto, Emilia-Romagna, Marche, dan Piedmont di Italia; dan wilayah Daegu dan Provinsi Gyeongsang di Korea Selatan.

[Baca Juga: Perlukah Formula E Digelar ditengah Wabah Corona?]

"Larangan masuk dan transit ke Indonesia diterapkan bagi para pendatang atau travellers yang dalam 14 hari terakhir melakukan perjalanan di wilayah-wilayah tersebut," kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dalam keterangan persnya di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat (5/3/2020).

Di luar dari wilayah yang telah disebutkan tadi, para pendatang baik itu Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA) dari tiga negara tersebut diperbolehkan masuk ke Indonesia asalkan telah mengantongi surat keterangan sehat atau health certificate yang dikeluarkan oleh otoritas kesehatan yang berwenang di masing-masing negara.

Imbas Corona, Pemerintah Diskon Tiket Pesawat ke 10 Destinasi Wisata

Surat keterangan sehat pun harus ditunjukkan ke pihak maskapai penerbangan pada saat melakukan check-in. Sebab jika tidak, pihak bandara otomatis akan menolak para pendatang tersebut untuk masuk maupun transit di Indonesia.Para pendatang juga harus melakukan pemeriksaan kesehatan tambahan saat tiba di Bandara Indonesia.

"Mereka mesti mengisi health alert card atau kartu kewaspadaan kesehatan yang disiapkan Kementerian Kesehatan. Dalam kartu tersebut, memuat pertanyaan mengenai riwayat perjalanan dari orang yang bersangkutan," ujar Retno.

Kebijakan tersebut masih bersifat sementara dan akan dievaluasi sesuai dengan perkembangan kasus Virus Corona. Rencananya, Pemerintah akan mulai memberlakukan kebijakan tersebut mulai Minggu 8 Maret 2020.

[Baca Juga: Ini Instruksi Dishub untuk Cegah Penyebaran Corona di Angkutan Umum]

Untuk diketahui, ketiga negara tersebut merupakan zona merah penyebaran Virus Corona di dunia. Italia menjadi negara di Eropa dengan jumlah kasus COVID-19 terbesar dengan 3.089 kasus serta 107 meninggal dunia.

Sementara Iran menjadi negara dengan korban COVID-19 terbesar di Timur Tengah. Sampai saat ini kasus di Iran mencapai 2.922 dan menelan korban hingga 92 orang. Sedangkan Korsel menjadi negara dengan kasus Corona terbanyak setelah China dengan 5.766 orang terinfeksi dan 35 meninggal dunia.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.