Turunkan Angka Hipertensi, Puskesmas Cipayung Adalan Pelatihan

Kesehatan

Turunkan Angka Hipertensi, Puskesmas Cipayung Adakan Pelatihan

Kegiatan tersebut yang diadakan di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur pada 8 Agustus 2019, mengangkat tema Gerakan Hidup Sehat yaitu Aktivitas Fisik, Makan Sayur dan Buah, Tidak Merokok Serta Mengecek Rutin Kesehatan Tubuh. Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda) dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur yang didukung berbagai pihak termasuk Kantor Kecamatan Cipayung.

Kegiatan serupa yang diadakan di Kecamatan Cipayung juga dilakukan di dua lokasi lainnya, yaitu Puskesmas Cipayung dan RPTRA Cipayung.

Turunkan Angka Hipertensi, Puskesmas Cipayung Adalan Pelatihan

Selanjutnya dari Puskesmas Kecamatan Cipayung yang bekerjasama dengan Penggalangan Kemitraaan Perusahaan dan Rumah Sakit Swasta, lalu RPTRA Cipayung dengan Pemberdayaan Masyarakat dengan tokoh dan lembaga masyarakat.

[Baca Juga: Puskesmas Cipondoh Gelar Imunisasi untuk Pelajar SD]

Melansir laman timur.jakarta.go.id (09/08/2019). Penanggung jawab Program Kesehatan Puslatkesda DKI Jakarta Ai Siti Sutilah mengatakan Pelatihan Promosi Kesehatan dilakukan terkait dengan tiga promosi kesehatan, yaitu advokasi, pemberdayaan masyarakat, dan kemitraan. Ketiganya dilakukan untuk menjalankan Gerakan Masyarakat. Ia berharap kasus hipertensi yang berada di wilayah Kecamatan Cipayung menurun. Sementara itu Dewan Pakar Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia Ismoyowati mengatakan, pelatihan yang diadakan kali ini telah memasuki angkatan ketiga.

Kegiatan ini diadakan untuk memberikan pengalaman kepada para pekerja praktik kerja lapangan (PKL) di Puslatkesda DKI Jakarta dapat menerapkan dalam bekerja dan ilmunya bisa dipraktikkan. "Masalah di wilayah Kecamatan Cipayung tentang hipertensi, para PKL diharapkan untuk memberikan pemahaman dan mengajak masyarakat untuk melakukan hidup sehat. Serta para peserta yang hadir dari perwakilan pendidikan, perusahaan swasta, dan rumah sakit swasta bersedia dan berimitra untuk mendukung menurunkan hipertensi di wilayah Cipayung,” ujar Ismoyowati.

[Baca Juga: Dinkes Tangsel Tingkatkan Kompetensi Promosi Kesehatan & Puskesmas]

Sekretaris Kelurahan Cipayung Watini mendukung Gerakan Masyarakat yang dilakukan dalam pelatihan tersebut. Seperti gerakan tidak merokok, melakukan aktivitas fisik 30 menit dan wajib makan sayur dan buah, yang disebutnya sebagai 3 Jurus Plus. “Mudah-mudahan dari jurus itu warga Kelurahan Cipayung bisa terhindar dari penyakit hipertensi,” harap Watini.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.