Turunkan Angka Hipertensi, Puskesmas Cipayung Adalan Pelatihan

Kesehatan

Turunkan Angka Hipertensi, Puskesmas Cipayung Adakan Pelatihan

Kegiatan tersebut yang diadakan di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur pada 8 Agustus 2019, mengangkat tema Gerakan Hidup Sehat yaitu Aktivitas Fisik, Makan Sayur dan Buah, Tidak Merokok Serta Mengecek Rutin Kesehatan Tubuh. Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda) dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur yang didukung berbagai pihak termasuk Kantor Kecamatan Cipayung.

Kegiatan serupa yang diadakan di Kecamatan Cipayung juga dilakukan di dua lokasi lainnya, yaitu Puskesmas Cipayung dan RPTRA Cipayung.

Turunkan Angka Hipertensi, Puskesmas Cipayung Adalan Pelatihan

Selanjutnya dari Puskesmas Kecamatan Cipayung yang bekerjasama dengan Penggalangan Kemitraaan Perusahaan dan Rumah Sakit Swasta, lalu RPTRA Cipayung dengan Pemberdayaan Masyarakat dengan tokoh dan lembaga masyarakat.

[Baca Juga: Puskesmas Cipondoh Gelar Imunisasi untuk Pelajar SD]

Melansir laman timur.jakarta.go.id (09/08/2019). Penanggung jawab Program Kesehatan Puslatkesda DKI Jakarta Ai Siti Sutilah mengatakan Pelatihan Promosi Kesehatan dilakukan terkait dengan tiga promosi kesehatan, yaitu advokasi, pemberdayaan masyarakat, dan kemitraan. Ketiganya dilakukan untuk menjalankan Gerakan Masyarakat. Ia berharap kasus hipertensi yang berada di wilayah Kecamatan Cipayung menurun. Sementara itu Dewan Pakar Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia Ismoyowati mengatakan, pelatihan yang diadakan kali ini telah memasuki angkatan ketiga.

Kegiatan ini diadakan untuk memberikan pengalaman kepada para pekerja praktik kerja lapangan (PKL) di Puslatkesda DKI Jakarta dapat menerapkan dalam bekerja dan ilmunya bisa dipraktikkan. "Masalah di wilayah Kecamatan Cipayung tentang hipertensi, para PKL diharapkan untuk memberikan pemahaman dan mengajak masyarakat untuk melakukan hidup sehat. Serta para peserta yang hadir dari perwakilan pendidikan, perusahaan swasta, dan rumah sakit swasta bersedia dan berimitra untuk mendukung menurunkan hipertensi di wilayah Cipayung,” ujar Ismoyowati.

[Baca Juga: Dinkes Tangsel Tingkatkan Kompetensi Promosi Kesehatan & Puskesmas]

Sekretaris Kelurahan Cipayung Watini mendukung Gerakan Masyarakat yang dilakukan dalam pelatihan tersebut. Seperti gerakan tidak merokok, melakukan aktivitas fisik 30 menit dan wajib makan sayur dan buah, yang disebutnya sebagai 3 Jurus Plus. “Mudah-mudahan dari jurus itu warga Kelurahan Cipayung bisa terhindar dari penyakit hipertensi,” harap Watini.

Read More

Artikel Lainnya

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari

Kesehatan

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari!

10 December 2019, 18:00

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori saat malam hari akan membuat berat badan naik. Ingin kurus? hindari jenis makanan ini jelang tidur!

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

Bisnis

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

10 December 2019, 17:00

Melihat antusiasme serta perkembangan bisnis peserta Avrist Warrior Woman, perusahaan Avrist menilai program CSR ini sukses.

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

Berita Kawasan

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

10 December 2019, 16:00

Dalam rangka menata trotoar di Jalan Raya Senen, Pemkot Jakarta Pusat relokasi para pedagang pakaian bekas.

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

Berita Kawasan

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

10 December 2019, 15:00

Warga Kelurahan Kebagusan baru-baru ini dikejutkan dengan kemunculan ular yang panjangnya lebih dari satu meter. Petugas pun sigap menangkapnya.


Comments


Please Login to leave a comment.