Usai Ditutup Sejak Maret, Perpustakaan di Jakarta Barat Akhirnya Kembali Dibuka.jpg

Pendidikan

Tutup Sejak Maret, Perpustakaan di Jakarta Barat Kembali Dibuka

Pada masa awal pandemi COVID-19 terus membayangi DKI Jakarta, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudis Pusip) Jakarta Barat pun memutuskan untuk menutup sementara perpustakaan di wilayahnya. Hal ini dalam upaya mengurangi potensi penyebaran penyakit yang disebabkan Virus Corona tersebut. Setelah beberapa bulan ditutup, akhirnya kabar baik pun hadir bagi Anda yang sudah rindu dengan suasana perpustakaan serta koleksinya. Karena Sudin Pusip Jakarta Barat kembali membuka layanannya.

Pembukaan ini dilakukan bertepatan dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi yang diterapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Mengingat pihak Pemprov telah sedikit melonggarkan kebijakan untuk mengatasi COVID-19 tersebut, Dengan Sudin Pusip Jakarta Barat yang hanya mengizinkan layanan untuk membaca buku di tempat.

Usai Ditutup Sejak Maret, Perpustakaan di Jakarta Barat Akhirnya Kembali Dibuka .jpg

Menurut Kepala Sudin Pusip Jakarta Barat Ahmad Yani, pembukaan ini juga merupakan langkah penindaklanjutan surat keputusan No. 462 Tahun 2020 dari Kepala Dinas Pusip DKI Jakarta mengenai penyelenggaraan layanan perpustakaan umum pada masa PSBB Transisi.

Sudin Pusip Jakarta Barat sendiri telah menetapkan jam buka layanan perpustakaan di wilayahnya, yakni pukul 10.00-15.00 WIB. Selain itu, ada juga kebijakan mewajibkan penerapan protokol kesehatan bagi semua pihak yang berada di area perpustakaan. Hal ini dipandang diperlukan untuk tetap berusaha mengantisipasi potensi penyebaran COVID-19.

[Baca Juga: Kunjungan Perpustakaan Umum DKI Sudah Hampir Mencapai Target]

“Kami tetap menerapkan protokol kesehatan buat pengunjung perpustakaan, seperti wajib memakai masker selama dalam ruang perpustakaan, membersihkan tangan sebelum menyentuh buku, pemeriksaan suhu badan, dan hindari kerumunan,” jelas Ahmad Yani, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (8/6/2020).

Protokol pengaturan pembacaan serta perawatan buku untuk terhindar dari paparan virus Corona juga diterapkan. Dengan maksimal orang yang berada di ruang baca perpustakaan hanya 25 orang untuk sementara waktu, minimal hingga PSBB Transisi berakhir. Jika masih ada pengunjung lain dan kuota sudah terpenuhi maka pengunjung akan diarahkan untuk membaca di aula. Selain itu ada juga karantina buku. Di mana setiap buku yang sudah dibaca pengunjung akan dikarantina selama lima hari sebelum disusun kembali ke rak. Kebijakan ini juga dilakukan untuk buku-buku yang baru dikembalikan.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.