Uang Tabungan Sering Habis Coba Lakukan Cara Ini

Berita Kawasan

Uang Tabungan Sering Habis? Coba Lakukan Cara Ini!

Terkadang hal tersulit dalam menabung adalah memulainya, baik karena faktor keuangan yang belum stabil atau pun karena jumlah pengeluaran yang terlalu besar. Setelah menilik dari beberapa laman sumber seperti which.co.uk (11/9/2019), PingPoint.co.id merangkum beberapa tips praktis cara menabung yang baik dan benar. Panduan langkah demi langkah untuk menghemat uang ini dapat membantu Anda mengembangkan strategi yang sederhana dan realistis, sehingga Anda dapat menabung untuk semua tujuan tabungan jangka pendek dan jangka panjang Anda.

Uang Tabungan Sering Habis Coba Lakukan Cara Ini

1) Membuat Catatan Keuangan

Langkah pertama untuk mulai menabung adalah mencari tahu berapa banyak uang yang Anda belanjakan. Pantau semua pengeluaran Anda, mulai dari belanja kopi, barang rumah tangga, gadget dan sebagainya. Setelah Anda memiliki data, atur angka atau jumlah uang berdasarkan kategori, seperti gas, bahan makanan dan totalkan setiap jumlahnya. Jika Anda menggunakan kartu kredit dan debit, gunakan laporan bank atau mutasi rekening untuk memantau alur pengeluaran dan pemasukan. Jika Anda cukup kesulitan dalam mencatat keuangan secara manual, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi money management yang bisa diunduh gratis di app store smartphone.

2) Membuat Anggaran Tabungan

Setelah Anda memiliki catatan keuangan tentang apa yang Anda belanjakan dalam sebulan, Anda dapat mulai mengatur pengeluaran dan rencana anggaran. Di dalam Anggaran Anda harus menjelaskan dengan lengkap tentang pengeluaran, apakah sesuai dengan penghasilan yang Anda dapatkan? Hal ini perlu dilakukan dengan rutin sehingga Anda dapat merencanakan anggaran tabungan bulanan dengan lebih mudah dan membatasi pengeluaran berlebihan. Pastikan juga untuk mencatat dan memperhitungkan setiap pengeluaran rutin seperti perawatan kendaraan atau modal bisnis.

[Baca Juga: Suka Traveling? Ini Caranya Menabung untuk Jalan-jalan]

Jika pengeluaran bulanan sangat tinggi sehingga menyulitkan Anda untuk menabung, mungkin sudah waktunya untuk Anda memangkas jumlah pengeluaran secara signifikan. Caranya cukup sederhana, identifikasi hal-hal yang tidak penting yang bisa dipangkas, seperti hiburan, makan malam di restoran hingga ngopi di kafe. Cari cara untuk menghemat pengeluaran bulanan tetap Anda seperti televisi dan ponsel Anda juga.

Berikut adalah beberapa ide untuk memangkas pengeluaran sehari-hari:

  • Batalkan setiap langganan atau keanggotaan yang tidak Anda gunakan, terutama jika kartu keanggotaan tersebut diperpanjang secara otomatis
  • Jika Anda sering makan ditempat-tempat mahal seperti restoran, buat komitmen untuk makan di restoran sebulan sekali dan cobalah untuk mencari tempat makan yang lebih murah

Jika Anda merasa cukup kesulitan menahan pengeluaran untuk hal-hal yang sebenarnya tidak begitu diperlukan, cobalah untuk melakukan pendinginan beberapa hari. Biasanya, jika sudah lewat beberapa hari, keinginan Anda untuk membeli hal tersebut akan hilang.

3) Membuat Tujuan Menabung

Menabung sepertinya tidak akan berhasil maksimal jika Anda tidak memiliki saving goal.

Salah satu cara terbaik untuk menabung dan menghemat uang adalah dengan menetapkan tujuan menabung Anda. Mulailah dengan memikirkan apa yang ingin Anda tabung, misalnya seperti biaya menikah, traveling, modal bisnis atau semacamnya. Setelah itu cari tau berapa jumlah yang harus Anda tabung dan waktu yang diperlukan untuk mengumpulkannya. Hal ini tentunya akan membuat Anda menjadi lebih semangat dan teratur dalam menabung.

[Baca Juga: 5 Tips Mudah Menghemat Air Sehari-hari di Musim Kemarau]

Menabung menjadi hal yang diperlukan untuk Anda meraih tujuan masa depan. Meski terkadang sulit untuk direalisaskian, tips diatas bisa menjadi pedoman bagi Anda untuk mulai belajar menghemat uang. Apakah Pointers sudah menabung hari ini?


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.