Ubah Citra OscarsSoWhite AMPAS Undang Juri dari Indonesia

Hobi dan Hiburan

Ubah Citra #OscarsSoWhite AMPAS Undang Juri dari Indonesia

Pembuat film dokumenter Amelia Hapsari masuk dalam jajaran 819 orang aktor dan pembuat film yang mendapat undangan untuk bergabung dengan Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS), organisasi profesi sineas di industri perfilman Hollywood. Jajaran aktor dan pembuat film tersebut diundang untuk memilih film pemenang Piala Oscar tahun ini.

Perempuan asal Semarang, Jawa Tengah terpilih dalam kategori dokumenter. Dalam dunia film dokumenter, kiprah Amelia memang memberikan sumbangan yang berarti terhadap karya-karya dari negera-negara Asia Tenggara. Dia menjabat sebagai Direktur Program In-Docs, organisasi nirlaba yang bertujuan memperkenalkan film-film dokumenter dari Asia Tenggara ke dunia internasional.

Ubah Citra OscarsSoWhite AMPAS Undang Juri dari Indonesia

Kepada BBC News Indonesia, Amelia mengatakan dirinya "senang" telah mendukung rekan-rekan dari industri dokumenter dunia yang selama beberapa tahun belakangan secara sadar berusaha menambah keberagaman di ajang penghargaan Oscar, salah satunya dengan mencari suara-suara dari negara dunia ketiga sebagai juri.

Amelia mengatakan itulah yang akan menjadi kontribusinya di Akademi. "Dengan saya sudah masuk, berarti tugas saya untuk mem-vote film-film yang terus menyuarakan keberagaman, dan juga terus membantu lagi bertambahnya nominasi dan juri dari Asia Tenggara," ujarnya seperti dilansir dari BBC News Indonesia (2/7/2020).

[Baca Juga: Akibat Pandemi COVID-19, Aturan Piala Oscar 2021 Diubah]

Usaha Amelia dan rekan-rekannya untuk mengangkat film-film Asia Tenggara dihargai oleh para pembuat film maupun industri. Beberapa orang dari jaringan itu merupakan anggota Akademi.

Amelia juga pernah terlibat langsung sebagai produser dan sutradara dalam beberapa proyek film pendek, seperti Jadi Jagoan ala Ahok (2012) dan Akar (2013). Selain itu, Rising from Silence dokumenter yang dia produksi tentang para penyintas tragedi 1965, meraih Piala Citra sebagai film dokumenter pendek terbaik pada Festival Film Indonesia 2018 dan disiarkan secara internasional lewat saluran televisi NHK Jepang.

Ubah Citra OscarsSoWhite AMPAS Undang Juri dari Indonesia

Ke depannya, dia berharap industri film dunia bisa menjadi semakin inklusif. "Mereka semakin inklusif dalam kerja sama dengan bakat-bakat film dunia dan menerima cerita-cerita enggak hanya dari AS," ujarnya.

Keputusan AMPAS yang mengundang lebih banyak juri dari kulit berwarna menyusul gerakan #OscarsSoWhite pada 2016 yang memprotes dominasi orang kulit putih di Akademi. Organisasi profesi itu berjanji untuk menambah jumlah anggota perempuan serta kulit hitam, etnis Asia, dan minoritas etnis lainnya. Dari 819 orang yang diundang, 45 persennya adalah perempuan dan 36 persennya non-kulit putih.

Keberagaman di ajang Piala Oscar telah membaik dalam beberapa tahun terakhir, dengan film seperti Parasite dan Moonlight menyabet piala film terbaik masing-masing pada 2019 dan 2017. Beberapa aktor dalam film Parasite, termasuk Jang Hye-Jin, Jo Yeo-Jeong, Park So-Dam, dan Lee Jung-Eun, juga mendapat undangan dari Akademi.

Read More

Artikel Lainnya

Gelar Kopdar RW, Camat Kalideres Bahas Kemunculan Klaster COVID-19 Baru.jpg

Berita Kawasan

Gelar Kopdar RW, Camat Kalideres Bahas Kemunculan Klaster COVID-19 Baru

10 August 2020, 16:00

Pada Kopdar RW di wilayahnya, Camat RW membahas pentingnya penerapan 3M apalagi saat ini sudah muncul klaster baru.

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaran Ujian SMUP Unpad .jpg

Pendidikan

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaraan Ujian SMUP Unpad

10 August 2020, 15:07

Dirjen dari Kemendikbud RI menyempatkan diri untuk melihat langsung proses ujian SMUP Unpad yang digelar secara daring.

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021

10 August 2020, 14:00

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Risma menggelar sidak demi memasikan rampungnya stadion yang nanti jadi venue Piala Dunia U-20 2021 sesuai jadwal.

Sejarah dan Makna 5 Lomba Agustusan Sebagai Bentuk Perayaan Kemerdekaan

Berita Kawasan

Sejarah dan Makna 4 Lomba Agustusan, Bentuk Perayaan Kemerdekaan

10 August 2020, 13:03

Setelah intensitas perang kemerdekaan menurun dan Ibu Kota kembali dipindah ke Jakarta, perayaan kemerdekaan pun berlangsung meriah dengan mengadakan banyak lomba Agustusan.


Comments


Please Login to leave a comment.