UGM Ciptakan Aplikasi Siaga Mudik untuk Pantau Pemudik

Berita Kawasan

UGM Ciptakan Aplikasi Siaga Mudik untuk Pantau Pemudik

Walau pemerintah pusat telah meneribitkan larangan mudik Lebaran 2020, sudah banyak orang yang melakukan kegiatan mudik atau pulang kampung. Sejak awal Maret lalu saat kebijakan work from home diberlakukan, sudah banyak orang yang pergi ke kampung halaman. Maka dari itu, Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai salah satu kampus unggulan di Yogyakarta ini membuat aplikasi yang disebut dengan Siaga Mudik.

Aplikasi ini dikembangkan dengan kerja sama antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA), serta para dosen, alumni, dan mahasiswa Sekolah Vokasi UGM (SV UGM). Aplikasi ini diharapkan mampu digunakan untuk menelusuri riwayat perjalanan pemudik Jawa Tengah.

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

Aplikasi ini dinilai sangat bermanfaat karena menurut data Dinas Perhubungan Jawa Tengah, gelombang pemudik hingga April ini mencapai 320.435 orang. Angka tersebut merupakan angka pemudik yang menggunakan kendaraan umum, belum yang menggunakan kendaraan pribadi.

Manajer Teknis Siaga Mudik Imam Fahrurrozi menyebutkan, Pemprov Jawa Tengah mewajibkan semua warganya yang mudik mengisi dan mengunggah aplikasi Siaga Mudik dan melakukan karantina mandiri 14 hari.

Aplikasi Siaga Mudik ini disebutkan mampu mendata jumlah pemudik berdasarkan lokasi tujuan mudik, alamat tinggal, lokasi singgah pemudik, kondisi kesehatan pemudik berdasarkan gejala sakit, da nada atau tidaknya penyakit bawaan yang diderita pemudik.

[Baca Juga: Dosen UGM Ciptakan Bilik Swab untuk Pengetesan Covid-19 Tanpa APD]

“Nantinya ada atau tidaknya intervensi medis dari Dinas Kesehatan terdekat dari pemudik juga berdasarkan dari output informasi dari aplikasi siaga mudik,” imbuh Imam.

Melansir dari ugm.ac.id (21/4/2020), aplikasi yang dikerjakan dalam waktu kurang dari satu minggu ini didorong penggunaannya oleh Pemprov. Untuk memperketat data dan mendapatkan data yang valid, Pemprov Jawa Tengah bekerja sama dengan Komunitas WE Indonesia di Jakarta dalam mempersiapkan Sistem Manajemen Informasi Pendataan Pemudik melalui aplikasi siagamudik.jatengprov.go.id ini.

Sistem aplikasi Siaga Mudik dibuat sesederhana mungkin dan dikembangkan untuk membantu penelusuran riwayat perjalanan setiap orang. Aplikasi ini bertujuan agar pemerintah mampu menggambarkan kesiapsiagaan Jawa Tengah dan mengambil langkah yang bijak dalam menanggapi persebaran COVID-19. Masyarakat diharapkan dapat mengisi data di aplikasi tersebut dengan sebenar-benarnya, agar tak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat proses penanganannya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 5 months lalu
    anisa

    Di masa pandemi corona saat ini pasti merasakan jenuh/bosan karna #dirumahaja dan ga bisa kemana-mana ? inilah solusi yang tepat untuk anda dan bisa lsg buka di google,lalu search/cari QQHARIAN guys. Karna disitu bisa usir rasa jenuh anda dgn bermain game online. lagian juga ada promo serta banyak hadiah yang Wow,tergila,tergokil,ternyala dan pastinya bukan kaleng2 guys.