UGM Kembali Jadi Kampus Nomor Satu di Indonesia

Pendidikan

UGM Kembali Jadi Kampus Nomor Satu di Indonesia

Selama beberapa tahun terakhir, Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati peringkat pertama di Indonesia sebagai kampus terbaik. Tahun 2020 ini, UGM kembali menyabet urutan pertama berdasarkan penilaian dari lembaga pemeringkat 4 International Colleges & Universities (4ICU). Dari 573 universitas yang ada di Indonesia, UGM berada di posisi paling atas, kemudian ada Universitas Indonesia di peringkat kedua dan Universitas Pendidikan Indonesia di peringkat ketiga. Di tingkat Asia sendiri, UGM berada di posisi ke-18.

Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSDI) UGM Widyawan mengatakan, pemeringkatan tersebut merupakan apresiasi dari lembaga pemeringkat internasional atas hasil kerja keras sivitas akademika UGM dalam memanfaatkan teknologi informasi di bidang pendidikan, pengajaran dan riset.

[Baca Juga: Dosen UGM Ciptakan Bilik Swab untuk Pengetesan Covid-19 Tanpa APD]

“Di tengah situasi wabah pandemi dan ada work from home (WFH) dan study from home (SFH), maka peran teknologi informasi menjadi semakin penting. Pemeringkatan ini bisa menjadi penambah semangat sekaligus cermin untuk perbaikan,” kata Widayawan.

Dilansir dari ugm.ac.id (3/6/2020), Widyawan melanjutkan, 4ICU merupakan lembaga pemeringkatan universitas global yang megukur keberadaan digital dan popularitas berdasarkan jumlah traffic web, kepercayaan konten, dan popularitas.

UGM Kembali Jadi Kampus Nomor Satu di Indonesia

4ICU lebih menyoroti di bidang keberadaan digital dan tautan sebuah universitas itu sendiri. Lembaga 4ICU memeringkat berdasarkan kepopuleran situs, hal ini menandakan situs UGM banyak disitasi dan banyak digunakan untuk kepentingan akademik dan publikasi.

“Situs di UGM, berikut subdomainnya, banyak diakses. Keperluannya bisa berupa akademik dan non-akademik,” sebut Widyawan. UGM sendiri kini mengelola lebih dari 45.000 website yang terdiri dari website resmi institusi, website kegiatan seperti seminar, jurnal, dan blog yang dimiliki dosen, mahasiswa dan karyawan.

[Baca Juga: Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa]

“Dengan banyaknya situs UGM yang terindeks dengan baik di Google, akan meningkatkan keberadaan secara digital,” sebut Widyawan.

UGM juga akan terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran terutama di tengah masa pandemi yang harus dilakukan secara online, mengingat kondisi infrastruktur di Indonesia yang beragam agar metode belajar dan bekerja dari rumah semakin sesuai dan efektif.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.