UGM Kembali Jadi Kampus Nomor Satu di Indonesia

Pendidikan

UGM Kembali Jadi Kampus Nomor Satu di Indonesia

Selama beberapa tahun terakhir, Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati peringkat pertama di Indonesia sebagai kampus terbaik. Tahun 2020 ini, UGM kembali menyabet urutan pertama berdasarkan penilaian dari lembaga pemeringkat 4 International Colleges & Universities (4ICU). Dari 573 universitas yang ada di Indonesia, UGM berada di posisi paling atas, kemudian ada Universitas Indonesia di peringkat kedua dan Universitas Pendidikan Indonesia di peringkat ketiga. Di tingkat Asia sendiri, UGM berada di posisi ke-18.

Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSDI) UGM Widyawan mengatakan, pemeringkatan tersebut merupakan apresiasi dari lembaga pemeringkat internasional atas hasil kerja keras sivitas akademika UGM dalam memanfaatkan teknologi informasi di bidang pendidikan, pengajaran dan riset.

[Baca Juga: Dosen UGM Ciptakan Bilik Swab untuk Pengetesan Covid-19 Tanpa APD]

“Di tengah situasi wabah pandemi dan ada work from home (WFH) dan study from home (SFH), maka peran teknologi informasi menjadi semakin penting. Pemeringkatan ini bisa menjadi penambah semangat sekaligus cermin untuk perbaikan,” kata Widayawan.

Dilansir dari ugm.ac.id (3/6/2020), Widyawan melanjutkan, 4ICU merupakan lembaga pemeringkatan universitas global yang megukur keberadaan digital dan popularitas berdasarkan jumlah traffic web, kepercayaan konten, dan popularitas.

UGM Kembali Jadi Kampus Nomor Satu di Indonesia

4ICU lebih menyoroti di bidang keberadaan digital dan tautan sebuah universitas itu sendiri. Lembaga 4ICU memeringkat berdasarkan kepopuleran situs, hal ini menandakan situs UGM banyak disitasi dan banyak digunakan untuk kepentingan akademik dan publikasi.

“Situs di UGM, berikut subdomainnya, banyak diakses. Keperluannya bisa berupa akademik dan non-akademik,” sebut Widyawan. UGM sendiri kini mengelola lebih dari 45.000 website yang terdiri dari website resmi institusi, website kegiatan seperti seminar, jurnal, dan blog yang dimiliki dosen, mahasiswa dan karyawan.

[Baca Juga: Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa]

“Dengan banyaknya situs UGM yang terindeks dengan baik di Google, akan meningkatkan keberadaan secara digital,” sebut Widyawan.

UGM juga akan terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran terutama di tengah masa pandemi yang harus dilakukan secara online, mengingat kondisi infrastruktur di Indonesia yang beragam agar metode belajar dan bekerja dari rumah semakin sesuai dan efektif.

Read More

Artikel Lainnya

Pandemi-Kapulaga-Sumut-Tetap-Melesat-6.jpg

Berita Kawasan

Ekspor Kapulaga Sumatera Utara Tetap Melesat di Masa Pandemi

14 July 2020, 20:00

Jumlah ekspor kapulaga tetap meningkat meskipun sedang masa pembatasan akibat pandemi COVID-19. Hal ini tak terlepas dari kualitas yang dihasilkan.

Akulah Samudera.jpg

Hobi dan Hiburan

Film Akulah Samudera Ungkapkan Pentingnya Peran Laut

14 July 2020, 19:00

Film dokumenter ini bakal tayang di acara Indonesia Canada Congress pada saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 2020 di Kanada.

toba-unesco-2.jpg

Berita Kawasan

Danau Toba Resmi Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark

14 July 2020, 18:00

Danau Toba yang menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas telah tersertifikasi tingkat dunia oleh UNESCO.

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru.jpg

Pendidikan

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru

14 July 2020, 17:00

Melalui sosialisasi mengenai Perwal adaptasi kebiasaan baru, Pemkot Medan berharap Stikes Senior dapat menjadi influencer new normal.


Comments


Please Login to leave a comment.