Rumah Sakit UI 1.jpg

Kesehatan

UI Bangun Rumah Sakit PTN Pertama di Indonesia

Universitas Indonesia (UI) meresmikan Rumah Sakit Pendidikan Tinggi Negeri (RS-PTN) dengan nama Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI). RSUI ini terletak di area kampus UI, Depok, Jawa Barat.

Rumah Sakit Universitas Indonesia ini merupakan rumah sakit pertama di Indonesia yang dimiliki UI dengan konsep Rumah Sakit Hijau (green hospital concenpt). Sehingga, pada rancangan bangunannya ramah lingkungan dan berorientasi sepenuhnya terhadap keselamatan pasien.

[Baca Juga: Menilik Komunitas FISIP UI Peduli Hewan]

Bangunan seluas 82.074 meter persegi yang berdiri di atas lahan seluas 106.100 meter persegi ini tepatnya berlokasi di kompleks area Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) yang memiliki jembatan sebagai penghubung langsung antara RSUI dengan gedung RIK.

Seperti dikutip ui.ac.id (28/1/2019), dalam urusan pelayanan kesehatan, RSUI memiliki 10 jenis klinik yang terdiri dari klinik anak, bedah, gigi, gizi, jantung, obgin, penyakit dalam, saraf, dan umum dan radiologi.

Selain itu, RSUI dilengkapi dengan kapasitas 300 tempat tidur. Seluruh pelayanan tersebut didukung oleh fasilitas dan sarana prasarana terbaik. Beberapa pelayanan unggulan yang ditawarkan RSUI yaitu pelayanan Neurokardivaskuler, Intensive Cardiology Care Unit (ICCU), dan Cath-lab.

Jembatan Penghubung RIK dan RSUI

Neurokardivaskuler merupakan program unggulan RSUI yang ditawarkan klinik saraf yang melibatkan kerjasama dua departemen, yaitu neurologi dan kardiologi.

ICCU merupakan salah satu sarana pelayanan klinik jantung yang ditujukan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien penderita jantung yang membutuhkan perawatan dengan observasi ketat. Cath-lab merupakan salah satu fasilitas pemeriksaan radiologi secara angiografi untuk proses diagnostiknya.

Selain itu, RSUI dilengkapi fitur keselamatan pasien dan kenyamanan bagi semua orang yang beraktivitas di dalam gedung, antara lain:

  1. Bangunan utama RSUI memiliki bantalan anti gempa untuk menahan guncangan gempa hingga 9.0 skala ritcher dengan aman.
  2. Setiap lantai memiliki kompartemen tahan api dan bebas asap sebagai area aman saat terjadi musibah kebakaran dan untuk mempermudah evakuasi.
  3. Ruang rawat inap dirancang dan ditata agar dapat memperoleh sinar ultra violet matahari sebanyak-banyaknya sebagai program pengendalian infeksi rumah sakit.
  4. Bangunan untuk mesin generator listrik dan mesin pengembus udara sejuk terpisah dari bangunan, sehingga pasien dan seluruh staf RSUI dapat melakukan aktivitasnya secara produktif karena bebas dari getaran dan kebisingan.

[Baca Juga: 5 Program Studi Favorit di Universitas Indonesia Depok]

Sejak diresmikan pada tanggal 16 Januari 2019, Rumah Sakit Universitas Indonesia ini dibuka untuk umum. Dari akun media sosial Instagram rumah sakit Universitas Indonesia, @rs.ui menyebutkan, dalam memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat, pihaknya menyediakan jasa layanan kesehatan menyeluruh, terbaik, dan bermutu.

Dalam akun tersebut juga tertulis, promo khusus pelayanan perdana berlaku pada 16 Januari sampai 28 Februari 2019. Namun, untuk sementara ini rumah sakit Universitas Indonesia belum dapat melayani Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan asuransi lainnya.

Read More

Artikel Lainnya

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.


Comments


Please Login to leave a comment.