UI Salurkan 100.000 Floacked Swab ke Pemprov Jawa Baratt.jpg

Kesehatan

UI Salurkan 100.000 Floacked Swab ke Pemprov Jawa Barat

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memberikan rekomendasi setiap negara terkait penanganan COVID-19 dengan metode 3T yang terdiri dari, tracing, testing, treatment. Dalam tahap tracing dan testing atau penelusuran serta pengujian, WHO meminta agar menerapkan metode swab PCR yang dipandang lebih akurat dibandingkan rapid test. Oleh karena itulah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat pun gencar dalam melakukan swab PCR dan demi mendukung langkah ini, Universitas Indonesia (UI) baru-baru ini menyalurkan ratusan ribu floaked swab.

Bantuan sebanyak 100.000 floacked swab ini merupakan hasil inovasi dari UI sendiri dengan Pemprov Jawa Barat yang mengapresiasi ciptaan sekaligus bantuan tersebut. Di mana perguruan tinggi negeri itu menyerakan bantuan tersebut pada akhir pekan kemarin dan rencananya pada hari ini akan langsung disimpan di gudang logistik milik Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Barat.

UI Salurkan 100.000 Floacked Swab ke Pemprov Jawa Barat.jpg

Floacked swab yang diterima Jawa Barat sebanyak 100.000. Hari Senin (26 Oktober 2020) akan diambil dan akan disimpan di Gudang Logistik Satgas Jabar. Nantinya akan didistribusikan ke RS dan puskesmas di kab/kota,” tutur Ketua Divisi Kerja Sama, Logistik, Bantuan Sosial pada Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihanan Ekonomi Daerah Jawa Barat Arifin M. Soendjaya, sebagaimana dikutip dari humas.jabarprov.go.id (24/10/2020).

[Baca Juga: Pemprov Jabar Sudah Ambil Puluhan Ribu Sampel Swab Test COVID-19]

Sekadar informasi, floacked swab HS-19 ini merupakan inovasi dari UI melalui konsorsium Research Center for Biomedical Engineering Fakultas Teknik dan peneliti dari Fakultas Kedokteran UI. Dengan sejumlah perusahaan yang menjadi mitra industri dari Universitas Indonesia yang juga turut andil dalam menciptakan alat untuk membantu proses uji swab COVID-19. Di mana flocked swab bekerja sebagai alat bantu usap untuk mengambil sampel cairan hidung dan tenggorokan yang kemudian akan diuji di laboratorium.

Dengan bantuan ini, menurut Arifin maka akan membantu usaha Pemprov Jawa Barat dalam menelusuri kasus positif COVID-19 di wilayahnya. “Kepastian hasil swab menentukan langkah selanjutnya dalam penatalaksanaan klinis. Semakin cepat tata kelola klinisnya maka akan semakin cepat tracing sehingga mencegah penyebaran COVID-19, meningkatkan angka kesembuhan, dan menurunkan angka kematian,” sambung Arifin.

Read More

Artikel Lainnya

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

Kecantikan dan Fashion

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

29 November 2020, 12:01

Koleksi T-shirt Bogart ini akan disajikan sebagai penjualan pribadi bersamaan dengan lelang online barang-barang Supreme langka lainnya.

Tentang Bulimia, Gangguan Makan yang Diderita Putri Diana

Kesehatan

Kenali Bulimia, Gangguan Makan Putri Diana

28 November 2020, 17:08

Alur cerita The Crown Season 4 telah menghidupkan kembali pembicaraan tentang gangguan makan tersebut dalam kehidupan nyata Putri Diana, Princess of Wales.

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

Kuliner

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

28 November 2020, 10:08

Orang Sunda mengenal kemangi dengan sebutan seraung atau lampes. Lampes juga nama yang dikenal bagi orang Jawa. Selain di Pulau Jawa, daun kemangi juga banyak dipakai dalam masakan di Indonesia bagian timur.

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

Hobi dan Hiburan

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

27 November 2020, 18:01

Berikut sinopsis empat film tersebut sebagai panduan Anda yang tidak ingin ketinggalan menonton karya yang kemungkinan besar akan merajai nominasi pada musim penghargaan.


Comments


Please Login to leave a comment.