UI Salurkan 100.000 Floacked Swab ke Pemprov Jawa Baratt.jpg

Kesehatan

UI Salurkan 100.000 Floacked Swab ke Pemprov Jawa Barat

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memberikan rekomendasi setiap negara terkait penanganan COVID-19 dengan metode 3T yang terdiri dari, tracing, testing, treatment. Dalam tahap tracing dan testing atau penelusuran serta pengujian, WHO meminta agar menerapkan metode swab PCR yang dipandang lebih akurat dibandingkan rapid test. Oleh karena itulah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat pun gencar dalam melakukan swab PCR dan demi mendukung langkah ini, Universitas Indonesia (UI) baru-baru ini menyalurkan ratusan ribu floaked swab.

Bantuan sebanyak 100.000 floacked swab ini merupakan hasil inovasi dari UI sendiri dengan Pemprov Jawa Barat yang mengapresiasi ciptaan sekaligus bantuan tersebut. Di mana perguruan tinggi negeri itu menyerakan bantuan tersebut pada akhir pekan kemarin dan rencananya pada hari ini akan langsung disimpan di gudang logistik milik Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Barat.

UI Salurkan 100.000 Floacked Swab ke Pemprov Jawa Barat.jpg

Floacked swab yang diterima Jawa Barat sebanyak 100.000. Hari Senin (26 Oktober 2020) akan diambil dan akan disimpan di Gudang Logistik Satgas Jabar. Nantinya akan didistribusikan ke RS dan puskesmas di kab/kota,” tutur Ketua Divisi Kerja Sama, Logistik, Bantuan Sosial pada Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihanan Ekonomi Daerah Jawa Barat Arifin M. Soendjaya, sebagaimana dikutip dari humas.jabarprov.go.id (24/10/2020).

[Baca Juga: Pemprov Jabar Sudah Ambil Puluhan Ribu Sampel Swab Test COVID-19]

Sekadar informasi, floacked swab HS-19 ini merupakan inovasi dari UI melalui konsorsium Research Center for Biomedical Engineering Fakultas Teknik dan peneliti dari Fakultas Kedokteran UI. Dengan sejumlah perusahaan yang menjadi mitra industri dari Universitas Indonesia yang juga turut andil dalam menciptakan alat untuk membantu proses uji swab COVID-19. Di mana flocked swab bekerja sebagai alat bantu usap untuk mengambil sampel cairan hidung dan tenggorokan yang kemudian akan diuji di laboratorium.

Dengan bantuan ini, menurut Arifin maka akan membantu usaha Pemprov Jawa Barat dalam menelusuri kasus positif COVID-19 di wilayahnya. “Kepastian hasil swab menentukan langkah selanjutnya dalam penatalaksanaan klinis. Semakin cepat tata kelola klinisnya maka akan semakin cepat tracing sehingga mencegah penyebaran COVID-19, meningkatkan angka kesembuhan, dan menurunkan angka kematian,” sambung Arifin.


Read More

Artikel Lainnya

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.


Comments


Please Login to leave a comment.