Landmark UIN 1.jpg

Pendidikan

UIN Jakarta Pertimbangkan Rencana Kuliah Luring

Kabar baik terkait perkembangan proses aktivitas di kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta semakin terdengar. Setelah lebih dari satu tahun menjalankan segala aktivitas pembelajaran serta penutupan akses kampus diakibatkan pandemi COVID-19, belum lama ini terdengar kabar terkait rencana pembukaan akses kegiatan pembelajaran.

Menindak lanjuti surat edaran hasil rapat pimpinan kampus UIN Jakarta, Nomor B-3270/R/HK.00.7/08/2021, pembukaan akses kegiatan pembelajaran akan direncanakan secepatnya. Rencananya, UIN Jakarta bakal menerapkan aktivitas pembelajaran secara luring dalam bentuk blended learning, yakni menggabungkan sistem pembelajaran luring dan daring.

Berdasarkan data yang terhimpun di surat edaran tersebut, rencana penerapan blended learning di kampus UIN Jakarta akan disertai beberapa persyaratan yang harus mulai dipersiapkan secara matang sejak sekarang. Seperti kepastian dan konfirmasi ulang para perangkat (dosen, mahasiswa, dan karyawan) yang terlibat dalam aktivitas pembelajaran harus sudah melakukan vaksinasi terlebih dahulu. Ditambah, peraturan dan realisasi kepatuhan protokol kesehatan tetap menjadi prioritas yang tidak boleh diremehkan.

“Selain perkuliahan, kegiatan riset lapangan, kunjungan laboratorium, dan perpustakaan juga mendapatkan kelonggaran untuk dilakukan secara luring bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Tak hanya itu, ujian dan tugas akhir juga dapat dilakukan secara luring berdasarkan kesepakatan pembimbing, penguji, dan program studi (prodi) dengan catatan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.” Penjelasan yang diberikan LPM Journo Liberta, kemarin, Minggu (29/8/2021).

Kuliah Tatap Muka

Selain itu, pihak kampus UIN Jakarta juga dengan persiapan tersendiri akan melakukan mitigasi dan manajemen dalam menanggulangi resiko yang bakal terjadi selama penerapan pembelajaran luring tersebut dilaksanakan. Sesuai perkembangan terkini, rencana penerapan pembelajaran luring akan dibekali dengan proses pengecekan kondisi negatif COVID-19 terhadap dosen, mahasiswa, dan karyawan melalui tes cepat antigen maksimal tiga hari sebelum aktivitas dimulai.

Tak hanya itu, kalau pun rencananya ini diterapkan, dosen, mahasiswa, dan karyawan yang diperkenankan terlibat adalah yang dalam status berdomisili di sekitar Jabodetabek. Serta pembatasan kapasitas ruang aktivitas yang akan digunakan, berbeda dengan keadaan di hari normal.

“Untuk mengutamakan aspek kesehatan dan keselamatan, kegiatan laboratorium hanya diperbolehkan untuk kapasitas 25% dan kegiatan lainnya tidak lebih dari 50% kapasitas ruangan. Guna mencegah terjadinya kerumunan.” Lanjutnya.

5 Jurusan Kuliah Ini Paling Banyak Dicari Dalam CPNS 2018

Keberadaan rencana dari pihak kampus UIN Jakarta tersebut dikarenakan adanya informasi dibukanya aktivitas pendidikan di Kota Tangerang Selatan oleh Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, yang telah menyebar di ruang publik.

Penyesuaian aktivitas pendidikan yang mulai dibuka di Kota Tangerang Selatan, sebagai kota letak kampus UIN Jakarta, tidak lain menyusul penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ke level tiga, terhitung sejak 24 Agustus 2021, kemarin.

Menyusul kondisi membaiknya Kota Tangerang Selatan tersebut, kampus UIN Jakarta merencanakan dan mempertimbangkan penerapan proses pembelajaran luring berbasis blended learning dengan protokol kesehatan yang ketat. Meski begitu, rencana ini belum dipastikan dan diinformasikan secara resmi oleh pihak kampus sampai saat ini.


Read More

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Kampus UIN Jakarta

+62217401925
None

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.