UKM Expo 2019, Usung Tema Menuju UKM Digitalisasi dan Globalisasi

Bisnis

UKM Expo 2019, Usung Tema Menuju UKM Digitalisasi dan Globalisasi

Sebanyak 200 pelaku usaha di bidang kuliner, fesyen, dan kriya yang merupakan peserta Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) binaan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) difasilitasi mengikuti pelaksanaan UKM Expo Tahun 2019 di Balai Kartini, Jakarta Selatan. Acara tersebut resmi dibuka Asisten Perekonomian Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati, pada 19-21 Juli.

Melansir laman beritajakarta.id (19/07/2019). Sri Haryati mengatakan, program PKT yang digagas Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta secara nyata mampu mengajak masyarakat untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan. "Saya bangga sekali dan mengapresiasi kegiatan ini. Kami berharap, pemerintah bersama para pelaku usaha bisa semakin menggerakkan perekonomian di Jakarta," ujarnya.

UKM Expo 2019, Usung Tema Menuju UKM Digitalisasi dan Globalisasi

Sri menjelaskan, UKM Expo ini mengusung tema Menuju UKM Digitalisasi dan Globalisasi. Artinya, Pemprov DKI Jakarta mengajak pelaku UKM dan IKM yang tidak hanya mampu menghasilkan produk yang baik, tapi juga mengikuti dan memanfaatkan perkembangan teknologi. "Kita menjadi bagian dari masyarakat dan perekonomian global. Sehingga, perlu berpikir luas salah satunya diwujudkan dengan kesiapan di era digital, termasuk untuk memperluas jangkauan pemasaran," terangnya.

Sri mengundang para pengusaha dan komunitas untuk semakin memajukan program PKT ini agar masyarakat lebih sejahtera dan bahagia karena pendapatannya meningkat. "Saya tadi sudah berkeliling mengunjungi stan-stan. Kami berharap semua bisa semakin berkembang," ungkapnya.

[Baca Juga: Omzet Usaha Kuliner Capai Rp4 Juta Per Bulan Berkat Program PKT]

Sementara, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta Adi Ariantara menambahkan, penyelenggaraan UKM Expo bertujuan memperbesar potensi UKM, khususnya para wirausaha yang mengawali kegiatan usaha melalui PKT sejak tahun 2018 melalui berbagai kegiatan dan tahapan dalam tujuh langkah pasti akan sukses (7 PAS).

"Salah satu kegiatannya adalah pemasaran. Kami tidak hanya membina mereka dari sisi pelatihan dan peningkatan kemampuan, tapi juga memasarkan produk-produk itu secara maksimal," ucapnya. 

[Baca Juga: Lewat PKT, Jakarta Pusat Targetkan Cetak 5.600 Wirausahawan Baru]

Menurutnya, dalam UKM Expo 2019 ditargetkan mencapai 400 orang pengunjung setiap harinya. Melalui acara ini, masyarakat bisa melihat progres kewirausahaan di Jakarta telah dan memicu masyarakat untuk memiliki jiwa berwirausaha. "Mudah-mudahan ke depan ini akan menjadi event-event berkelanjutan setiap tahun. Kami coba canangkan setiap bulan Juli setelah HUT Jakarta dan menjelang HUT RI," tandasnya.

Untuk diketahui, UKM Expo 2019 juga diramaikan dengan serangkaian kegiatan seperti Lomba Fashion Show PKT, Lomba Pidato Tingkat SMA/SMK, Lomba Mewarnai, Lomba Desain Logo PKT, Pasar Murah, dan lokakarya. Penampilan spesial musisi terkenal seperti Judika, Balena, dan Benny Tophot juga menambah semarak pelaksanaan UKM Expo ini.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.