Ulasan Album Lexicon Makna Kejujuran dalam Kamus Isyana Sarasvati

Hobi dan Hiburan

Ulasan Album Lexicon: Makna Kejujuran dalam Kamus Isyana Sarasvati

Siapa yang tak kenal dengan penyanyi asal Bandung yang satu ini. Penyanyi Isyana Sarasvati baru saja merilis album Lexicon. Album ketiga yang diluncurkan di akhir November 2019 ini cukup ramai diperbincangkan karena terdengar berbeda dari album sebelumnya yang kental dengan unsur pop. Dalam album kedua ini, warna suara Isyana lebih banyak mengeksplorasi gaya seriosa untuk mengimbangi musik yang juga diwarnai orkestra. Terdengar berat? Jangan takut dulu untuk mendengarnya. Musik orkestra yang diusung Isyana bukan seperti musik klasik, tapi perpaduan berbagai warna musik, termasuk rock yang cadas.

Beberapa komentar mengenai album Lexicon milik Isyana sangat positif. Berdasarkan pengamatan PingPoint.co.id (3/12/2019), rata-rata unggahan mengenai Lexicon merupakan pujian atas keberanian Isyana menampilkan gaya bermusik yang berbeda. Misalnya yang dikatakan akun @aimrod (29/11/2019) di Twitter, "Isyana Sarasvati be like: fuck pop, imma do what I like and what i study for years. It's a full blown opera album. And my early scrubbing says this'll be good." Twit ini mendapatkan 163 retweet dan 366 like.

Ulasan Album Lexicon Makna Kejujuran dalam Kamus Isyana Sarasvati

Isyana memang belajar musik secara khusus dan memiliki gelar di bidang ini. Dia kuliah di Royal College of Music, London. Tidak heran jika di album ketiganya penyanyi dan komposer ini lebih eksperimental dan mencoba berbagai aliran musik dalam paduan yang nikmat di telinga.

Selain itu ada pula @hermajustea (1/12/2019) juga di Twitter yang mengatakan "LEXICON is the best Indonesian album of 2019. the lyrical content, the instruments, the vocals, the production. you can feel her emotions in every single track. miss @isyanasarasvati is a poet, a singer and an ARTIST."

[Baca Juga: Glenn Fredly Segera Rilis Album Baru di September 2019]

Lexicon memiliki arti tersendiri yaitu 'kamus' yang dikatakan Isyana menggambarkan episode-episode kehidupan yang belum pernah terungkap sebelumnya. "Kamus dimana akan ditemukan sekumpulan repertoar yang diciptakan untuk mewakili setiap episode perjalananku. Selamat membaca karakter, pemikiran, dan gejolak perasaan yang telah aku lewati. Aku akan membawa kalian ke dalam episode yang diwarnai dengan nuansa bahagia, muram dan gelisah karena ketidak-pastian yang panjang, bahkan sesekali melewati hentakan yang mengejutkan," tulis Isyana dalam akun Instagramnya (1/12/2019).

Ulasan Album Lexicon Makna Kejujuran dalam Kamus Isyana Sarasvati

Isyana menambahkan, album ini persembahkan bagi para pendengar yang ingin menjelajah masa di mana proses kreatif dibangun tanpa batas, dan di mana musik menjadi ekspresi individual yang menceritakan cara pandang dia tentang dunia.

Bisa dibilang album Lexicon ini menjadi menarik karena jadi salah satu album yang menampilkan secara jujur bagaimana dan seperti apa sebenarnya gaya Isyana yang memiliki ilmu dan keterampilan mumpuni dalam musik. Kali ini dia merasa tidak perlu lagi bernegosiasi dengan pasar dan menunjukkan kualitas yang mungkin akan dianggap terlalu berat di telinga pendengar awam.

Album Lexicon terdiri dari delapan lagu yaitu

  • Sikap Duniawi
  • Untuk Hati yang Terluka
  • Pendekar Cahaya
  • LEXICON
  • Ragu Semesta
  • Lagu Malam Hari
  • Biarkan Aku Tertidur
  • Terima Kasih

[Baca Juga: Makan Es Krim, Jadi Moodbooster Isyana Sarasvati Bikin Lagu]

Meskipun berbeda dari dua album sebelumnya, karakter bernyanyi Isyana masih sangat kental pada album ini. Percampuran berbagai macam genre musik dalam album Lexicon ini hanya membuat karakter yang kuat ini menjadi sangat menarik. Dibuka dengan lagu "Sikap Duniawi" yang syairnya mengatakan, "Selamat datang padaku yang baru." Lagu yang seperti memberi peringatan pada pendengar kalau album ini akan berbeda dengan gaya Isyana sebelumnya.

Pada beberapa lagu seperti “Ragu Semesta” atau Sikap Duniawi” gaya orkestra terdengar cukup kental, sedangkan pada lagu "Lexicon" justru lebih cenderung progresif dengan permainan synthesizer yang menampilkan gaya orkestrasi rock, mengingatkan pada lagu-lagu Dream Theatre. Di luar itu semua, ciri khas dentingan piano klasik Isyana tetap masih dapat Anda temukan kok. Misalnya di lagu penutup "Terima Kasih".


Read More

Artikel Lainnya

Ini Cara Maybank Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah di Tanah Ai r.jpg

Bisnis

Ini Cara Maybank Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah di Tanah Air

05 October 2022, 16:09

Maybank turut mendukung upaya pemerintah dalam menumbuhkan ekonomi syariah di Indonesia dan ini dilakukan melalui salah satu unit usahanya yang bernama UUS.

Besok! Infinix Indonesia Siap Rilis Produk Flagship Terbarunya.jpg

Hobi dan Hiburan

Besok! Infinix Indonesia Siap Rilis Produk Flagship Terbarunya

05 October 2022, 14:10

Pihak Infinix Indonesia akan merilis produk di segmen premiumnya pada 6 Oktober 2022 dengan konten kreator serta para multitasker yang jadi target pasarnya.

2 Minggu Sekali! Warga Kota Bandung Dapat Layanan KB MKJP Gratis.jpg

Kesehatan

2 Minggu Sekali! Warga Kota Bandung Dapat Layanan KB MKJP Gratis

05 October 2022, 10:41

Bagi Anda warga Kota bandung yang sudah berkeluarga dan mempertimbangkan untuk mengikuti program KB maka bisa memanfaatkan program gratis ini.

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.


Comments


Please Login to leave a comment.