Ulasan Film Enter The Fat Dragon Komedi Kungfu ala Donnie Yen

Hobi dan Hiburan

Ulasan Film Enter The Fat Dragon: Komedi Kungfu ala Donnie Yen

Saat ini nama Donnie Yen terasa tak asing lagi bagi para penggemar film Tanah Air. Berkat film IP Man yang meraih kesuksesan box office dunia, aktor bela diri Hong Kong ini memiliki banyak penggemar dan peran sebagai sosok jagoan serius yang memiliki kemampuan kungfu tinggi pun melekat di aktor ini. Namun sisi yang berbeda berusaha ditunjukkan oleh pria berusia 56 tahun untuk film terbarunya. Pasalnya dalam Enter The Fat Dragon, Donnie Yen menunjukkan sisi komedi tanpa menghilangkan unsur kemampuan kungfunya.

Enter The Fat Dragon merupakan remake dari film komedi bela diri dengan judul yang sama yang dirilis pada 1987. Di mana kala itu aktor Sammo Hung berperan sebagai Ah Lung, seorang pramusaji yang memiliki tubuh tambun tapi dengan kemampuan kungfu yang tinggi. Sesuai judulnya, film ini merupakan parodi dari film-film Bruce Lee, khususnya Way of the Dragon.

Ulasan Film Enter The Fat Dragon Komedi Kungfu ala Donnie Yen

Untuk Enter The Fat Dragon versi baru, film ini disutradarai oleh sutradara dan stuntman asal Jepang yang namanya sudah harum di Hong Kong Kenji Tanigaki. Dengan plot cerita berkisah mengenai seorang polisi Hong Kong bernama Fallon Zhu yang diperankan oleh Donnie Yen. Zhu memiliki tabiat layaknya pahlawan, di mana ia selalu berusaha untuk selalu di jalan yang benar dan ingin menyelamatkan semua orang serta menangkap para penjahat.

[Baca Juga: Ulasan IP Man 4: Finale, Pertarungan Terakhir Sang Master Kung Fu]

Sayangnya kiprah Zhu terhalang ketika ia membuat tunangannya bernama Chloe yang diperankan Niki Chow Lai-kei merasa kecewa dengan aksi pahlawan dari Zhu. Apalagi setelah Zhu gagal segera mengakhiri perampokan dengan cepat yang membuatnya terlambat untuk melakukan sesi foto pre-wedding dengan Chloe dan membuat pertunangan mereka diakhiri. Insiden perampokan itu juga berdampak dengan kariernya yang membuat Zhu diturunkan pangkatnya untuk menjadi administrasi ruang barang bukti di kantor polisi.

Enam bulan sejak penurunan pangkat serta sakit hati yang melanda dirinya membuat pola kehidupan Zhu pun berubah. Dari seorang polisi yang siap beraksi menghentikan kejahatan menjadi petugas administrasi kepolisian yang banyak duduk dan gemar camilan. Hal ini juga membuat bobot tubuhnya meningkat drastis hingga mencapai angka 115 kilogram. Pada momen inilah ia mendapatkan tugas dari rekan kepolisiannya untuk mengawal buronan Jepang kembali ke Tokyo.

Ulasan Film Enter The Fat Dragon Komedi Kungfu ala Donnie Yen

Namun karena insiden yang terjadi di Jepang yang melibatkan buronan yang ia harus kawal, Zhu bertemu dengan mantan polisi Hong Kong bernama Thor yang diperankan Wong Jin. Karena rasa keadilan pada dirinya serta kemampuan kung funya yang tidak hilang walau bertubuh tambun, Zhu pun terlibat konflik dengan kelompok Yakuza yang juga membuatnya kembali bertemu dengan Chloe.

[Baca Juga: Olahraga Beladiri Lebih Banyak Bakar Kalori di Kemang Fight Gym]

Selama Enter the Fat Dragon, aksi bela diri yang ditunjukkan Donny Yen terlihat cepat dan sangat luwes gerakannya. Namun ada perbedaan utama dalam karakteristik pertarungan antara Enter the Fat Dragon versi lama dan versi Donny Yen. Dengan versi Donny Yen lebih menunjukkan gaya bertarung ala Jackie Chan yang menggabungkan aksi kung fu dengan unsur komedi sembari menggoda lawannya. Walau begitu, referensi Bruce Lee dalam Enter the Fat Dragon versi Donnie Yen tetap terasa dalam berbagai elemennya.

Walau film ini dihiasi oleh berbagai efek CGI yang terkesan kurang “wow” serta candaan cliché seperti kentut dan lainnya, tapi akting dari Donny Yen sebagai Fallon Zhu yang cenderung membuat penonton tetap terhibur. Karena dalam Enter the Fat Dragon, Donny Yen tampak sangat mendalami perannya dengan menyenangkan dan ia terlihat menikmati sebagai Zhu. Sehingga apa yang ditunjukkan olehnya di layar lebar memicu gelak tawa dari penonton. Bagi Anda penggemar Donnie Yen atau penonton yang ingin melihat sisi lain dari aktor Hong Kong itu, Enter the Fat Dragon merupakan film yang wajib ditonton.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Octavia 2 years, 5 months lalu
    octavia

    Gabung dan klaim sekarang juga bagi bagi bonus angpao, mainkan semua jenis permainan sesuka anda, dan raih jackpotnya dupa88.net

  • Natasya88 2 years, 5 months lalu
    Natasya88

    Udah tau belum kalo main game bisa dapet hadiah jutaan rupiah? Dan ambil sepuasnya Bonus Angpao menyambut tahun baru imlek. Buruan gabung di bola165,co mainkan game nya dan bawa pulang hadiah nya.