IP Man 4 Finale, Pertarungan Terakhir Sang Master Kung Fu

Berita Kawasan

Ulasan IP Man 4: Finale, Pertarungan Terakhir Sang Master Kung Fu

Seri ke empat film IP-Man menjadi seri terakhir dari film IP Man. Sebagai film terkhir, IP Man 4 menyajikan banyak pertarungan hidup dan mati sang lagenda Kung Fu, IP Man yang diperankan oleh Donnie Yen. Kali ini PingPoint.co.id ingin sedikit memberikan ulasan film IP Man 4: The Finale.

IP Man atau lebih dikenal dengan master Yip datang ke Amerika Serikat untuk membantu muridnya Bruce Lee ( Kwok-Kwan Chan) yang mendapatkan diskriminasi rasial karena membuat sekolah seni bela diri Wing Chun di negeri Paman Sam tersebut.

IP Man 4 Finale, Pertarungan Terakhir Sang Master Kung Fu

Sebelum pergih ke Amerika. IP divonis mengidap kanker tenggorokan yang diakibatkan oleh merokok. Setelah anaknya, IP Chun dikeluarkan dari sekolah karena masalah pertengkaran dan bullying, IP berkelana ke negeri Barat, San Fransisco. Awal niat hanya ingin mencarikan anaknya sekolah baru, Master IP justru terjerat masalah muridnya Bruce Lee yang dianggap pembangkang oleh Chinese Consolidated Benevolent Association (CBA) yang diketuai Wan ( Wu Yue) sang Master Tai Chi karena menulis buku tentang Whing Chun dan mengajarkannya kepada warga Amerika.

[Baca Juga: Ulasan Film Hustlers: Ketika Maskulinitas Buat Korban Malu Laporkan Kejahatan]

Sebagai gurunya, Master IP diminta untuk bertanggung jawab atas kelakuan muridnya Bruce Lee, namun ia menolaknya. Karena hal tersebut, Master IP tidak bisa mendapatkan surat rekomendasi. Hal tersebut tentunya membuat Master IP kesulitan untuk memasukkan anaknya ke sekolah di Amerika karena tidak memiliki surat rekomendasi dari CBA.

IP Man 4 Finale, Pertarungan Terakhir Sang Master Kung Fu

Singkat cerita, perjalanan Master IP di Amerika justru berakhir pada masalah perang dingin antara CBA dengan pemerintahan Amerika. Pada film ini penonton akan benar-benar disuguhkan kejadian-kejadian rasisme yang cukup jelas dan kompleks, serta pertarungan bela diri yang sangat menegangkan. Di sini, Master IP tidak hanya menghadapi para oknum polisi yang berusaha mengusir masyarakat pecinan, namun juga melindungi para master Pecinan yang diserang oleh praktisi bela diri Karate dari kesatuan Marine Amerika.

[Baca Juga: Ulasan Film Maleficent: Mudah Ditebak, Seperti Film Disney Umumnya]

Tema rasisme yang diangkat pada film ini semakin terasa ketika salah satu murid Bruce Lee asal asal Tiongkok, Hartman (Vanness Wu) terkena imbas rasisme dari atasanya karena berusaha untuk menyebarkan ilmu bela diri Cina pada tentara kesatuan Marine Amerika. Karena merasa bela diri Karate Marine jauh lebih superior dibanding dengan ilmu bela diri lainnya, Barton Geddes (Scott Adkins) menolak mentah-mentah praktisi Wing Chun dan malah menantang para Master Kung Fu yang ada di Pecinan dan berhasil mengalahkan semuanya, termasuk Wan (Ketua CBA) yang dibuat babak belur di Marine Base.

IP Man 4 Finale, Pertarungan Terakhir Sang Master Kung Fu

Karena merasa tertindas dan kesal, Master IP akhirnya melawan Barton Geddes di base Marine. Karena penyakit dan umurnya, Master IP cukup kewalahan dalam menghadapi Barton yang memiliki tubuh dan power yang lebih besar.Pertarungan pun akhirnya selesai setelah tangan Barton berhasil dipatahkan oleh Master IP

Setelah melewati semua pertarungan yang terjadi selama di San Fransisco, Master IP memutuskan untuk mendukung anaknya IP Chun menjadi praktisi Kung Fu di Cina. Epilog ditutup dengan adegan Chinnese Matrial Arts berhasil menjadi kurikulum di program pendidikan Marine pada tahun 2001.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 2 years, 9 months lalu
    Natasya88

    Di spesial menyambut Natal & Tahun baru Buruan Dapatkan TAMBAHAN FREECHIPS 5% LANGSUNG SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K hanya di (BOLA165,CO) sekarang juga guys. . .

  • Anita07 2 years, 9 months lalu
    anita07

    DUPA88 agen judi online terbaik di indonesia, memberikan peluang bisnis yang menjanjikan untuk anda dengan modal 20K kamu bisa menghasilkan keuntungan JUTA'AN RUPIAH, dan raih juga bonus- bonusnya, segera daftarkan diri anda di dupa88,net

  • Kelly 2 years, 9 months lalu
    kelly

    Di spesial menyambut natal & tahun baru buruan dapatkan bonus++ tambahan langsung 5% setiap kali deposit berkelipatan 100k hanya di (qqharian,info) sekarang juga guys. . .🥳🥳😘

  • Rine 2 years, 9 months lalu
    rine

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke qqharian,info dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.

  • Kelly 2 years, 9 months lalu
    kelly

    Di spesial menyambut Natal & Tahun baru Buruan Dapatkan SPESIAL KADO X’MAS 5% LANGSUNG SETIAP KALI DEPOSIT BERKELIPATAN 100K hanya di (DUPA88,Net) sekarang juga guys. . .🥳🥳😘