Bekasi-Kawasan-Ulurkan-Tangan-pada-Anak-Jalanan-di-Kota-Bekasi-Emil-03.jpg

Berita Kawasan

Ulurkan Tangan pada Anak Jalanan di Kota Bekasi

Anak jalanan merupakan salah satu bagian dari realitas perkotaan saat ini. Mereka menjadi bagian dari kelompok yang termarginalisasikan, khususnya dalam sisi pendidikan. Namun untungnya ada sejumlah anak muda yang tergerak untuk berusaha membantu masa depan anak jalanan tersebut. Anak-anak muda itu tergabung dalam komunitas yang bernama KOPPAJA Bekasi dan kegiatan utama mereka adalah agar membuat para anak jalanan tidak kembali ke jalan demi mencari sesuap nasi.

KOPPAJA sendiri memiliki singkatan Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan yang bergerak untuk membantu anak-anak jalanan yang ada di Kota Bekasi. Berdasarkan laman blog komunitas tersebut, KOPPAJA Bekasi diresmikan pada 14 Desember 2014 yang di mana para anggotanya merasa terpanggil setelah melihat anak-anak jalanan di kota tersebut dan merasa prihatin dengan pendidikan mereka.

Komunitas Peduli Anak Jalanan (KOPPAJA)

Tidak hanya dari Kota Bekasi, para relawan yang tergabung dalam komunitas ini ada juga yang berasal dari Tanjung Priuk hingga Cikarang. Lokasi tempat tinggal yang jauh, tidak membuat para anggota komunitas ini gentar untuk datang ke Bekasi untuk menjadi pengajar bagi anak-anak jalanan. Hal ini sebenarnya mengerucut kepada perspektif komunitas KOPPAJA Bekasi terhadap anak-anak jalanan yang dipandang bukan butuh dikasihani dengan diberikan uang tapi mereka juga perlu pendidikan demi masa depan.

[Baca Juga: Yuk Menjaga Sungai Ciliwung Bersama Komunitas Ciliwung Depok]

Sebagaimana dilansir dari kitabisa.com, komunitas tersebut saat ini menggunakan rumah petak yang dikontrak oleh para anggotanya untuk jadi lokasi belajar-mengajar. Rumah belajar yang berlokasi di Jalan Agraria 1, Kayuringin Jaya, Kota Bekasi tersebut juga dimanfaatkan sebagai perpustakaan untuk anak-anak jalanan

Komunitas Peduli Anak Jalanan (KOPPAJA)

Rata-rata kegiatan belajar-mengajar komunitas KOPPAJA dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu. Materi yang diajarkan para relawan di komunitas ini terbagi dua, yaitu agama agar semakin menguatkan ahlak para anak jalanan dan pelajaran yang umumnya diajarkan di kelas-kelas sekolah pada umumnya.

[Baca Juga: Sekolah Rakyat Ancol, Pendidikan untuk Anak Kurang Mampu]

Bila tertarik untuk menjadi salah satu relawan di komunitas ini, Anda bisa langsung datang ke alamat sekretariat yang sekaligus menjadi rumah belajar KOPPAJA Bekasi. Selain itu, komunitas ini juga menerima donasi yang nantinya digunakan untuk membiayai rumah belajar mereka. Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, bisa menghubungi humas KOPPAJA Bekasi di nomor: 0858-1076-8168.


Read More

Artikel Lainnya

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.


Comments


Please Login to leave a comment.