Bekasi-Kawasan-Ulurkan-Tangan-pada-Anak-Jalanan-di-Kota-Bekasi-Emil-03.jpg

Berita Kawasan

Ulurkan Tangan pada Anak Jalanan di Kota Bekasi

Anak jalanan merupakan salah satu bagian dari realitas perkotaan saat ini. Mereka menjadi bagian dari kelompok yang termarginalisasikan, khususnya dalam sisi pendidikan. Namun untungnya ada sejumlah anak muda yang tergerak untuk berusaha membantu masa depan anak jalanan tersebut. Anak-anak muda itu tergabung dalam komunitas yang bernama KOPPAJA Bekasi dan kegiatan utama mereka adalah agar membuat para anak jalanan tidak kembali ke jalan demi mencari sesuap nasi.

KOPPAJA sendiri memiliki singkatan Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan yang bergerak untuk membantu anak-anak jalanan yang ada di Kota Bekasi. Berdasarkan laman blog komunitas tersebut, KOPPAJA Bekasi diresmikan pada 14 Desember 2014 yang di mana para anggotanya merasa terpanggil setelah melihat anak-anak jalanan di kota tersebut dan merasa prihatin dengan pendidikan mereka.

Komunitas Peduli Anak Jalanan (KOPPAJA)

Tidak hanya dari Kota Bekasi, para relawan yang tergabung dalam komunitas ini ada juga yang berasal dari Tanjung Priuk hingga Cikarang. Lokasi tempat tinggal yang jauh, tidak membuat para anggota komunitas ini gentar untuk datang ke Bekasi untuk menjadi pengajar bagi anak-anak jalanan. Hal ini sebenarnya mengerucut kepada perspektif komunitas KOPPAJA Bekasi terhadap anak-anak jalanan yang dipandang bukan butuh dikasihani dengan diberikan uang tapi mereka juga perlu pendidikan demi masa depan.

[Baca Juga: Yuk Menjaga Sungai Ciliwung Bersama Komunitas Ciliwung Depok]

Sebagaimana dilansir dari kitabisa.com, komunitas tersebut saat ini menggunakan rumah petak yang dikontrak oleh para anggotanya untuk jadi lokasi belajar-mengajar. Rumah belajar yang berlokasi di Jalan Agraria 1, Kayuringin Jaya, Kota Bekasi tersebut juga dimanfaatkan sebagai perpustakaan untuk anak-anak jalanan

Komunitas Peduli Anak Jalanan (KOPPAJA)

Rata-rata kegiatan belajar-mengajar komunitas KOPPAJA dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu. Materi yang diajarkan para relawan di komunitas ini terbagi dua, yaitu agama agar semakin menguatkan ahlak para anak jalanan dan pelajaran yang umumnya diajarkan di kelas-kelas sekolah pada umumnya.

[Baca Juga: Sekolah Rakyat Ancol, Pendidikan untuk Anak Kurang Mampu]

Bila tertarik untuk menjadi salah satu relawan di komunitas ini, Anda bisa langsung datang ke alamat sekretariat yang sekaligus menjadi rumah belajar KOPPAJA Bekasi. Selain itu, komunitas ini juga menerima donasi yang nantinya digunakan untuk membiayai rumah belajar mereka. Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, bisa menghubungi humas KOPPAJA Bekasi di nomor: 0858-1076-8168.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Kesadaran Autisme, Ini Pandangan Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus

Pendidikan

Hari Kesadaran Autisme, Ini Pandangan Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus

02 April 2020, 08:00

Terdapat makna bagi orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus ketika digelar peringatan Hari Kesadaran Autisme Sedunia.

Menyatukan Keberagaman di Hari Kesadaran Autisme

Kesehatan

Menyatukan Keberagaman di Hari Kesadaran Autisme Sedunia

02 April 2020, 07:00

Pada Hari Kesadaran Autisme Sedunia, masyarakat seharusnya melihat keragaman yang dimiliki penyandang autisme sebagai kesatuan, bukan perbedaan.

Ini Saran untuk Keluarga Penyandang Autisme di Kala Social Distancing

Kesehatan

Ini Saran untuk Keluarga Penyandang Autisme di Kala Social Distancing

01 April 2020, 21:00

Dalam peringatan Hari Kesadaran Autisme Sedunia, penyandang autis asal Inggris memberikan sarannya untuk para penyandang lainnya di kala momen social distancing seperti saat ini.

Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Mengenal Apa Itu ASD

Kesehatan

Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Mengenal Apa Itu ASD

01 April 2020, 20:00

Tahukah Anda bahwa ada istilah ASD untuk mendeskripsikan penyandang autisme? Istilah ini lebih baik dibandingkan menyebut seseorang sebagai penyandang autis.


Comments


Please Login to leave a comment.