UMKM dan IKM Jakarta Pusat Tingkatkan Kemampuan Usaha

Bisnis

UMKM dan IKM Jakarta Pusat Tingkatkan Kemampuan Usaha

Pertumbuhan Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) dan industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia yang semakin banyak dapat berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Kelemahan yang dihadapi UMKM dan IKM dalam meningkatkan kemampuan usaha menjadi salah satu penyebab. Oleh sebab itu, UMKM dan IKM di Indonesia khususnya di Jakarta Pusat harus didorong dan dikembangkan dengan dukungan dari pemerintah setempat.

Sebagaimana dilansir laman beritajakarta.id (08/07/2019), Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin meminta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jakarta Pusat agar membina dan membimbing pengusaha kecil yang ada di wilayah Jakarta Pusat dalam meningkatkan usahanya.

[Baca Juga: Pentingnya Desain dan Logo dalam Pengembangan IKM]

“Coba Kadin bina dan bimbing pengusaha kecil sehingga tumbuh menjadi wirausaha-wirausaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan,“ ujar Iqbal saat membuka Rapat Pimpinan Kota (Rapimkota) V Tahun 2019 Kadin Jakpus, di Hotel Cempaka pada 5 Juli 2019.

Iqbal mengatakan, sesuai dengan kondisi ekonomi di Jakarta Pusat, Kadin hendaknya lebih fokus untuk memberdayakan potensi UMKM, dan IKM. Sehingga Jakarta Pusat dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di bidang perdagangan dan jasa.

[Baca Juga: Tangerang Expo 2019 Sukses Diikuti 310 Pelaku UMKM]

“Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat selalu siap untuk bersinergi dengan Kadin Jakpus guna mengembangkan potensi perekonomian UMKM dan IKM terutama mendukung produksi dan pemasaran Pasar Tanah Abang. Pariwisata dan Mice (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) yang didukung dengan aplikasi teknologi digital sehingga wilayah Jakarta Pusat dapat tumbuh lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan warga DKI Jakarta,” jelas Iqbal.

Sementara itu, Panitia Rapimkota V tahun 2019 Kadin Jakpus, Dahar Manulang mengatakan, Rapimkota ini sekaligus untuk memilih ketua pengurus Kadin Jakpus yang baru karena Ketua Kadin Jakpus sudah berakhir masa baktinya. “Rapimkota diikuti sekitar 75 orang pengurus dan anggota Kadin. Mudah-mudahan Rapimkota V dapat memilih Ketua Kadin yang baru. Sementara Ketua Kadin yang lama akan dipromosikan menjadi Ketua Kadin DKI Jakarta,” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.