Pejaten-Pendidikan-Ingin-Belajar-Mengenai-Batik-Betawi-Di-Tempat-Ini-Saja-Emil.jpg

Berita Kawasan

UMKM Ini Lestarikan Motif Batik Khas Betawi

Batik merupakan salah satu kain khas Indonesia. Dengan menggunakan lilin untuk menggambar atau mencetak pola yang ditorehkan di atas kainnya membuat batik menjadi sesuatu yang unik dan dinobatkan sebagai Warisan Kemanusaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi dari UNESCO. Berbicara mengenai batik, Jakarta ternyata menjadi salah satu wilayah yang juga memiliki batiknya sendiri. Motif Batik Betawi Terogong yang berlokasi di pusat kota metropolitan Jakarta merupakan tempat untuk melihat warisan budaya Betawi tersebut masih eksis hingga kini.

Motif Batik Khas Betawi yang Dibuat dengan Tehnik Cep.

UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) sekaligus sanggar batik ini berlokasi di Jalan Terogong III No.27 C, Cilandak Jakarta Selatan. Ketika datang ke tempat ini, maka hal pertama yang menyambut Anda adalah meja kecil untuk membatik yang berada di samping kiri pintu masuk. Di meja kecil tersebut terdapat kuali kecil yang berisi lilin cair untuk para ibu-ibu sekitar sanggar membatik.

[Baca Juga: Ini Tempat Belanja dan Belajar Batik di Tebet]

“Mereka (ibu-ibu di Terogong) belajar dulu membatik. Nah, kalau sudah bisa baru mereka (bekerja) membatik. Di sini, pekerjaan ibu-ibunya dihitung pembayaraannya per kain yang mereka batik,” jelas salah satu pengelola Batik Betawi Terogong Hafizoh kepada PingPoint.co.id (21/11/2018).

Lembaran Batik dengan Motof Khas Betawi.

Usaha batik Betawi ini memang bisa dikatakan sebagai usaha keluarga. Karena usaha ini didirikan Siti Laela dan sanak-saudaranya, termasuk keponakannya yakni Hafizoh. Mereka belajar membatik selama beberapa bulan dan akhirnya secara mandiri mereka pun mendirikan Batik Betawi Terogong pada Oktober 2012.

Layaknya batik-batik di Nusantara lain, motif batik yang dikerjakan di sanggar ni memiliki keunikannya sendiri. “Khas di Terogong ini adalah motif mengkudu dan buah cermai. Tapi di samping itu masih ada motif lain yang jadi ikon Jakarta seperti ondel-ondel, monas dan lain sebagainya. Batik Betawi Terogong warnanya cerah ngejreng sesuai dengan pakaian Betawi,” jelas Hafizoh.

[Baca Juga: Melestarikan Budaya Betawi Lewat Festival Condet]

Layaknya hasil produksi UMKM batik pada umumnya, terdapat dua jenis motif batik di sanggar batik Betawi ini, yakni cap dan tulis. “Kalau untuk batik cap, satu hari bisa selesai. Kalau untuk batik tulis paling cepat, satu minggu selesai. Karena itu harganya berbeda. Batik cap dihargai Rp150.000-Rp450.000, kalau batik tulis dari Rp500.000 sampai Rp1.500.000. Perbedaan harga ini karena prosesnya, dari banyaknya warna dan jenis kainnya,” tambah Hafizoh.

Read More

Artikel Lainnya

Pemkot Jakarta Pusat Akan Gelar Kontes Ikan Mas Koki

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Pusat Akan Gelar Kontes Ikan Mas Koki

17 September 2019, 18:00  |  6 Views

Dalam meningkatkan geliat ikan hias di kawasannya, Pemkot Jakarta Pusat berencana menggelar kontes ikan mas koki.

Pemkot Jakpus Mendukung Program Pengutamaan Bahasa Indonesia Di Ruang Publik

Pendidikan

Pemkot Jakarta Pusat Dukung Pengutamaan Bahasa Indonesia

17 September 2019, 17:00  |  8 Views

Menurut Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi, bahasa Indonesia yang merupakan bahasa negara menjadi identitas bangsa.

Aplikasi SIDONI Berikan Informasi Donor Darah

Kesehatan

Aplikasi SIDONI Berikan Informasi Donor Darah

17 September 2019, 16:00  |  5 Views

Banyak fitur yang bermanfaat tersedia di aplikasi SIDONI yang baru-baru ini telah dluncurkan guna mempermudah akses bagi pendonor.

Dorong Penggunaan Sepeda, Terminal Kalideres Sediakan Jalur Khusus

Berita Kawasan

Dorong Penggunaan Sepeda, Terminal Kalideres Sediakan Jalur Khusus

17 September 2019, 15:00  |  7 Views

Terminal Kalideres saat ini sudah memiliki jalur khusus untuk sepeda demi mendorong pengurangan penggunaan kendaraan bermotor pribadi.


Comments


Please Login to leave a comment.