Pejaten-Pendidikan-Ingin-Belajar-Mengenai-Batik-Betawi-Di-Tempat-Ini-Saja-Emil.jpg

Berita Kawasan

UMKM Ini Lestarikan Motif Batik Khas Betawi

Batik merupakan salah satu kain khas Indonesia. Dengan menggunakan lilin untuk menggambar atau mencetak pola yang ditorehkan di atas kainnya membuat batik menjadi sesuatu yang unik dan dinobatkan sebagai Warisan Kemanusaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi dari UNESCO. Berbicara mengenai batik, Jakarta ternyata menjadi salah satu wilayah yang juga memiliki batiknya sendiri. Motif Batik Betawi Terogong yang berlokasi di pusat kota metropolitan Jakarta merupakan tempat untuk melihat warisan budaya Betawi tersebut masih eksis hingga kini.

Motif Batik Khas Betawi yang Dibuat dengan Tehnik Cep.

UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) sekaligus sanggar batik ini berlokasi di Jalan Terogong III No.27 C, Cilandak Jakarta Selatan. Ketika datang ke tempat ini, maka hal pertama yang menyambut Anda adalah meja kecil untuk membatik yang berada di samping kiri pintu masuk. Di meja kecil tersebut terdapat kuali kecil yang berisi lilin cair untuk para ibu-ibu sekitar sanggar membatik.

[Baca Juga: Ini Tempat Belanja dan Belajar Batik di Tebet]

“Mereka (ibu-ibu di Terogong) belajar dulu membatik. Nah, kalau sudah bisa baru mereka (bekerja) membatik. Di sini, pekerjaan ibu-ibunya dihitung pembayaraannya per kain yang mereka batik,” jelas salah satu pengelola Batik Betawi Terogong Hafizoh kepada PingPoint.co.id (21/11/2018).

Lembaran Batik dengan Motof Khas Betawi.

Usaha batik Betawi ini memang bisa dikatakan sebagai usaha keluarga. Karena usaha ini didirikan Siti Laela dan sanak-saudaranya, termasuk keponakannya yakni Hafizoh. Mereka belajar membatik selama beberapa bulan dan akhirnya secara mandiri mereka pun mendirikan Batik Betawi Terogong pada Oktober 2012.

Layaknya batik-batik di Nusantara lain, motif batik yang dikerjakan di sanggar ni memiliki keunikannya sendiri. “Khas di Terogong ini adalah motif mengkudu dan buah cermai. Tapi di samping itu masih ada motif lain yang jadi ikon Jakarta seperti ondel-ondel, monas dan lain sebagainya. Batik Betawi Terogong warnanya cerah ngejreng sesuai dengan pakaian Betawi,” jelas Hafizoh.

[Baca Juga: Melestarikan Budaya Betawi Lewat Festival Condet]

Layaknya hasil produksi UMKM batik pada umumnya, terdapat dua jenis motif batik di sanggar batik Betawi ini, yakni cap dan tulis. “Kalau untuk batik cap, satu hari bisa selesai. Kalau untuk batik tulis paling cepat, satu minggu selesai. Karena itu harganya berbeda. Batik cap dihargai Rp150.000-Rp450.000, kalau batik tulis dari Rp500.000 sampai Rp1.500.000. Perbedaan harga ini karena prosesnya, dari banyaknya warna dan jenis kainnya,” tambah Hafizoh.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.