UMKM Malang Manfaatkan Penjualan Lewat Ojol

Bisnis

UMKM Malang Manfaatkan Penjualan Lewat Ojol

Pandemi COVID-19 membuat hampir semua lapisan masyarakat merasa tertekan dengan faktor ekonomi, terutama UMKM yang berada di Kota Malang. Penjualan yang dirintis usaha kecil ini mengalami penurunan hingga 59 persen dari biasanya. Bahkan omzet yang masih tersisa itu hanya mengandalkan penjualan online dengan bantuan ojek online.

Ketua Asosiasi UMKM Kota Malang, Sri Rahayu mengkhawatirkan omzet yang masih tersisa itu akan semakin tergerus ketika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan di Malang Raya. Pasalnya, untuk jam operasional akan dibatasi.

“Puasa begini kami boleh buka pukul 15.00 dan tutup lebih awal. Hanya bisa bersabar,” ujarnya.

[Baca Juga: Jelang PSBB Malang Raya, Ini Lokasi Pos yang Dijaga Ketat]

Rahayu mengaku semua pelaku usaha kecil di Kota Malang mulai banting setir. Anggota asosiasi yang kebanyakan adalah pemilik pusat oleh-oleh dan suvenir itu tidak ada pembeli. Karena tidak ada orang dari daerah lain yang datang ke Malang untuk berlibur. Padahal Malang ada salah satu kota wisata di Jawa Timur.

“Untung ada momen puasa dan lebaran walau tidak ada mudik. Pelaku UMKM banting setir jadi penjual kue kering dan kebutuhan lebaran lainnya. Alhamdulillah masih tertolong dengan cara penjualan online,” tandasnya.

Begini Trik Supir Ojol Akali COVID-19 Ketika Terima Pesanan Kuliner

Rahayu mengaku tidak bisa berbuat apa-apa dan hanya bisa pasrah. Bertahan dengan kondisi yang ada sambil terus berdoa agar pandemi ini bisa berakhir.

Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana mengatakan, sejak awal pihaknya tidak banyak dilibatkan dalam perumusan PSBB di Malang Raya. Saat rapat di Bakorwil Malang pun tidak diundang.

Namun pihaknya mempunyai beberapa catatan yang harus diperhatikan pemerintah Kota Malang. Antara lain, sosialisasi yang maksimal di masyarakat agar penerapan PSBB ini diketahui semuanya.

[Baca Juga: Selama Ibadah Ramadan, Warga Malang Tetap Jalani Protokol Kesehatan]

Selanjutnya, masalah sosial ekonomi harus diselesaikan dahulu. Semua bentuk bantuan untuk masyarakat harus didistribusikan. “Agar PSBB bisa berjalan efektif dan tidak merugikan masyarakat,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan, jangan sampai ada gesekan atau masalah sosial di kalangan masyarakat. “Intinya bantuan untuk masyarakat selesaikan dulu,” tegasnya.

Made juga meminta aparat mengedepankan pendekatan humanis dan persuasif, bukan represif dalam pelaksanaan PSBB nanti. Jangan sampai, imbuhnya, penerapan PSBB ini akan menambah beban masyarakat yang saat ini sudah repot.


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 3 months lalu
    anisa

    Di masa pandemi corona saat ini pasti merasakan jenuh atau bosan karna #dirumahaja dan ga bisa kemana-mana ? inilah solusi yang tepat untuk anda dan bisa lsg buka di google,lalu search atau cari QQHARIAN guys. Karna disitu bisa usir rasa jenuh anda dgn bermain game online. lagian juga ada promo serta banyak hadiah yang Wow,tergila,tergokil,ternyala dan pastinya bukan kaleng2 guys.