UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bansos Berdampak Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

Bisnis

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bantuan Modal, Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

Antrean warga untuk mendaftar program bansos UMKM berdampak pada pelayanan pembukaan rekening baru di perbankan Himbara di Solo dan sekitarnya. Antrean warga untuk mendaftar sebagai calon penerima bantuan sosial atau bansos UMKM yang memadati Kantor Dinkop UKM Solo berdampak pada pelayanan pembukaan rekening di perbankan Himbara di Solo dan sekitarnya.

Ini tak terlepas dari salah satu syarat yang mesti dipenuhi pelaku UMKM untuk bisa mengajukan bantuan, yakni memiliki rekening di bank BUMN. Tak pelak, warga juga mengantre di kantor cabang atau pun unit bank BUMN, seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN.

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bansos Berdampak Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

Asisten Manajer Operasional Bank BRI Kantor Cabang Slamet Riyadi Solo Fransisca Sri mengatakan, cukup terkejut dengan banyaknya warga yang beramai-ramai ke bank untuk membuka rekening baru sejak Senin, 10 Agustus 2020.

“Tahu-tahu banyak nasabah datang untuk buka rekening baru. Selama nasabah datang kami layani sampai di luar jam operasional kami sebenarnya. Rata-rata per hari ada 125 orang di sini, ini belum di unit kami sebanyak 22 unit yang melayani rata-rata 40-50 rekening baru per hari,” papar Fransisca seperti diberitakan solopos.com (13/8/2020).

[Baca Juga: Apindo Surakarta Sambut Positif Wacana New Normal]

Fransisca menjelaskan, sebenarnya pelayanan sehari-hari untuk teller hingga pukul 15.00 WIB, sementara customer service hingga pukul 15.30 WIB. Namun demikian, demi memberikan pelayanan terbaik BRI memberlakukan pengambilan antrean nasabah hingga pukul 15.00 WIB.

Dilayani Hingga Rampung

Para nasabah yang mengantre hari tersebut bakal dilayani hingga rampung. “Kami mau menolak juga tidak mungkin, jadi kami buka pelayanan dengan pengambilan nomor antrean sampai pukul 15.00 WIB. Kami sediakan kursi tambahan untuk nasabah menunggu di luar karena tidak mungkin memasukkan semuanya di dalam. Di masa seperti ini kami berlakukan pembatasan jumlah tempat duduk dan antrean baik di teller maupun CS,” paparnya.

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bansos Berdampak Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

Di sisi lain, untuk mengakses bansos tersebut pemilik UMKM Solo harus memenuhi sejumlah kriteria yang wajib dilampirkan saat pengajuan pendaftaran. Ketentuannya adalah memiliki usaha mikro minimal enam bulan lamanya dan menjadi nasabah perbankan BUMN dengan saldo simpanan di bawah Rp2 juta.

Sedangkan persyaratannya, yakni melampirkan fotokopi KTP asli Solo, fotokopi KK asli Solo, fotokopi buku rekening bank sesuai dengan nama pemohon, fotokopi printout dari bank per Juli 2020 dengan nominal saldo di bawah Rp2 juta.

[Baca Juga: Mal di Solo Optimalkan Layanan Pesan-Antar Selama Pandemi COVID-19]

Selain itu fotokopi izin usaha mikro (IUMK) atau surat domisili usaha dari kelurahan, dan foto produk atau foto tempat usaha. Pemohon juga mesti mengisi formulir yang bisa diunduh melalui situs dinkop.surakarta.go.id.

Salah satu pelaku UMKM Solo, Atma, mengakui syarat dan ketentuan untuk mendapat bansos itu benar-benar diberlakukan, masyarakat tidak bisa apus-apus alias mengakali. “Kan yang diterima cuma rekening bank BUMN dan print per Juli. Kalo mau apus-apus ya enggak bisa. Misalnya buka rekening baru bank BUMN. Ini kan sudah Agustus,” jelasnya.

Bantuan Modal UMKM

Seperti diberitakan, pemerintah pusat memberikan bantuan modal untuk UMKM senilai Rp2,4 juta. Bantuan ini diberikan dengan berbagai persyaratan.

Saat ini pendaftaran untuk calon penerima baksos UMKM di Solo tersebut sudah memasuki tahap II. Sejak pendaftaran dibuka Senin (10/8/2020) lalu, antrean pelaku UMKM membeludak di Kantor Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Solo.

Antrean itu membuat kerumunan dan sebagian mengabaikan protokol kesehatan. Hal itu sempat membuat warga khawatir akan munculnya klaster baru persebaran COVID-19. Akibatnya, Kamis, 13 Agustus 2020, pendaftaran calon penerima bantuan UMKM Solo dipindahkan ke Lapangan Kota Barat tepat di depan Kantor Dinkop UKM Solo.

Read More

Artikel Lainnya

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital.jpg

Kesehatan

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital

24 September 2020, 18:28

Dengan tren mengalihkan kegiatan kebugaran dari gym ke rumah di masa pandemi seperti sekarang, R Fitness baru-baru ini meluncurkan kelas digitalnya.

LanggananDisney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

Bisnis

Langganan Disney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

24 September 2020, 16:09

OVO sebagai platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terkemuka berkolaborasi dengan Disney+ Hotstar dan Spotify untuk memberikan kemudahan akses hiburan selama pandemi.

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia.jpg

Hobi dan Hiburan

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia

24 September 2020, 15:06

Usai sukses menggelar konser drive-in, Berlian Entertainment siap kembali menghadirkan konser dengan konsep unik di tengah pandemi COVID-19.

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation.jpg

Pendidikan

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation

24 September 2020, 14:08

Guru Digital dihadirkan Garena, YCAB Foundation dan DJ Alok demi mendorong keterampilan digital generasi muda di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.