ads
SERPONG_PENDIDIKAN_UMN MEMBUKA PROGRAM PEMINATAN BIG DATA ANALYTICS_ICHWAN_REVISI 01-01.jpg

Pendidikan

UMN Membuka Program Peminatan Big Data Analytics

Besarnya jumlah data yang yang beredar di era digital dan seiring makin pentingnya perana data, kebutuhan akan sumber daya manusia yang andal untuk menganalisis pun semakin tinggi. Namun sayangnya, meski permintaan tinggi, Indonesia dinilai masih kekurangan tenaga data scientist. Menyadari hal itu, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) membuka peminatan baru big data analytics di Program Studi Sistem Informasi.

Wakil Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Andrey Andoko mengungkapkan adanya gap antara kebutuhan dan ketersediaan sumber daya manusia data scientist dikarenakan kebutuhannya besar, namun institusi-institusi pendidikan yang menghasilkan tenaga data scientist masih terbilang langka.

“Ada yang menyatakan bahwa data is the new oil. Data menjadi sebuah harta karun yang nilainya luar biasa karena dapat diolah dan didapatkan berbagai macam informasi yang sangat berguna untuk kepentingan bisnis. Sedangkan institusi yang menciptakan data scientist masih sedikit dan itu yang menimbulkan gap yang harus dipenuhi kebutuhannya,” kata Andrey di Universitas Multimedia Nusantara, Jumat (13/7/2018).

Presiden Joko Widodo dalam sebuah kegiatan bertema bisnis digital memprediksi Indonesia bisa menjadi pasar potensial e-commerce terbesar pada 2020. Sehingga sumber daya manusia data scientist menjadi sangat diperlukan dalam industri ini. Sementara itu, riset McKinsey & Company, pada tahun 2018 diperkirakan ada kebutuhan 140 ribu sampai 190 ribu data scientist yang harus dipenuhi. Sementara perusahaan IBM juga memperkirakan akan ada kenaikan kebutuhan data scientist hingga 28 persen pada tahun 2020.

Melihat kebutuhan yang besar itu, UMN melakukan terobosan. Salah satunya dengan membuka peminatan big data analytics. “UMN menyikapinya dengan membukan peminatan big data analytics di Program Studi Sistem Informasi. Diharapkan lulusan dapat terjun sebagai data scientist dan bisa berkontribusi bagi perusahaan tempatnya berkerja,” jelasnya.

Kurikulum Peminatan Big Data Analytics

Dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Wira Munggana menjelaskan kurikulum UMN sudah dirancang untuk dapat mencetak lulusan-lulusan yang memiliki kompetensi di bidang analisis big data.

“Kami merancang kurikulum yang komprehensif, mulai dari penyiaran dan pembersihan data, pembangunan data, warehouse, sampai dengan data analisis dan visualisasi data untuk menjawab tantangan di dunia bisnis. Bahkan secara khusus, kami membuka peminatan big data analytics,” terang Wira.

Untuk mempertajam kurikulum itu, UMN menyediakan lab data untuk melakukan pengujian modul-modul lab mata kuliah terkait analisis data, riset mahasiswa dan dosen dalam bidang analisis data. Di dalamnya terdapat PC dan IMac dengan spesifikasi tinggi, server untuk melakukan pengolahan data yang berukuran besar dan layar LCD besar untuk menampilkan visualisasi (dashboard) data.

Terobosan lainnya, UMN membuat tech incubator dengan Skystar Ventures yang membuat program belajar big data bernama DQLab. Program DQLab adalah pembelajaran data science berbasis project yang dirancang oleh praktisi industri dengan menggunakan studi kasus dan dataset yang secara langsung dapat diterapkan untuk kebutuhan industri.

Program DQLab ini dibuat secara praktikal dan aplikatif yang didekatkan dengan Industri. Para pesertanya akan diajarkan kompetensi tiga bidang fundamental yaitu statistika, bahasa pemograman, dan konteks bisnis variatif. Program dari UMN ini akan berlangsung selama enam bulan dan berbasis project secara online dengan lebih 300 komunitas praktisi industri dan data.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

Kuliner

Mi yang Enak Menurut Pencerita Kuliner

22 March 2019, 11:00  |  10 Views

Menurut pencerita kuliner Ade Putri Paramadita mi yang enak bergantung pada empat hal. Simak penjelasannya berikut ini.

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

Kesehatan

Kasus Obesitas di Indonesia Banyak Dialami Usia Muda

22 March 2019, 12:00  |  4 Views

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan bahwa penduduk dewasa berusia di atas 18 tahun yang mengalami obesitas sebesar 21,8 persen dan meningkat dari tahun 2013.

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia

Berita Kawasan

Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia, Bukan untuk Jual Beli

22 March 2019, 10:00  |  25 Views

Penjual hewan biasanya ikut komunitas hobi untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. Tidak demikian di Komunitas Pecinta Kura-kura Indonesia yang melarang jual-beli.

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

Kesehatan

Cara Mencegah Demensia Sejak Dini

22 March 2019, 14:00  |  5 Views

Mencegah demensia sejak awal adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan otak. Tidak perlu menunggu hingga usia 65 tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.

ads