SERPONG_PENDIDIKAN_UMN MEMBUKA PROGRAM PEMINATAN BIG DATA ANALYTICS_ICHWAN_REVISI 01-01.jpg

Pendidikan

UMN Membuka Program Peminatan Big Data Analytics

Besarnya jumlah data yang yang beredar di era digital dan seiring makin pentingnya perana data, kebutuhan akan sumber daya manusia yang andal untuk menganalisis pun semakin tinggi. Namun sayangnya, meski permintaan tinggi, Indonesia dinilai masih kekurangan tenaga data scientist. Menyadari hal itu, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) membuka peminatan baru big data analytics di Program Studi Sistem Informasi.

Wakil Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Andrey Andoko mengungkapkan adanya gap antara kebutuhan dan ketersediaan sumber daya manusia data scientist dikarenakan kebutuhannya besar, namun institusi-institusi pendidikan yang menghasilkan tenaga data scientist masih terbilang langka.

“Ada yang menyatakan bahwa data is the new oil. Data menjadi sebuah harta karun yang nilainya luar biasa karena dapat diolah dan didapatkan berbagai macam informasi yang sangat berguna untuk kepentingan bisnis. Sedangkan institusi yang menciptakan data scientist masih sedikit dan itu yang menimbulkan gap yang harus dipenuhi kebutuhannya,” kata Andrey di Universitas Multimedia Nusantara, Jumat (13/7/2018).

Presiden Joko Widodo dalam sebuah kegiatan bertema bisnis digital memprediksi Indonesia bisa menjadi pasar potensial e-commerce terbesar pada 2020. Sehingga sumber daya manusia data scientist menjadi sangat diperlukan dalam industri ini. Sementara itu, riset McKinsey & Company, pada tahun 2018 diperkirakan ada kebutuhan 140 ribu sampai 190 ribu data scientist yang harus dipenuhi. Sementara perusahaan IBM juga memperkirakan akan ada kenaikan kebutuhan data scientist hingga 28 persen pada tahun 2020.

Melihat kebutuhan yang besar itu, UMN melakukan terobosan. Salah satunya dengan membuka peminatan big data analytics. “UMN menyikapinya dengan membukan peminatan big data analytics di Program Studi Sistem Informasi. Diharapkan lulusan dapat terjun sebagai data scientist dan bisa berkontribusi bagi perusahaan tempatnya berkerja,” jelasnya.

Kurikulum Peminatan Big Data Analytics

Dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Wira Munggana menjelaskan kurikulum UMN sudah dirancang untuk dapat mencetak lulusan-lulusan yang memiliki kompetensi di bidang analisis big data.

“Kami merancang kurikulum yang komprehensif, mulai dari penyiaran dan pembersihan data, pembangunan data, warehouse, sampai dengan data analisis dan visualisasi data untuk menjawab tantangan di dunia bisnis. Bahkan secara khusus, kami membuka peminatan big data analytics,” terang Wira.

Untuk mempertajam kurikulum itu, UMN menyediakan lab data untuk melakukan pengujian modul-modul lab mata kuliah terkait analisis data, riset mahasiswa dan dosen dalam bidang analisis data. Di dalamnya terdapat PC dan IMac dengan spesifikasi tinggi, server untuk melakukan pengolahan data yang berukuran besar dan layar LCD besar untuk menampilkan visualisasi (dashboard) data.

Terobosan lainnya, UMN membuat tech incubator dengan Skystar Ventures yang membuat program belajar big data bernama DQLab. Program DQLab adalah pembelajaran data science berbasis project yang dirancang oleh praktisi industri dengan menggunakan studi kasus dan dataset yang secara langsung dapat diterapkan untuk kebutuhan industri.

Program DQLab ini dibuat secara praktikal dan aplikatif yang didekatkan dengan Industri. Para pesertanya akan diajarkan kompetensi tiga bidang fundamental yaitu statistika, bahasa pemograman, dan konteks bisnis variatif. Program dari UMN ini akan berlangsung selama enam bulan dan berbasis project secara online dengan lebih 300 komunitas praktisi industri dan data.

Read More

Artikel Lainnya

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.

Pebisnis Louhan 1.jpg

Bisnis

Cerita Pebisnis Ikan Louhan, Berawal dari Hobi Hingga Untung Jutaan Rupiah

10 April 2021, 16:09

Memiliki keunikan tersendiri, ikan louhan diminati banyak orang. Ada yang menjadi hiasan di rumah, sampai menjadikannya peluang usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.