Unair Ceritakan Perjuangan Selama Pandemi di Pameran Arsip Pandemi COVID-19.jpg

Pendidikan

Unair Ceritakan Perjuangan Selama Pandemi di Pameran Arsip Pandemi COVID-19

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, saat ini Universitas Airlangga (Unair) tengah menggelar Pameran Arsip Pandemi COVID-19 di Balai Pemuda Alun-Alun Surabaya. Di mana pameran ini pada dasarnya memberikan kesempatan kepada publik untuk kembali mengingat serta mengenang momen awal di pandemi COVID-19, termasuk melihat perjuangan para tenaga kesehatan serta para peneliti di Tanah Air dalam rangka menekan penyebaran penyakit yang disebabkan virus Corona itu. Pada pameran yang digelar hingga 12 Januari 2023, Unair tak lupa menunjukan sekaligus menceritakan bagaimana andil perguruan tinggi tersebut selama pandemi.

Salah satu kisah perjuangan Unair di masa awal pandemi COVID-19 dipaparkan oleh Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Universitas Airlangga dr Alifan Nur Rosyid, Sp.P. Pada sesi talkshow sekaligus diskusi yang digelar di Pameran Arsip Pandemi COVID-19, Alfian mengungkapkan bahwa dirinya menjadi anggota Satgas Penanganan COVID-19 dan salah satu rintangan utama yang ia hadapi adalah masih banyaknya masyarakat yang menganggap pandemi ini hanyalah konspirasi semata.

Unair Ceritakan Perjuangan Selama Pandemi di Pameran Arsip Pandemi COVID-1 9.jpg

Kondisi ini semakin diperparah dengan pasien positif yang berada dalam kondisi denial dan enggan dirawat padahal bukti swab yang menunjukan bahwa dirinya terkonfirmasi terkena COVID-19. Bahkan ada juga satu keluarga pasien yang menurut dr Alfian membawa LSM untuk membantu membantah hasil diagnosa positif itu. “Awalnya dia (LSM) datang untuk membela pasien. Kemudian kita jelaskan, dan mereka akhirnya berbalik memberikan kepercayaan,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari Unair.ac.id (6/1/2023).

Cerita selanjutnya datang dari vaksin Merah Putih atau Invac yang merupakan hasil dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Unair yang berasal dari gagasan Prof. Dr. Fedik Abdul Rantam DVM. Guru Besar FKH Unair itu memaparkan bahwa butuh perjungan panjang untuk menghasilkan vaksin Inavac dengan Unair harus bekerjasama dengan PT Biotis untuk mengisolasi 29 virus demi mencari sampel terbaik. Sedikit banyak proses pengujian sampel vaksin ini membutuhkan 17 tahapan sehingga tak ayal berbagai hambatan muncul. Tapi berkat dukungan pemerintah, vaksin ini pun akhirnya bisa digunakan untuk masyarakat.

[Baca Juga: Ingat Perjuangan Lawan COVID-19, Unair Gelar Pameran Dokumentasi Pandemi]

Kemudian ada juga produk hand sanitizer yang pada awal masa pandemi kerap ludes diborong masyarakat dan ini mendorong lahirnya hand sanitizer Unair. Di mana produk sanitasi ini dibuat oleh Fakultas Farmasi Unair dengan pemotornya adalah Prof. Dr. Retno Sari. Guru Besar Farmasi Unair itu memanfaatkan daun sirih yang kemudian dikembangkan serta menggandeng mahasiswa untuk pemubatannya. Kemudian hand sanitizer inilah yang disalurkan ke fakultas-fakultas di perguruan tinggi itu untuk digunakan warga kampus saat beraktivitas selama masa pandemi di area kampus.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.