Unair Hadirkan Konsep Green Building di Gedung Kuliah Bersam a.jpg

Properti dan Solusi

Unair Hadirkan Konsep Green Building di Gedung Kuliah Bersama

Konsep green building atau bangunan hijau bukanlah sesuatu yang baru tapi memang bisa dikatakan belum terlalu umum digunakan di Indonesia. Di mana pada dasarnya, konsep ini diterapkan pada bangunan yang dalam proses desain hingga pengoperasiannya dapat membantu memberikan dampak positif terhadap iklim serta lingkungan. Menariknya, konsep ini ternyata dicoba diterapkan di salah satu bangunan yang berada di lingkungan kampus Universitas Airlangga atau Unair.

Konsep bangunan hijau ini bisa Anda lihat di rooftop garden yang berada di lantai 12 Gedung Kuliah Bersama Kampus MERR C Unair. Perguruan tinggi negeri di Kota Surabaya itu mengungkapkan bahwa life cycle dari taman ini benar-benar menerapkan konsep dari green building dan memang memanfaatkan bagian atap dari kampus MERR C yang sebelumnya dianggap terbengkalai dan hanya menjadi tempat menaruh mesin-mesin AC di gedung.

Unair Hadirkan Konsep Green Building di Gedung Kuliah Bersama.jpg

Dengan konsep yang minimalis, rooftop garden ini dihiasi dengan beberapa tanaman yang diletakkan dengan memanfaatkan ruang-ruang secara optimal yang ada di atap gedung tapi tetap indah secara estetika. Dengan tanamannya disusun di tiga deretan kecil dengan posisi diagonal yang terdiri dari pohon palem kuning, duranta hijau, damiana putih, dan ixora merah.

[Baca Juga: Pentingnya Hunian Inklusif Tatkala Pandemi]

Kemudian disediakan juga jalan setapak yang dihiasi rumput sintetis bagi sivitas akademika yang sedang berkunjung ke taman ini. Dari sisi manfaat untuk lingkungannya, konsep green building yang paling terasa dari taman ini adalah kemampuan untuk menjadi area resapan air hujan yang mampu menyalurkannya masuk ke dalam tanah. Tak lupa area yang terbuka dengan mayoritas pencahayaan datang dari sang mentari semakin menambah kesan hemat energi di area tersebut.

Dari sisi interiornya, pihak Unair memasang keramik bermotif kayu dan jendela tembus pandang yang bisa membuat Anda yang berkunjung melihat langsung pemandangan kota serta area kampus Unair. Kemudian ada juga enam set meja dengan masing-masing dua bangku kayu dengan pelindung di bagian atasnya untuk melindungi mahasiswa yang ingin berdiskusi atau sekadang nongkrong di sana tanpa perlu kekhawatiran paparan sinar matahari yang terik serta tetesan air hujan. Saat malam hari, rooftop garden ini juga bertambah menarik perhatian berkat lampu-lampu yang bergantung di atas kanopinya.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.