Universitas Diponegoro UNDIP Semarang

Pendidikan

Undip Putuskan Masih Kuliah Daring Satu Semester ke Depan

Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Yos Johan Utama mengatakan, perkuliahan di Undip masih akan dilaksanakan secara daring selama satu semester ke depan. Hal itu dikatakannya usai memimpin wisuda ke-158 Undip yang juga digelar daring, Selasa (16/6/2020).

Yos menjelaskan, keputusan tersebut sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim terkait pelaksanaan perkuliahan di masa pandemi COVID-19. “Sesuai dengan petunjuk Mendikbud, masih akan dilaksanakan secara daring,” tuturnya, dikutip dari antaranews.com (17/6/2020).

Undip Putuskan Masih Kuliah Daring Hingga Enam Bulan ke Depan.jpg

Untuk pelaksanaan kuliah praktik, pihak Undip memutuskan untuk menggesernya di tahun 2021. “[Kuliah] praktik kita geser tahun 2021. Kalau dipaksakan sekarang riskan sekali,” ungkap Yos, mengutip detik.com (17/6/2020). Di samping berisiko, menurut pemaparan Yos, praktik menggunakan alat atau di lapangan akan terkendala dalam pelaksanaan kuliah daring. Misalnya, praktik yang berkaitan dengan alat medis. Selain perkuliahan, wisuda Undip periode Agustus dan Oktober mendatang masih akan dilaksanakan secara daring.

[Baca Juga: Univeritas Negeri Semarang Beri Keringanan Pembayaran UKT]

Saat momen itu pula, sang rektor menyampaikan bahwa pihak kampus menyiapkan mekanisme pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 yang aman dari risiko penyebaran Virus Corona baru.

Dalam mekanisme yang dirancang Undip untuk pelaksanaan UTBK, peserta ujian nantinya tidak diperkenankan turun dari kendaraan saat mengecek lokasi ujian. Lalu, pada hari pelaksanaan UTBK, para pengantar peserta tidak diperkenankan menunggu di kompleks kampus Undip.

“Jadi, nanti pesertanya turun, yang mengantar tidak boleh menunggu di dalam kampus,” lanjut sang rektor.

Akan tetapi, kata Yos, pihaknya masih menunggu rekomendasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tingkat kota dan provinsi mengenai penyelenggaraan UTBK di tengah pandemi COVID-19.

[Baca Juga: Berharap Ekonomi Pulih, Pemkot Semarang Buka Kembali Ruas Jalan]

Hingga Rabu (17/6/2020), di kota kampus ini berdiri, Semarang, masih terdapat 248 kasus positif COVID-19. Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang masih dipantau sebanyak 362 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang tengah menunggu hasil tes swab berjumlah 258 orang.

Sementara itu, pasien COVID-19 yang meninggal dunia tercatat sebanyak 92 orang dan yang dinyatakan sembuh 422 orang.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.