Undip Tengah Bersiap Buka Program S2 Teknik Kelautan .jpg

Pendidikan

Undip Tengah Bersiap Buka Program S2 Teknik Kelautan

Universitas Diponegoro atau Undip saat ini disebut sedang melakukan persiapan untuk menghadirkan program magister atau Strata-2 (S2) terbarunya, yakni Teknik Kelautan. Di mana program ini menjadi bagian dari Program Studi (Prodi) Teknik Perkapalan Undip. Jika sesuai rencana dan jadwal dari Undip, program S2 Teknik Kelautan secara resmi akan mulai dibuka kelasnya pada tahun 2022. Hadirnya program magister ini disebut sejalan dengan akreditasi yang sudah diembankan kepada Prodi Teknik Perkapalan Undip.

Penjelasan mengenai persiapan pembukaan Program Magister Teknik Kelautan ini dibenarkan Kepala Departemen dan Kaprodi Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Undip Dr Eng Hartono Yudo ST MT. Dirinya menjelaskan, prodi yang dipimpinnya sudah mendapatkan akreditas A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sehingga mendukung pembukaan program S2 tapi pihaknya masih belum bisa membuka program ini di tahun ini dan 2021.

Undip Tengah Bersiap Buka Program S2 Teknik Kelautan.jpg

“Kami menjadi bagian dari fakultas teknik, prioritasnya tahun ini adalah perbaikan akreditasi prodi lain agar semuanya bisa memperoleh Akreditasi A. Karena itu target pembukaan magister teknik kelautan kita jadwlkan tahun 2020,” jelas Kaprodik Teknik Perkapalan itu, sebagaimana dikutip dari undip.ac.id (16/11/2020).

Saat ini proses pematangan persiapan menghadirkan Program Magister Teknik Kelautan masih dalam pengajuan proposalnya yang harus mendapatkan dukungan dari Fakultas Teknik dan universitas. Persiapan yang matang ini dibutuhkan dalam rangka memuluskan proses pengajuan izin kepada pemerintah. Lalu dari sisi internalnya, Prodi Teknik Perkapalan sudah melakukan persiapan kurikulum, dosen pengampu (saat ini baru ada enam dosen dengan gelar doktor), dan sosialisasi kepada masyarakat.

[Baca Juga: Undip Putuskan Masih Kuliah Daring Satu Semester ke Depan]

Lalu dari sisi kurikulumnya, Prodi Teknik Perkepalan Undip juga sudah merancang Rencana Pembelajaran Semester atau RPS per semesternya di Magister Teknik Kelautan dengan konsentrasi kajiannya pada tiga bidang. Di mana bidang itu terdiri dari Teknologi Perikanan Tangkap, Teknologi Kapal Cepat Non Konvensional, dan Teknologi Transport Antar Pulau.

Pihak Prodi Teknik Perkapalan Undip sudah menargetkan siapa saja yang nantinya diharapkan ikut dalam program magister terbarunya yang rencananya dibuka pada tahun 2022 tersebut. “Untuk pangsa pasar S2 kita harapkan dari perhubungan laut, dosen, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Biro Klasifikasi Indonesia dan dari perusahaan galangan kapal. Masing-masing target sudah disusun RPS-nya,” tambah Kepala Departemen dan Kaprodi Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Undip tersebut.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.