Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

Bila mendengar ceker ayam sebagai bahan baku, mayoritas masyarakat akan langsung berasumsi ini merupakan bahan dari makanan. Dari mulai keripik ceker ayam yang populer sebagai kudapan sampai ceker ayam yang disajikan di dimsum. Namun ada seorang entrepreneur di Kota Bandung yang justru melirik ceker ayam sebagai bahan baku pembuatan produk sepatu brand miliknya alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau kulit reptile lalinnya yang memang populer sebagai bahas dasar pembuatan sepatu kulit. Nama brand dengan produk unik ini adalah Hirka Shoes.

Brand yang memiliki akun Instagram @hirka.official ini memiliki penjelasan pendek di deskripsinya yang menggambarkan bagaimana branding dari produk sepatu di sini, yaitu “Chicken Feet Leather Shoes, First in the World!” (sepatu kulit kaki ayam yang pertama di dunia). Tentu saja bahan baku penggunaan ceker ayam ini membuat brand yang bermarkas di Jalan Moh.Toha Gang Subur Nomor 20, Ciegelereh, Kecamatan Regol itu sebagai salah satu brand kebanggaan Kota Bandung.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ay am.jpg

Usut punya usut awal kehadiran dari sepatu dari ceker ayam ini dicetus oleh pemilik Hirka Shoes Nurman Farieka Ramdhany pada tahun 2018. Di mana Nurman yang sebenarnya sudah berkali-kali mencoba mendirikan usaha tapi mengalami kegagalan itu akhirnya memutuskan membangun Hirka dengan bisnis awlanya berfokus di produk sepatu kanvas. Seiring berjalannya waktu, ia juga ingin membuat sepatu dengan bahan baku yang berbeda dengan yang lain dan ia pun akhirnya melirik penelitian ayahnya saat berkuliah dulu terkait pengembangan kulit ceker ayam sebagai bahan baku.

[Baca Juga: Rekomendasi Toko Sepatu di Bandung]

Sebagaimana dilansir dari Bandung.go.id (1/10/2022), sepatu yang dihadirkan di sini modelnya terdiri dari pantofel, sneaker, serta custom dan proses pembuatan membutuhkan waktu yang terbilang panjang. Prosesnya diawali dengan pengeringan kulit ceker ayam yang memakan waktu 10 hari dan barulah setelah itu proses mengubahnya menjadi upper, menyusunnya, serta proses lasting. Lalu setelah itu untuk menjadikannya satu pasang sepatu yang siap jual membutuhkan waktu sehari lebih. Dalam waktu sebulan, brand ini kira-kira bisa memproduksi hingga 150 pasang sepatu.

Harga sepatu yang dijual di sini pun ada beragam dengan sneaker dimulai dari harga Rp500.000, sedangkan untuk pantofel dibanderol dimulai dari Rp2.000.000. Untuk saat ini, Hirka Shoes menjual produknya secara daring melalui marketplace dan platform digital serta sara luring di gerainya dengan konsumen yang sudah mencapai ke Negeri Jiran serta Negeri Sakura.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.