Unik Pemukiman di Penjaringan Disemprot Disinfektan dengan Drone

Berita Kawasan

Unik! Pemukiman di Penjaringan Disemprot Disinfektan dengan Drone

Seperti pemerintahan daerah lainnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara juga kerap melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kawasannya dalam rangka menekan penyebaran Virus Corona penyebab COVID-19. Dengan baru-baru ini yang menjadi target disinfeksi adalah di pemukiman Kecamatan Penjaringan. Namun menariknya adalah baru-baru ini proses penyemprotan cairan disinfektannya terbilang tak konvensional, mengingat Pemkot Jakarta Utara mengerahkan drone untuk melakukannya.

Rencana penyemprotan ini sudah dipaparkan pada 28 Maret 2020 dengan pelaksanaanya pada 29 Maret 2020. Layaknya disinfeksi di wilayah lainnya, kegiatan ini ditujukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus SARS-CoV-2. Tapi dengan kawasan pemukiman di Kelurahan Pluit dan Kelurahan Kamal Muara yang terbilang padat, maka Pemkot Jakarta Utara mencari solusi penyemprotan dari udara.

Unik Pemukiman di Penjaringan Disemprot Disinfektan dengan Drone

Sehingga Pemkot Jakarta Utara memandang penggunaan drone dapat efektif untuk menyemprotkan cairan disinfektan dari udara. Di mana para warganya diminta untuk tetap berada di dalam rumah dan tidak bergerombol saat proses disinfeksi di pemukiman mereka dilakukan. Dengan setiap lokasi yang disemprot disinfektan dibutuhkan waktu kira-kira satu jam.

[Baca Juga: Penyemprotan Chlorine Ke Seluruh Tubuh Tak Efektif Bunuh Virus Corona]

Menurut penjelasan Camat Penjaringan Depoka Romida, penyemprotan disinfektan ini dilakukan atas kerjasama dengan pihak Pemkot Jakarta Utara serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta yang menggandeng PT Nusa Indonesia. Lokasinya yang dipilih terbagi menjadi dua kawasan pemukiman di Pluit dan satu di Kamal Muara.

“Yang disemprot itu jalanan dan halaman rumah. Untuk jalanan menggunakan cara biasa, untuk halaman menggunakan drone. Dan penggunaan drone ini baru pertama kali kita lakukan,” ujar Camat Penjaringan tersebut, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (29/30/2020).

[Baca Juga: Lakukan Disinfeksi Cegah Covid-19, Ini Alokasi Biaya PMI Depok]

Terkait penyemprotan disinfektan, di antara semua kawasan lain di Jakarta Utara, ada satu wilayah yang akan rutin dilakukan proses disinfeksi. Menurut Pemkot Jakarta Utara, lokasi yang dimaksud adalah Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok. Karena titik ini penting sebagai lokasi keluar-masuknya barang sehingga dipastikan harus steril dan aman.

“Kegitan disinfeksi akan terus dikerjakan dengan harapan bisa memperlambat penyebaran COVID-19 di wilayah Jakarta Utara. Hari ini difokuskan pada kawasan Pelabuhan Tanjung Priok yang merupakan lokasi distribusi logistik dan peralatan kesehatan sehingga harus terus beroperasi,” ujar Wali Kota Jakarta Sigit Wijatmiko ketika apel disinfeksi di Lapangan Promoter Polres Pelabuhan Tanjung Priok (28/3/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusu s.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusus

27 September 2022, 16:37

Maybelline baru-baru ini meluncurkan lipcream Superstay Matte Ink dengan delapan shade warna yang terinspirasi dari empat karakter perempuan di mobile game Free Fire.

Biasakan Transportasi Ramah Lingkungan, Kota Bogor Hadirkan Sepeda Listri k.jpg

Berita Kawasan

Biasakan Transportasi Ramah Lingkungan, Kota Bogor Hadirkan Sepeda Listrik

27 September 2022, 14:34

Kota Bogor disebut sebagai kota pertama di Indonesia yang berkolaborasi dengan Beam dalam menghadirkan sepeda listrik yang bisa disewa masyarakatnya.

Bertempat di PIM 3, JFW 2023 Digelar Secara Offlin e.jpg

Kecantikan dan Fashion

Bertempat di PIM 3, JFW 2023 Digelar Secara Offline

27 September 2022, 11:32

Jakarta Fashion Week diumumkan kembali digelar tahun ini dengan acara yang digelar secara luring di venue yang berlokasi di Pondok Indah Mall 3.

Healing di Alam Surabaya, Romokalisari Adventure Land Dibuka untuk Publik.jpg

Hobi dan Hiburan

Healing di Alam Surabaya, Romokalisari Adventure Land Dibuka

26 September 2022, 18:15

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Surabaya secara resmi meluncurkan wisata alam baru yang menggabungkan sejumlah wahana seru.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di bola165 ,org rasakan sensasinya guuuys......