Unik! Pendonor Darah di Sini Dapat Beras 3 Kg .jpg

Kesehatan

Unik! Pendonor Darah di Sini Dapat Beras 3 Kg

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, salah satu dampak dari pandemi COVID-19 yang sudah selama berbulan-bulan membayangi wilayah Ibu Kota adalah menipisnya stok darah. Oleh karena itulah Palang Merah Indonesia (PMI) kerap bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menggelar kegiatan donor darah. Dalam mendukung usaha PMI ini, Komunitas Sahabat Donor Darah memiliki cara unik agar dapat menggandeng lebih banyak masyarakat untuk mau menyumbangkan darahnya dan cara yang dipilih adalah dengan memberikan beras tiga kilogram (kg).

Kegiatan bertajuk Aksi Nyata Donor Darah ini digelar Komunitas Sahabat Donor Darah bersama PMI. Di mana jika sesuai dengan spanduk sepanjang tiga meter yang dibentangkan di depan kantor PMI Jakarta Barat maka kegiatan ini akan digelar selama lima kali setiap hari Minggu pada bulan November ini yang dimulai pada 1 November kemarin.

Unik! Pendonor Darah di Sini Dapat Beras 3 Kg.jpg

Komunitas Sahabat Donor Darah disebut memang rutin menggelar kegiatan sukarela ini setiap tahun di markas PMI Jakarta Barat yang berlokasi di Jalan Perdana No.12, Kelurahan Wijaya Kusuma, Kecamatan Grogol Petamburan. Komunitas ini juga telah mempersiapkan puluhan bungkus beras berbobot tiga kg sebagai souvenir demi memberikan apresiasi kepada 40 pendonor pertama yang datang untuk menyumbangkan darah mereka dalam Aksi Nyata Donor Darah.

“Kami melaksanakan kegiatan ini dalam upaya membantu PMI dalam penyediaan stok darah yang mengalami penurunan saat pandemi COVID-19,” jelas Koordinator Komunitas Sahabat Donor Darah Hendra, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (1/11/2020).

[Baca Juga: Bantu PMI, Wali Kota Jakarta Barat Instuksikan ASN di Wilayahnya Ikut Donor Darah]

Tak bisa dipungkiri penyebab masyarakat cenderung enggan ikut mendonorkan darah adalah kekhawatiran terhadap potensi terpapar COVID-19. Hendra meyakinkan warga Jakarta Barat hal ini sudah diantisipasi. Dengan Komunitas Sahabat Donor Darah dan PMI Jakarta Barat sudah memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan pemeriksaan suhu badan terlebih dahulu, penggunaan masker, mencuci tangan dengan sabun dan tak lupa menjaga jarak.

Selain berkesempatan membawa pulang beras dan membantu sesama dengan menyumbangkan darah, masyarakat juga dapat memanfaatkan kegiatan yang digelar hingga 29 November 2020 untuk memeriksakan kesehatannya. “Calon pendonor juga menjalani pemeriksaan kesehatan serta menjalani pengecekan kadar hemoglobin (Hb) dan tekanan darah,” tambah Hendra.


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.