Unik! Puskesmas Kelapa Gading Sediakan Jamu untuk Pasien

Kesehatan

Unik! Puskesmas Kelapa Gading Sediakan Jamu untuk Pasien

Puskesmas Kecamatan, Kelapa Gading, Jakarta Utara memiliki cara unik untuk membantu pasien serta masyarakat sekitar tetap sehat. Pasalnya, dalam rangka membantu meningkatkan daya tubuh bukan hanya melalui obat, puskesmas ini memberikan inovasi dengan menyediakan jamu tradisional yang bisa dikonsumsi orang dewasa dan anak-anak.

Munculnya ide untuk menyediakan jamu tradisional ini disebut berasal dari kebutuhan masyarakat di kawasan Kecamatan Kelapa Gading. Karena menurut penjelasan dari Kepala Puskesmas Kelapa Gading Selvy Devita Anggraeni, jamu dipandang sebagai minuman kesehatan yang memiliki khasiat bagus untuk sistem metabolisme tubuh. “Jamu tradisional ini berkhasiat untuk auto imun untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” jelas Selvy, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (17/7/2019).

Unik! Puskesmas Kelapa Gading Sediakan Jamu untuk Pasien

Selain untuk khasiatnya, penyediaan jamu ini disebut juga sebagai program yang ditujukan untuk kembali mengenalkan resep nenek moyang yang bagus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam satu pekan, program ini diadakan dua kali yaitu pada Selasa dan Jumat pada pukul 09.00 WIB.

[Baca Juga: 4 Rempah yang Bisa Dijadikan Obat Alami]

Jamu yang disajikan pun ada beragam dengan khasiatnya masing-masing. Ada Seger Wereng Gading, Gading Jasera yang merupakan campuran jahe serta sereh dan gula merah, ada Seger Wereng Gading, Secang Gading, Sella Gading, dan terakhir adalah Gading Curta yang terdiri dari curcuma dengan tamarindus atau asam jawa.

Pemilihan jamu-jamu di atas tidak sembarangan. Mengingat jamu tradisional ini memang berasal dari rekomendasi Kementerian Kesehatan Indonesia serta Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan dengan proses pembuatannya yang sudah sesuai dengan standar Indonesia. “Memasaknya menggunakan kendil tanah lihat agar tidak merubah senyawa rempah-rempah,” ucap Selvy.

[Baca Juga: Ini 4 Cara Alami Obati Sariawan]

Walau disediakan sebagai bagian dari layanan puskesmas, jamu-jamu ini juga diharapkan dapat dikembangkan oleh masyarakat sekitar kecamatan Kelapa Gading “Bahan-bahannya pun hasil dari tanaman obat kami sendiri. Masyarakat dapat menerapkannya di rumahnya masing-masing karena cara pembuatannya kami beri tahu melalui brosur,” lanjutnya.

Kepala Puskesmas Kelapa Gading menyebut, berbagai jamu yang tersedia di layanan kesehatan yang dipimpinnya itu juga bagus untuk dikonsumsi oleh buah hati para pasien serta masyarakat sekitar. Bahkan untuk semakin membuat anak-anak tertarik mencoba jamu, setiap hari Jumat, Puskesmas Kelapa Gading mengadakan program Jumat Ceria yang diisi dengan berbagai kegiatan hiburan untuk buah hati Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.