jalur-mandiri-unimed.jpg

Pendidikan

Unimed Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

Penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN dan SBMPTN sudah selesai. Kini Universitas Negeri Medan (Unimed) mulai membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri tahun akademik 2021.

“Seleksi Jalur Mandiri merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN secara mandiri berdasarkan hasil ujian tertulis berbasis komputer (CBT) dan penilaian portofolio bagi pemilih program studi seni dan keolahragaan. Disebutkan, Jalur Mandiri Unimed 2021 adalah seleksi yang dilakukan secara objektif dengan menggunakan metode ujian CBT/UTBK. Bagi program studi ilmu seni dan keolahragaan diwajibkan membuat portofolio,” ujar Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom dalam keterangan persnya kepada PingPoint.co.id (15/6/2021).

rektor-unimed-medan.jpg

Adapun persyaratan siswa pendaftar, kata Syamsul, antara lain siswa lulusan tahun 2019 dan 2020 harus sudah memiliki ijazah. Sedang siswa lulusan tahun 2021 telah memiliki Surat Keterangan Lulus SMA/SMK/MA. Surat keterangan sekurang-kurannya memuat informasi diri dan foto terbaru yang bersangkutan dengan dibubuhi cap stempel yang sah serta memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

“Pendaftaran jalur Mandiri Unimed secara online sudah dibuka sejak Juni lalu hingga 6Juli 2021. Tatacara secara lengkap dapat dilihat pada laman www.unimed.ac.id atau melalui laman http://sm.unimed.ac.id. Sedangkan pelaksanaan CBT/ UTBK nya dilaksanakan 8-12 Juli 2021 dan pengumuman 17 Juli 2021,” kata rektor.

[Baca Juga: 3.749 Mahasiswa Baru Lulus Jalur SBMPTN 2021 Unimed]

Untuk alur pendaftaran, peserta melakukan registrasi ke laman http://sm.unimed.ac.id dengan membuat email dan password, selanjutnya digunakan untuk login agar bisa mengisi identitas diri, data sekolah dan program studi pilihan. Kemudian peserta akan mendapatkan kode pembayaran dan selanjutnya melakukan pembayaran biaya tes di Bank BNI, selanjutnya login kembali untuk mencetak kartu peserta ujian Seleksi Mandiri Unimed. Lalu, peserta mengikuti ujian sesuai jadwal yang tertera di kartu ujian.

Sementara itu, untuk biaya seleksi kelompok Saintek dan Soshum sebesar Rp250.000 dan kelompok Campuran sebesar Rp350.000. Bagi peserta yang memilih prodi seni dan keolahragaan dikenakan biaya tambahan ujian keterampilan sebesar Rp50.000 per-Prodi.

Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui bank BNI di seluruh Indonesia dan yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

Daya Tampung Jalur Mandiri

Lanjut rektor, kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi tiga, yakni pertama Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi). Kedua, Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Ketiga, Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum

“Daya tampung jalur Mandiri Unimed sekira 2.250 mahasiswa baru atau 30 % dari 7.500 kuota keseluruhan mahasiswa baru Unimed tahun 2021,” kata Syamsul Gultom.

Dijelaskannya, bagi siswa SMA/SMK/MA sederajat, juga bisa mendaftar seleksi Mandiri Unimed melalui Beasiswa KIP-K, dengan PIN dan KAP Seleksi Mandiri yang diperoleh dari laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Pedoman lengkapnya bisa dibaca di laman http://www.unimed.ac.id.

“Bagi yang memiliki prestasi, dapat menggunakan prestasinya sebagai nilai tambah melalui jalur Mandiri Unimed. Baik prestasi akademik dan non-akademik, yaitu Prestasi Olahraga, Seni, MTQ/MKQ/Hafiz Quran tingkat provinsi, nasional dan internasional,” tutur rektor

Informasi resmi jalur Mandiri dapat diakses melalui laman http://www.unimed.ac.id dan sm.unimed.ac.id. Alamat Panita Seleksi jalur Mandiri: Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara. E-mail : humas@unimed.ac.id.


Read More

UNIMED

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

+62616613365
None

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Jessica 1 month, 2 weeks lalu
    jessica

    Dukung tim favorit anda menjadi juara dan dapatkan 500 ribu secara cuma - cuma hanya di bola165a.com situs online sport terpercaya!!!