wisuda daring.jpg

Pendidikan

Unimed Wisuda 834 Lulusan Secara Daring

Universitas Negeri Medan (Unimed) melangsungkan wisuda untuk 843 lulusan secara daring pada 9 Juni 2021. Prosesi wisuda dipimpin langsung Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes dari Gedung Serbaguna Unimed, Jalan Willem Islandar Medan Estate.

Sebanyak 843 orang yang diwisuda berasal dari 102 lulusan Program Pascasarjana, 71 lukusan Fakultas Ilmu Pendidikan, 174 lulusan Fakultas Bahasa dan Seni, 77 lulusan Fakultas Ilmu Sosial, 206 lulusan Fakutas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 96 lulusan Fakultas Teknik, dan 49 lulusan Fakultas Ekonomi,

“Ijazah beserta gelar diberikan kepada 843 lulusan yang terdiri dari 8 Doktor Pendidikan (Dr.), 16 Magister Linguistik (M.Li.), 70 Magister Pendidikan (M.Pd.), 3 Magister Olahraga (M.Or.), 1 Magister Sosial (M.Sos.), 14 Magister Ekonomi (M.E.). Lalu 619 Sarjana Pendidikan (S.Pd.), 19 Sarjana Sastra (S.S.), 17 Sarjana Matematika (S.Mat.), Sarjana Teknik (S.T.), 33 Sarjana Sains (S.Si.), 8 Sarjana Olahraga (S.Or.), 13 Sarjana Manajemen (S.M.), 18 Sarjana Akuntansi (S.Ak.), dan 11 Ahli Madya (A.Md.),” kata rektor dalam pidatonya dari rilis kepada PingPoint.co.id, (9/6/2021).

[Baca Juga: Dosen Unimed Klaim Temukan Obat Mencegah COVID-19]

Rektor kemudian menyampaikan permohonan maaf kepada orang tua/wali dan para wisudawan, karena upacara wisuda periode Juni 2021 ini masih dilaksanakan secara daring.

“Pelaksanaan wisuda daring ini sebenarnya sungguh tidak kita inginkan bersama, namun karena kondisi dan situasi pandemi COVID-19 di negara kita, khususnya di wilayah Provinsi Sumatera Utara, belum memperbolehkan untuk mengadakan kegiatan apapun yang mengumpulkan banyak massa. Saya mengajak kepada kita semua, mari kita ambil hikmah, bahwa di balik kegiatan wisuda daring ini, ada kepentingan yang lebih besar yakni kesehatan kita bersama dan seluruh masyarakat untuk terhindar dari tertularnya COVID-19 yang hingga saat ini belum reda,” tutur Syamsul.

Dr Syamsul mengatakan, di era keterbatasan pandemi COVID-19 saat ini, para wisudawan Unimwd dituntut untuk dapat memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging dan kemahiran di bidang IT.

“Semua aktivitas pendidikan, pemerintahan dan hampir semua sektor kehidupan sudah berbasis IT, sebagai upaya mengurangi kontak fisik untuk pencegahan penyebaran COVID-19,” kata Dr Syamsu.

unimedd.jpg

Kata rektor, dengan berbagai aktivitas akademik yang sudah dilalui di Unimed, maka wisudawan telah membentuk dirinya menjadi lulusan unggul yang memiliki kompetensi, skill dan keahlian sesuai bidang ilmu yang ditekuni. “Kami berharap secara personal tetap memperkuat skill yang dibutuhkan di era industri berbasis digital saat ini, agar lulusan terus mampu bersaing didunia kerja yang semakin kompetitif,” harapnya.

Lanjut Syamsul, masyarakat menaruh harapan besar kepada Unimed untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan.

“Kami yakin lulusan mampu bersaing di dunia kerja dan dapat hidup sukses yang lebih cemerlang. Karena, pimpinan saat ini juga sudah menetapkan terobosan baru untuk pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas dosen dan kualitas kurikulum dengan menyesuaikan perkembangan era digital dan kebutuhan pasar kerja,” tambahnya.

[Baca Juga: Pendaftar Meningkat 90 Persen, 1.500 Siswa Lulus SNMPTN 2021 di UNIMED]

Dikatakan, Unimed sudah bekerjasama dengan semua pemerintah daerah, berbagai dunia industri, dan perusahaan, sebagai wujud menyukseskan Program Pemerintah Kampus Merdeka. “Kami berharap lulusan Unimed kedepan terus dapat bersaing dan tetap dinanti oleh dunia kerja,” ujarnya.

Kepada wisudawan, rektor berpesan agar menjaga nama baik almamater yang telah membina dan membesarkan.

“Tampilkan diri sebagai insan lulusan Unimed yang memiliki kapasitas hard skill dan soft skill yang baik, tetap jalin komunikasi dan silaturahmi dengan Unimed terutama dengan sesama alumni di mana pun berada,” katanya.

Selain itu agar lulusan memberikan konstribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif, dan ide kreatif-solutif dalam rangka meningkatkan kualitas almamater. “Bukan sebaliknya membangun opini yang dapat merendahkan citra Unimed di masyarakat. Bekerja dengan tulus ikhlas dengan tetap menjaga wibawa dan martabat insan akademis dan mari kita semua civitas akademika dan seluruh wisudawan, berkenan menjadi Duta dalam pencegahan penyebaran COVID-19 di masyarakat,” tandasnya.


Read More

Universitas Negeri Medan

Perguruan Tinggi Negeri

+62616613365
None

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.