IMG_21122021_191208_(1100_x_600_piksel).jpg

Pendidikan

Univa Medan Wisuda 258 Lulusan, Siap Hadapi Tantangan Revolusi Industri

Rektor Universitas Al Washliyah (Univa) Medan, Dr HM Jamil MA mengatakan, segenap sivitas akademik terus berupaya dalam mempersiapkan diri di era digitalisasi.

Sebab, pendidikan dewasa ini sedang mengalami perubahan IPTEK yang sangat serius, yang menuntut kepada semua pengelola pendidikan mempersiapkan diri secara matang dalam menghadapi perubahan dunia yang relatif cepat ini.

Hal itu dikatakan Rektor Univa Medan Dr HM Jamil saat memberikan sambutan saat mewisuda 258 lulusan tahun akademik 2021-2022 yang dilaksanakan di Aula Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan, (21/12/2021).

“Untuk menyahuti tuntutan perubahan ini, Univa Medan akan membenahi jaringan WiFi dengan rata-rata kecepatan 13,79 MBPS, hal ini dilakukan mengingat bahwa sistem kerja kita saat ini sudah 99,99 % menggunakan kekuatan signal dan kecepatan jaringan.

Univa Medan Wisuda 258 Lulusan, Siap Hadapi Tantangan Revolusi Industri

Pada saat yang bersamaan bahwa universitas Al Washliyah Medan saat ini telah memiliki sebuah studio yang bernama Universitas Al Washliyah Medan TV Channel (UMTC), dengan adanya studio ini diharapkan semua kegiatan baik internal maupun eksternal bisa dipublish melalui akun baik Youtube, FaceBook, Instagram dan WhatsApp Group, dengan demikian Universitas Al Washliyah akan lebih mudah dikenal oleh seluruh penjuru baik nasional maupun internasional,” ujarnya.

Demikian pula untuk menjawab tantangan revolusi industri 4.0 dan memasuki era society 5.0 terkhusus dalam dunia pendidikan, lanjutnya, maka dibutuhkan kecerdasan dan kecakapan hidup pada abad 21 atau yang lebih dikenal dengan 4C (Creativy, Critical Thinking, Communication and Collaboration).

Bahkan berdasarkan riset World Economic Forum (WEF) tahun 2020 dibutuhkan 10 kompetensi utama dalam menghadapi era revolusi Industri 4.0 yaitu, kemampuan memecahkan masalah yang komplek, berpikir secara critical, kemampuan memanajemen manusia, kemampuan berkoordinasi dengan orang lain, memiliki kecerdasan emosional (EQ), kemampuan menilai dan mengambil keputusan, mengedepankan orientasi layanan, memiliki kemampuan bernegosiasi serta memiliki fleksibilitas kognitif.

“Kesepuluh kemampuan ini relevan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0,” ujarnya.

[Baca Juga: USU Wisuda 2.208 Lulusan Secara Daring, Ini Pesan Rektor]

Di kesempatan itu, rektor menyebutkan, Univa Medan yang berkiprah di dunia pendidikan sebagai kampus yang tertua di Kota Medan sejak 1958, telah banyak memberikan kontribusi kepada agama, bangsa dan negara ini, hal ini dibuktikan dengan kiprah para tokoh dan alumni baik pada kancah nasional maupun internasional.

“Ini merupakan salah satu bukti nyata bahwa Universitas Al Washliyah melalui para alumni telah memberikan kontribusi yang besar terhadap negeri ini.

"Harapan saya kelak akan lahir dan muncul alumni-alumni berikutnya dari Universitas Al Washliyah Medan sosok-sosok yang religius dan intelektual yang akan berkiprah dan berkontribusi di negeri ini,” kata rektor seraya menambahkan saat ini Univa Medan mengasuh 6 fakultas dengan 16 program studi strata satu (S1), dan dari 16 program studi terdapat 9 program studi yang terakreditasi baik atau “B”.

Univa Medan Wisuda 258 Lulusan, Siap Hadapi Tantangan Revolusi Industri

Rektor menambahkan, Universitas Al Washliyah Medan sebagai kampus yang tertua sudah selayaknya mulai berbenah diri dari semua bidang. Kemampuan memainkan peran di era ini merupakan sebuah keharusan dan tidak bisa tidak. Beberapa hal yang dilakukan di universitas Al Washliyah Medan adalah memperbaiki manajemen dan pelayanan administrasi.

Meski jauh tertinggal namun seluruh sivitas harus berlari secara kencang untuk mengejar semua ketertinggalan tersebut.

“Dengan kerjasama semua stake holder saya yakin dan percaya bahwa kampus yang sangat kita banggakan ini akan mampu mengejar semua ketertinggalan tersebut. Karenanya diharapkan kerjasama dan komitmen bersama untuk terus memajukan dan membenahi. Sistem manajemen yang berbasis akreditasi merupakan langkah konkrit yang dilakukan agar sistem manajemen dapat berjalan dengan baik dan benar. Hingga pada akhirnya Universitas Al Washliyah Medan MUMTAZ secara administrasi dan juga MUMTAZ secara sumber daya manusia,” harapnya.

Wisuda 258 lulusan diantaranya Fakultas agama Islam, 108 Wisuda, Fakultas Hukum 8 Wisudawan, Fakultas Tekhnik 36 Wisudawan, Fakultas Ekonomi 37 Wisudawan, Fakultas Pertanian 35 Wisudawan dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 34 Wisudawan.


Read More

UNIVA Medan

Universitas Al Washliyah

+62617868270
None

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.