Universitas Negeri Semarang Keringanan Pembayaran UKT di Masa Pandemi.jpg

Pendidikan

Univeritas Negeri Semarang Beri Keringanan Pembayaran UKT

Universitas Negeri Semarang (Unnes) memberikan keringanan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi para mahasiswa dan calon mahasiswa baru di tengah pandemi COVID-19.

Terdapat tiga macam keringanan pembayaran UKT yang diberikan Unnes, yaitu cara mengangsur, penurunan kelompok UKT, dan pembebasan UKT.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Rektor Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pembayaranan Uang Kuliah Tunggal pada Masa Pandemi COVID-19 untuk Semester Gasal 2020/2021.

Keringanan dengan cara mengangsur diberikan kepada mahasiswa atau calon mahasiswa dengan beberapa syarat. “Kebijakan pembayaran UKT dengan mengangsur bagi mahasiswa dan/atau calon mahasiswa dengan syarat dan tata cara tertentu yang ditetapkan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Abdurrahman, seperti dikutip dari semarang.kompas.com (4/6/2020).

[Baca Juga: Pemkot Semarang Lebih Pilih Tes Swab untuk Tes Massal]

Abdurrahman lebih lanjut menjelaskan mekanisme pembayaran dengan cara diangsur bagi mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNMPTN tahun 2020. Para mahasiswa baru Unnes yang lolos lewat jalur tersebut dapat melakukan pembayaran UKT dengan cara diangsur selama tiga kali. Ketentuannya, 50 persen biaya UKT dibayarkan saat registrasi, 30 persen dibayarkan di bulan Juni, dan 20 persen dibayarkan bulan Juli.

Keringanan kedua, yaitu penurunan kelompok UKT diberikan kepada mahasiswa yang mengalami perubahan kemampuan ekonomi akibat pandemi COVID-19 sesuai prosedur dan pengajuan penurunan kelompok UKT mengikuti peraturan rektor.

Sedangkan, keringanan ketiga yaitu pembebasan biaya UKT hanya diberikan kepada para mahasiswa yang tinggal menyelesaikan skripsi atau tugas akhir. Para mahasiswa jenjang D3 angkatan 2015, S1 angkatan 2013, S2 angkatan 2015 dan 2016, serta S3 angkatan 2013 yang sampai dengan tanggal 28 Agustus 2020 belum dinyatakan lulus, masa studinya diperpanjang satu semester dengan dibebaskan membayar UKT.

[Baca Juga: Menelusuri Jejak Stasiun Kereta Api Pertama di Semarang]

“Mahasiswa jenjang S1 yang sedang menyelesaikan skripsi, mahasiswa jenjang S2 yang sedang menyelesaikan tesis dan mahasiswa jenjang S3 yang sedang menyelesaikan disertasi juga dibebaskan dari kewajiban membayar UKT apabila dinyatakan lulus selambat-lambatnya 31 Oktober 2020,” lanjut Abdurrahman.

Abdurrahman pun menuturkan bahwa selama ini Unnes juga telah memfasilitasi peninjauan kembali besaran UKT melalui mekanisme banding UKT. Prosedurnya, mahasiswa mengajukan banding UKT, kemudian pihak kampus melakukan peninjauan atas ekonomi orang tua untuk menentukan besaran UKT. Apabila banding UKT dipandang layak, maka biaya UKT mahasiswa yang bersangkutan diturunkan.

Universitas Negeri Semarang Beri Keringanan Pembayaran UKT di Masa Pandemi.jpg

Sebelum kebijakan keringanan biaya UKT ini diturunkan, Aliansi Mahasiswa Unnes telah melakukan unjuk rasa di depan Gedung Rektorat Unnes pada Selasa (2/6/2020). Para mahasiswa meminta pihak kampus mengabulkan tuntutan terkait pengembalian 50 persen UKT semester genap 2019-2020.

Dikutip dari detik.com (4/6/2020), dalam unjuk rasa tersebut hadir lima tenaga medis terdiri dari dokter dan perawat yang dilengkapi APD, mereka mengingatkan para mahasiswa untuk menerapkan protokol kesehatan.

Esti Widiasari, salah satu dokter klinik Unnes mengaku kesulitan mengawasi kegiatan unjuk rasa tersebut. Berdasarkan penuturannya, para mahasiswa dicek suhu badannya sebelum melakukan ujuk rasa. Namun, sulit bagi mereka menjaga jarak fisik dan mengenakan masker dengan benar.

“Tadi ada yang kelihatan hidungnya, ada yang diturunin,” kata Esti.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.