Unmer Malang Beri Kuota Internet Kepada Mahasiswa Sebesar 10 Gigabyte

Pendidikan

Unmer Malang Beri Kuota Internet pada Mahasiswa Sebesar 10 Gigabyte

Selama pandemi COVID 19, mahasiswa menerapkan belajar dari rumah tak kecuali dengan mahasiwa Universitas Merdeka (Unmer) Malang. Saat belajar dari rumah para mahasiswa ini pun membutuhkan koneksi internet agar terhubung dengan para dosen dan mahasiswa lainnya. Oleh karena itu, untuk memudahkan belajar dari rumah, Rektor Unmer Malang memberikan bantuan kepada mahasiswa aktif semester genap tahun ajaran 2019/2020 berupa kuota internet melalui semua provider.

Melansir laman malang-post.com (13/04/2020). Rektor Universitas Merdeka Malang, Prof. Dr. Anwar Sanusi, SE., M.Si mengatakan, bantuan tersebut untuk memfasilitasi mahasiswa agar fokus belajar di rumah, serta menindaklanjuti arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait kebijakan belajar dari rumah. “Bantuan sarana pembelajaran daring ini kami berikan kepada mahasiswa aktif Unmer di semua jenjang pendidikan agar dapat fokus menjalani perkuliahan dari rumah,” jelasnya.

Unmer Beri Kuota Internet Kepada Mahasiswa Sebesar 10 Gigabyte

Sebelumnya, pihaknya sempat mendapat keluhan dari para mahasiswa terkait dengan pembelajaran daring. Mereka merasa keberatan dengan beban kuota yang ditanggungnya untuk pembelajar daring ini, karena memerlukan kuota internet yang banyak dan harganya relatif mahal. Untuk itu, mahasiswa diberikan kuota sebesar 10 Gigabyte untuk satu bulan.

[Baca Juga: Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa]

“Kami berinisiatif untuk bekerjasama dengan semua provider seluler dengan membagikan kuota secara gratis kepada seluruh mahasiswa Unmer untuk digunakan dalam pembelajaran daring. Mahasiswa akan diberi bantuan kuota sebesar 10 gigabyte untuk satu bulan,” tutur Prof. Dr. Anwar Sanusi.

Pemberian kuota tersebut bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk belajar dari rumah. Mereka diminta untuk mengisi data diri serta nomor ke google form yang telah diedarkan oleh pihak kampus. Para mahasiswa didata dan disetorkan kepada salah satu provider seluler. Lalu, pihak provider seluler yang akan meng-inject kan ke masing-masing nomor mahasiswa.

[Baca Juga: Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah]

“Kami imbau juga para mahasiswa bisa memanfaatkan kuota yang diberikan untuk pembelajaran, bukan untuk digunakan hal yang lain. Saya kira 10 gigabyte untuk pembelajaran satu bulan sudah cukup," tuturnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa bernama Adkha Mirita Ayuning Putri mengaku senang dengan kebijakan Unmer yang memberikan subsidi kuota selama pembelajaran daring. Menurutnya, pembelajaran daring memang membutuhkan internet yang lebih, ditambah ada video call dengan dosen yang tentunya menghabiskan banyak kuota. “Kebijakan yang diambil kampus sangat positif. Selain itu, dengan adanya subsidi kuota ini, saya bisa lebih hemat,” ungkapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.