Incolwis 2021OK.jpg

Pendidikan

UNNES Dorong Dosen Masuk Komunitas Akademik Internasional

International Conference on Local Wisdom (Incolwis) atau Konferensi Internasional tentang Kearifan Lokal merupakan konferensi tahunan yang diselenggarakan oleh IKADBUDI (Ikatan Dosen Sastra dan Budaya Indonesia). Di tahun 2021 ini Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjadi tuan rumah dalam event tersebut yang berlangsung pada tanggal 24-25 November 2021.

Kearifan lokal yang merupakan suatu bentuk pengetahuan, kepercayaan, pemahaman, wawasan serta etika memang telah menjadi acuan manusia dalam hidup bermasyarakat hingga saat ini. Sayangnya seringkali keberadaannya dianggap tak sesuai dengan perkembangan zaman sehingga seringkali terabaikan. Di lain pihak berkembangnya teknologi saat ini dinilai telah menurunkan kualitas perilaku manusia.

Incolwis 2021OK2.jpg

Dalam International Conference on Local Wisdom (Incolwis) yang dihadiri para pembicara dari berbagai negara, kearifan lokal tradisional ini akan didorong untuk berkolaborasi dengan dunia digital modern dalam hal pengembangan dan pemanfaatannya. Dengan mengambil tema “Culture Overview in Southeast Asia”, kegiatan ini menjadi wadah para dosen dan peneliti untuk mengulas berbagai isu terkait kearifan lokal yang tengah berkembang di sejumlah negara. Nantinya Incolwis 2021 akan dibuka oleh Ketua Ikatan Dosen dan Budaya Daerah Indonesia (Ikadbudi) Prof Dr Sutrisna Wibawa.

[Baca Juga: Cegah Pelecehan Seksual di Kampus, Unnes Dukung Permendikbud PPKS]

Dr Prembayun Miji Lestari selaku Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Unnes menilai jika pandangan tentang kebudayaan dari berbagai daerah di dunia saat ini telah berubah sejak terjadinya pandemi Corona di awal tahun 2020 lalu. Hasil penelitian tentang budaya di berbagai negara hingga kini masih sangat dinantikan dan event ini menjadi wadah yang tepat untuk membahasnya. “Salah satunya melalui konferensi yang diadakan secara berkesinambungan untuk mempertemukan para peneliti dan membahas hasil penelitian terkini,” ujar Prembayun dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (18/11/21).

Incolwis 2021 yang dilakukan secara daring dan dihadiri oleh para dosen, peneliti, mahasiswa S-1 hingga pascasarjana, guru dan tenaga ahli tersebut mengundang pembicara dari berbagai negara. Beberapa diantaranya Prof Dr George Quinn dari Australian National University, Dr Taeyoung Cho dari Korean Institute of Southeast Asian Studies di Korea Selatan, Prof Dr Abdul Halim Ali dari University Pendidikan Sultan Idris Malaysia, dan Prof Dr Mikihiro Moriyama dari Jepang. Sedangkan yang akan menjadi pembicara kunci yaitu Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman.

aplikasi unnesOK.jpg

Sri Rejeki selaku Dekan FBS Unnes berujar jika saat ini dosen perlu memahami fenomena global, perkembangan teori dan hasil-hasil penelitian. Maka dari itu pihaknya selalu memberikan dukungan kepada dosen agar dapat menjadi bagian dari komunitas akademik internasional. Oleh karenanya konferensi ini sangat penting dalam pengembangan ilmu dan wawasan dosen. Dalam event tersebut diisi pula sesi klinik manuskrip dengan beberapa pembicara antara lain Prembayun, Prof Dr Suwardi Endraswara dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof Dr Yayat Sudaryat dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Ery Agus K dari Balai Bahasa Jawa Tengah.

Pendaftaran peserta untuk mengikuti Incolwis 2021 dibuka hingga tanggal 23 November 2021 melalui link https://bitly/incolwis2021. Peserta atau siapapun dapat mengirimkan makalah yang nantinya akan dipresentasikan dalam sesi paralel dengan berbagai tema antara lain tentang kearifan lokal, sastra, linguistik, pendidikan, religi, filsafat, seni, sejarah, hukum, teknologi berbasis kearifan lokal, makanan dan minuman tradisional, arsitektur, pengobatan tradisional, juga wirausaha berbasis budaya dan turisme.


Read More

UNNES

Universitas Negeri Semarang

+62248508093
None

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.