mangrove unnesOK3.jpg

Properti dan Solusi

Unnes Tanam 3.000 Bibit Mangrove, Ajak Mahasiswa Lestarikan Alam

Dikutip dari kkp.go.id hutan mangrove menjadi salah satu subjek utama bagi pengembangan lingkungan di Indonesia terutama di wilayah pesisir. Hutan mangrove sendiri merupakan hutan yang banyak ditemukan di kawasan muara dengan struktur tanah rawa padat. Telah menjadi rahasia umum jika mangrove merupakan pelindung paling utama untuk mengatasi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh rusaknya habitat hewan yang jika dibiarkan akan berdampak pada manusia.

Tak heran, saat ini banyak lembaga sosial yang bergerak di bidang lingkungan yang berusaha mensosialisasikan manfaat mangrove guna menyelamatkan ekosistem hutan mangrove yang semakin lama semakin terancam keberadaannya. Berbagai kegiatan lingkungan yang dilakukan oleh beberapa elemen masyarakat maupun komunitas tersebut dimaksudkan untuk memberi kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya mangrove bagi lingkungan.

mangrove unnesOK.jpg

Mangrove atau tanaman bakau tak hanya berguna untuk mengatasi abrasi saja, di bidang kesehatan mangrove dapat difungsikan untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya untuk menghentikan diare, mengobati kusta, mengatasi demam, menghilangkan sakit gigi pada gigi berlubang, membantu memperlancar haid, mengobati diabetes, mencegah penyakit ginjal serta mengatasi penyakit kaki gajah.

Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, pada Minggu (17/10/2021) lalu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Semarang (Unnes) bersinergi dengan Serikat Mangrove Mangunharjo melakukan penanaman 3.000 bibit bakau di Desa Mangunharjo, Kecamatan Mangkang, Kota Semarang. Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah untuk melestarikan magrove yang menjadi garda terdepan dalam mengatasi abrasi.

Menurut Ketua BEM FIK Unnes, Tulus Wahyu Widodo, jumlah mangrove yang ditanam di pesisir Mangunharjo berjumlah 3.000 bibit yang melibatkan dua pihak. “Jumlah bakau yang ditanam di pesisir Mangunharjo sebanyak 3.000 bibit, dan dalam kegiatan penanaman mangrove BEM FIK Unnes berkolaborasi dengan Serikat Mangrove Mangunharjo,” ujar Tulus dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (19/10/2021).

mangrove unnesOK2.jpg

Tulus menilai jika setiap warga negara memiliki kewajiban untuk menjaga lingkungannya ,termasuk didalamnya ikut menjaga kelestarian ekosistem Mangrove. Walaupun manfaatnya tidak bisa secara langsung dirasakan, namun akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia ke depannya. “Tanaman mangrove merupakan penyumbang oksigen terbesar dan menyerap karbondioksida terbesar. Dengan cara mempertahankan kawasan hutan mangrove, tentu sangat besar manfaatnya untuk kelestarian bumi,” terangnya.

Melalui kegiatan penanaman mangrove tersebut, pihaknya berharap agar kawasan lahan hijau di kota Semarang akan semakin bertambah dan kegiatan ini dapat menjadi penyemangat bagi para mahasiswa lainnya untuk melestarikan alam dengan menyelenggarakan kegiatan serupa. “Kami berharap program penanaman bakau ini bisa berjangka panjang, dan mudah-mudahan program ini bisa diikuti teman-teman mahasiswa lain untuk menjaga kelestarian alam,” tandas Tulus.


Read More

Universitas Negeri Semarang

Universitas

+62248508093
None

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.