Unpad Geser Jadwal Wisuda Gelombang II Akibat Lonjakan Omic ron.jpg

Pendidikan

Unpad Geser Jadwal Wisuda Gelombang II Akibat Lonjakan Omicron

Saat ini tak bisa dipungkiri bahwa kasus COVID-19, khususnya yang berasal dari varian Omicron, mulai melonjak. Bahkan pada 26 Januari 2022 tercatat kasus baru COVID-19 di Indonesia terhitung ada 7.010 kasus dengan DKI Jakarta (3.509) serta Jawa Barat (1.619) yang tertinggi. Sedangkan untuk kasus konfirmasi Omicron tercatat saat ini totalnya di Indonesia sudah ada 1.766 pasien. Melihat situasi ini, Universitas Padjadjaran pun memutuskan mengambil langkah preventif dengan memundurkan jadwal wisuda hybrid-nya yang seharusnya digelar pada awal Februari 2022.

Sebenarnya bila tak terjadi lonjakan kasus COVID-19, maka pelaksanaan Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2021/2022 Unpad akan digelar dengan menggabungkan daring dan luring pada 2-4 Februari 2022. Tentu saja ini sejalan dengan situasi PPKM Kota Bandung yang masih di status level 1-2 sehingga metode pembelajaran tatap muka bisa digelar dengan kapasitas 75 persen. Atas situasi tersebut maka Unpad berencana menggelar wisuda hybrid dengan sekitar 50 persen wisudawan bisa ikut secara luring.

Unpad Geser Jadwal Wisuda Gelombang II Akibat Lonjakan Omicron.jpg

Namun sayangnya dengan situasi saat ini yang terbilang mengkhawatirkan, Unpad menggeser jadwal prosesi wisuda ke 22-24 Maret 2022 dengan harapan dapat mengantisipasi potensi paparan penyakit akibat virus SARS-CoV-2 tersebut. Di mana tujuan utamanya adalah melindungi para wisudawan serta keluarganya yang hadir di acara pelaksanaan Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2021/2022.

“(Perubahan jadwal) ini semata-mata demi keselamatan wisudawan dan orang tuanya. Kami tidak ingin membuat wisudawan dan orang tua berada dalam risiko tinggi saat mengikuti wisuda luring,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita, sebagaimana dikutip dari unpad.ac.id (26/1/2022).

[Baca Juga: Ramai Soal NFT, Ini Peringatan Pakar Bisnis Digital Unpad]

Walau jadwal wisudanya berubah, Prof. Arief meminta para wisudawan tidak perlu khawatir terkait ijazah. Karena Unpad berkomitmen untuk wisudawan tetap menerima ijazah di bulan Februari 2022 dengan cara diunduh dan bisa digunakan untuk keperluan seperti melamar pekerjaan. Ia juga tak lupa mengingatkan agar para wisudawan melakukan pendaftaran ulang sebagai calon wisudawan karena terjadinya perubahan jadwal ini dengan konfirmasinya ditunggu hingga 2 Februari 2022.

Terkait situasi lonjakan kasus COVID-19, khususnya varian Omicron, Prof.Arief tak lupa menitip pesan kepada para wisudawan serta seluruh lapisan masyarakat untuk membantu penanganan pandemi dengan mematuhi protokol kesehatan. Karena tanpa kepatuhan prokes maka penyebaran Omicron bisa terus berlanjut.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.