Unpad Hadirkan Program S2 Khusus Sambut Era Industri 4.0.jpg

Pendidikan

Unpad Hadirkan Program S2 Khusus Sambut Era Industri 4.0

Saat ini Pemerintah Pusat terus berupaya mengakselerasi revolusi industri 4.0 di Tanah Air. Di mana proses digitalisasi, sistem berbasis komputasi cloud serta kognitif, Internet untuk Segala, dan Kecerdasan buatan diterapkan di berbagai sektor. Universitas Padjadjaran (Unpad) mengumumkan siap mendukung upaya pemerintah ini dari sisi Sumber Daya Manusia atau SDM-nya yang dapat berkarya di era revolusi industri 4.0. Ini direalisasikan melalui program Magister (S2) Berbasis Proyek yang siap dibuka pada awal Agustus nanti.

Apa yang dimaksud dengan program Magister Berbasis Proyek? Jadi para calon mahasiswa S2 di program ini disebut akan mengikuti program yang bersifat aplikatif dalam menyelesaikan berbagai kasus di dunia usaha serta industri di era revolusi industri 4.0. “Unpad akan membuat program ini betul-betul proyek yang berbasiskan permasalahan dunia kerja dunia industri. Pendidikannya tidak berbasiskan teori, tetapi berbasiskan permasalahan riil di masyarakat,” ujar Wakil Rektor Bidak Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita, sebagaimana dikutip dari Unpad.ac.id (25/7/2022).

Unpad Hadirkan Program S2 Khusus Sambut Era Industri 4. 0.jpg

Untuk saat ini terdapat empat jurusan yang dibuka dalam Program Magister Berbasis Proyek Unpad itu yang terdiri dari Ekonomi Digital, Data Sains, Ilmu Hukum, serta Hukum dan Manajemen Infrastruktur. Menurut Prof. Arief, pemilihan empat jurusan ini tak terlepas dari tingginya kebutuhan SDM di bidang-bidang tersebut di ranah usaha serta industri. Demi semakin memudahkan calon mahasiswa untuk program magister ini yang tinggal di wilayah Jabodetabek dalam menjangkaunya, Unpad akan membuka kantor perwakilannya di wilayah Jakarta.

Dari sisi pengajarnya sendiri, karena program magister ini memang aplikatif maka yang memberikan materi bukan hanya dari para dosen Unpad semata. Karena perguruan tinggi negeri ini juga menggandeng para praktisi yang akan menjadi mentor dalam membahas mengenai studi kasus yang kerap terjadi di dunia usaha serta industri.

[Baca Juga: Kolaborasi 3 Lembaga Ini Siapkan Tenaga Pengajar Unggul, Menyongsong Pendidikan 4.0]

Dari sisi calon mahasiswanya, berbeda dengan jurusan S2 lainnya yang diarahkan kualifikasi S1-nya sejalan, program Magister Berbasis Proyek ini terbuka bagi para lulusan S1 dari berbagai jurusan tapi sudah memiliki pengalaman bekerja. Lantas bagaimana dengan fresh graduate? Unpad tetap membuka kesempatan untuk Anda mendaftar asal sebelumnya sudah pernah magang.

Selain itu untuk lulus dari program Magister ini juga berbeda dengan S2 lainnya, karena Anda bisa lulus jika mampu menghasilkan solusi atau produk yang memang bisa aplikatif di pasar, mampu menjawab permasalahan, dan memang memiliki standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) setara program Magister Sains. Bagi Anda yang tertarik dengan program ini bisa langsung masuk ke laman https://smup.unpad.ac.id/magister-berbasis-project/ untuk informasi serta syarat pendaftarannya.


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.