Unpad Mulai Buka Pendaftaran Peserta Uji Klinis Vaksin COVID-19 .jpg

Kesehatan

Unpad Mulai Buka Pendaftaran Peserta Uji Klinis Vaksin COVID-19

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, Universitas Padjadjaran (Unpad) ditunjuk perusahaan Bio Farma untuk melakukan proses uji klinis vaksin COVID-19 yang dikembangkan Sinovac Biotech. Di mana pihak Unpad hanya tinggal menunggu izin dari Komite Etik untuk memulai proses sosialisasi ke masyarakat Bandung sekaligus mencari peserta uji klinis yang akan menjadi sukarelawan. Baru-baru ini pihak Unpad mengumumkan, Komite Etik sudah memberikan “lampu hijau” untuk memulai proses uji klinis vaksin COVID-19 tersebut.

Izin dari Komite Etik terkait dimulainya proses uji klinis ini dikonfirmasi oleh Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 Unpad Prof. Dr. Kusnandi Rusmil, dr., Sp.A(K), M.M yang berarti proses pendaftaran peserta sukarelawan sudah dimulai dibuka pada pekan ini. “Benar, (Komite Etik) sudah (menyetujui),” ujarnya, sebagaimana dikutip dari unpad.ac.id (27/7/2020).

Unpad Mulai Buka Pendaftaran Peserta Uji Klinis Vaksin COVID-19.jpg

Dalam rangka mencari pesertanya, pihak Unpad sudah mengeluarkan leaflet yang menjelaskan tujuan dari uji klinis vaksin COVID-19 ini sekaligus mencari peserta untuk menjalani uji klinis fase 3 dari vaksin tersebut. Di mana pada leaflet ini juga tercantum apa saja kriteria yang dicari Unpad untuk pesertanya.

[Baca Juga: Tim Riset Unpad Siap Uji Klinis Vaksin COVID-19]

Berikut ini kriteria tersebut:

  • Berada dalam rentang usia 18-59 tahun yang memang terus menjaga diri dalam masa pandemi COVID-19 dengan betul-betul menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah.
  • Bebas dari ikatan uji kliniks lainnya.
  • Tidak pernah terinfeksi COVID-19 dan akan dilakukan tes swab demi memastikan hal tersebut.
  • Selama 14 hari sebelum mengikuti proses uji klinis, Anda harus:
    • Tidak pernah berkontak dengan pasien COVID-19
    • Tidak memiliki riwayat kontak dengan pasien yang menderita ISPA atau demam yang tinggal di area terdampak COVID-19.
    • Tidak memiliki dua atau lebih kasus demam atau gejala saluran pernapasan di daerah dengan lingkup kecil, contohnya di rumah, kantor, sekolah, hingga kelas.
  • Tidak sedang terjangkit penyakit dan kelainan apapun.
  • Tidak dalam keadaan hamil, menyusui, atau berencana hamil selama proses uji klinis.
  • Tak mengidap asma dan alergi terhadap vaksin.
  • Tidak memiliki riwayat pembekuan darah yang tidak terkontrol atau kelainan darah.
  • Tidak memiliki riwayat gangguan sistem imun pada empat minggu terakhir dan tak menerima terapi yang dapat menganggu respons imun dalam dua minggu terakhir.
  • Tidak mendapatkan imunisasi apapun dalam kurun waktu satu bulan ke belakang dan tidak akan menerima vaksin lain, kecuali vaksin COVID-19, selama satu bulan ke depan.
  • Berdomisili ke Bandung dan tak akan berpindah ke wilayah lain selama proses uji klinis vaksin COVID-19.

[Baca Juga: Sudah Sampai Tahap Mana Penelitian Vaksin COVID-19 Saat Ini?]

Bedasarkan penjelasan Kusnandi, akan ada sekitar 1.620 peserta yang dibutuhkan untuk menjadi sukarelawan vaksin COVID-19. Dengan pembagiannya adalah 540 orang yang benar disuntik vaksin dan sisanya adalah cairan plasebo (obat kosong). “Bagi yang menerima plasebo akan mendapatkan vaksin COVID-19 setelah vaksin didaftarkan,” tambahnya. Untuk pendaftaran proses uji klinis vaksin COVID-19 Unpad ini akan dibuka sampai 31 Agustus 2020 dengan Anda bisa langsung menghubungi Clinical Reseach Unit Departemen Ilmu kesehatan Anak Lantai 1 RSUP Hasan Sadikin untuk ikut.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 2 months lalu
    hanna56

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue… gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki…. gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss…