Unpad Siap Gelar Perkuliahan PTM Terbatas pada Oktober.jpg

Pendidikan

Unpad Siap Gelar Perkuliahan PTM Terbatas pada Oktober

Pada akhir Agustus 2021, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemedikbudristek mendorong perguruan tinggi di Tanah Air juga turut menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Di mana dorongan ini digaungkan khusus untuk perguruan tinggi yang wilayahnya berada kawasan PPKM Level-Tiga. Melihat situasi pandemi COVID-19 serta dorongan dari kementerian, Universitas Padjadjaran (Unpad) pun mengumumkan kapan PTM terbatas sudah bisa dilaksanakan di kampusnya.

Rencananya Unpad akan memulai PTM terbatas pada akhir Oktober 2021 dan ini sesuai dengan instruksi Kemendikbudristek terkait pembukaan kampus secara bertahap. Berdasarkan penjelasan Wakil Rektor Bidak Akademi dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita, kegiatan PTM ini benar-benar dilakukan secara bertahap dengan fokusnya adalah perkuliahan serta praktikum yang memang tidak bisa dilakukan secara daring.

“Untuk kegiatan tatap muka di kelas, perkuliahan akan terus dilakukan secara daring,”ungkapnya, sebagaimana dikutip dari unpad.ac.id (12/9/2021). Oleh karena itulah dengan kebijakan ini maka PTM yang boleh dilakukan di lingkungan kampus difokuskan kepada sesuatu yang membutuhkan skill acquisition atau memang yang membutuhkan laboratorium.

Unpad Siap Gelar Perkuliahan PTM Terbatas pada Okt ober.jpg

Pihak Unpad tetap menegaskan, keputusan kegiatan PTM di kampusnya yang akan digelar pada akhir bulan depan itu kembali kepada kebijakan dari orangtua serta wali mahasiswa. Pasalnya, syarat pertama untuk ikut, Unpad meminta mahasiswa mengantongi izin dari orangtua. Bila syarat ini tak terpenuhi atau berada di lokasi yang membuat mereka sulit mobilisasi ke kampus karena transportasi, universitas negeri ini tetap memberikan izin agar mahasiswa tetap praktiku secara daring atau menundanya sampai tahun depan tanpa perlu khawatir saksi kredit.

Kemudian mahasiswa juga wajib sudah menerima vaksinasi COVID-19 yang terhubung ke aplikasi Pedulilindungi yang diperlukan sebagai syarat ketika mereka akan check-in dan check-out dari area kampus. Selain itu para mahasiswa juga wajib mengisi aplikasi AMARI.

[Baca Juga: Rektor Unpad: Pencapaian Pembelajaran Daring Perlu Dievaluasi]

Dari sisi Unpad dalam menyiapkan PTM ini, menurut Prof. Arief, pihaknya akan melakukan pengaturan berapa jumlah mahasiswa yang boleh beraktivitas dalam laboratorium sesuai protokol kesehatan dan memadatkan waktu pembelajaran agar mereka tidak perlu berada di kampus selama satu semester. Oleh karena itulah rencananya Unpad akan mengatur pelaksanaan praktikum yang dilakukan mahasiswa hanya perlu satu atau dua bulan saja.

Kemudian khusus untuk mahasiswa yang memang berasal dari luar wilayah Sumedang dan Bandung Raya, Unpad mengizinkan mereka memanfaatkan asrama di dalam kampus sebagai tempat singgah selama proses kegiatan tersebut. Lalu untuk mahasiswa yang tengah mengejar tugas akhirnya dan mengharuskan hadir langsung ke kampus, termasuk bagi mahasiswa pascasarjana, Unpad akan melakukan penjadwalan sesuai protokol kesehatan. Persiapan terakhir jelang PTM terbatas ini, Unpad disebut terus menggelar program vaksinasinya untuk warga kampus sekaligus masyarakat di sekitarnya sejak akhir Juli yang berakhir pada 12 September 2021 kemarin.


Read More

Artikel Lainnya

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

21 September 2021, 19:07

Dengan menggandeng RS Mitra Keluarga, AlteaCare permudah pasien, khususnya dengan penyakit kronis, berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa perlu keluar dari rumah.

Laque Outfit 3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Model Baju Kekinian Ala Drama Korea? Cek di Laque Outfit

21 September 2021, 18:08

Sedang mencari aneka outfit ala Drama Korea? Cobalah untuk melihat-lihat di Laque Outfit, sebuah toko Butik di Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.