Unpad Uji Klinis Vaksin COVID-19, Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan.jpg

Kesehatan

Unpad Uji Klinis Vaksin COVID-19, Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan

Sejak akhir Juli lalu, Universitas Padjadjaran (Unpad) bersama PT Biofarma sudah mulai membuka pendaftaran untuk warga Kota Bandung menjadi peserta uji klinis vaksin COVID-19 tahap 3. Proses pendaftaran ini dilakukan usai Komite Etik Penelitian Unpad memberikan lampu hijau untuk memulai proses pengujian klinis vaksin milik perusahan Sinovac Biotech. Mendengar kabar pendaftaran tersebut, elemen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, termasuk orang nomor satunya, mengaku siap mendaftar untuk menjadi relawannya.

Kesiapan ini langsung disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika dirinya tengah mengikuti konferensi pers di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung. Dalam kegiatan yang digelar pada 3 Agustus 2020 tersebut, pria yang juga mengemban sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat itu menyebut bahwa yang menjadi relawan nanti adalah dirinya serta para pimpinan Fokum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Barat.

“Kami para pimpinan sedang merumuskan, jika tidak ada halangan dari unsur kesehatan pribadi, maka saya dan Forkopimda akan menjadi relawan untuk pengetasan vaksin (COVUD-19),” ungkap pria yang akrab disapa Kang Emil itu, sebagaimana dikutip dari humas.jabarprov.go.id (3/8/2020).

Unpad Uji Klinis Vaksin COVID-19, Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan .jpg

Ia memandang, langkah ini dilakukan guna memberikan contoh untuk masyarakat sekaligus yakin dalam usaha PT Bio Farma menghadirkan vaksin COVID-19. Berdasarkan data yang dimilikinya, Unpad menargetkan 1.600 relawan untuk proses uji klinis ini dan saat ini yang mendaftar baru sekitar 500 orang, jadi belum mencapai 50 persennya.

“Untuk (relawan) vaksin sudah ada pendaftar, sekitar 500-an orang, kita butuh 1.100 lagi. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada mereka yang usianya sesuai kriteria dan mau, untuk menjadi relawan,” tutur Ridwan Kamil. Untuk kategori usia sendiri, uji klinis vaksin COVID-19 yang dilakukan Unpad dan PT Bio Farma ini membutukan warga yang berdomisili di Bandung dengan rentang usia 20 sampai 59 tahun.

Seperti yang diwartakan sebelumnya, Unpad sudah memaparkan apa saja kriteria yang mereka butuhkan relawan vaksin COVID-19. Di mana salah satu aspek yang penting adalah peserta benar-benar menjalani protokol kesehatan dan memang tidak pernah terpapar COVID-19. Maka dari itu setiap peserta akan menjalani rapid test dan tes swab demi memastikan bahwa mereka tak terinfeksi atau tidak pernah terjangkit virus SARS-CoV-2.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 1 year, 9 months lalu
    rine

    yuuukkk MABAR game qqharian guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di qqharian ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>