Menyatukan Keberagaman di Hari Kesadaran Autisme

Kesehatan

Untuk Apa Diadakan Hari Kesadaran Austisme?

Hari Kesadaran Autisme Sedunia biasa diselenggarakan pada tanggal 2 April. Ketentuan ini berdasarkan Resolusi Majelis Umum PBB melalui resolusi PP No.62/139 pada 18 Desember 2007, setiap 2 April ditetapkan menjadi hari untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap orang dengan autisme sedunia.

Dengan adanya kesadaran yang tinggi di masyarakat, diharapkan tak ada lagi tindakan diskriminatif dan bisa dilakukan diagnosis dengan cepat. Menurut Master of Nursing, Motivator dan juga Pemerhati Family Health dan Pendidikan di Indonesia Okky R. Ngakili atau yang lebih akrab disapa Zeyn, Hari Kesadaran Autisme Sedunia ini harus ada karena masih banyak ditemui perlakuan masyarakat kepada Autisme itu masih rendah.

[Baca Juga: Menyatukan Keberagaman di Hari Kesadaran Autisme Sedunia]

“Banyak orang-orang dengan Autisme itu yang dideskriminasi, padahal mereka itu memiliki kepintaran dan kemampuan yang tidak biasa. Mereka lebih colorfull dalam berekspresi,” ujar Okky yang juga lulusan keperawatan.

Okky juga melanjutkan, adanya peringatan Hari Kesadaran Autisme Sedunia ini dinilai sangat penting. Setiap tanggal 2 April, dirinya dan tentu para orang tua, pemerhati Autisme dan keluarga ingin membuka setiap naluri dan pola pikir masyarakat terhadap Autisme.

“Banyak sekali kasus perundungan dan deskriminatif, kami tak ingin hal seperti itu terjadi lagi. Kami ingin membuktikan kalau mereka itu memiliki kebutuhan yang spesial mulai dari, cara berpikir dan semuanya, kami ingin membuka masyarakat tak boleh mendekriminasi keadaan mereka. Saya ingin menggaungkan kalau Autisme bukannya hambatan untuk menggapai kesuksesan. Intinya memanusiakan manusia,” sebut Zeyn.

[Baca Juga: Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Mengenal Apa Itu ASD]

Hari peringatan ini biasanya dilakukan dengan berbagai kegiatan. Seperti tahun lalu contohnya, ana Autisme ikut berpartisipasi dalam Yayasan Autisma Indonesia dalam kampanye global yang bertajuk Light it Up Blue, sebagai simbol, kampanye ini menyelimuti Monas (Monumen Nasional) dengan cahaya biru yang identik dengan anak Autis.

“Kebetulan tahun ini yang ke-13 dunia sedang dilanda wabah corona atau Covid-19, jadi peringatan Hari Kesadaran Autisme yang diusung online. Kita tetap menyelenggarakannya, kami dari Fattaah Synergy Consultant bekerja sama dengan media untuk membuat kampanye dengan tema #MyFantAUTISlife dan #CikalBakalCinta,” kata Zeyn saat dihubungi Pingpoint (1/4/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidi o.jpg

Hobi dan Hiburan

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidio

30 June 2022, 13:12

: Bagi Anda penggemar komedi Tanah Air, maka bersiaplah untuk menyaksikan serial Suka Duka Berduka yang diperankan bintang papan atas Indonesia yang mulai tayang pekan depan di Vidio.

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 202 2.jpg

Berita Kawasan

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 2022

30 June 2022, 11:09

Akhir pekan ini, Stadion Patriot Bekasi akan menjadi saksi gelaran perdana timnas di Piala AFF U-19 2022.

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.


Comments


Please Login to leave a comment.