Menyatukan Keberagaman di Hari Kesadaran Autisme

Kesehatan

Untuk Apa Diadakan Hari Kesadaran Austisme?

Hari Kesadaran Autisme Sedunia biasa diselenggarakan pada tanggal 2 April. Ketentuan ini berdasarkan Resolusi Majelis Umum PBB melalui resolusi PP No.62/139 pada 18 Desember 2007, setiap 2 April ditetapkan menjadi hari untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap orang dengan autisme sedunia.

Dengan adanya kesadaran yang tinggi di masyarakat, diharapkan tak ada lagi tindakan diskriminatif dan bisa dilakukan diagnosis dengan cepat. Menurut Master of Nursing, Motivator dan juga Pemerhati Family Health dan Pendidikan di Indonesia Okky R. Ngakili atau yang lebih akrab disapa Zeyn, Hari Kesadaran Autisme Sedunia ini harus ada karena masih banyak ditemui perlakuan masyarakat kepada Autisme itu masih rendah.

[Baca Juga: Menyatukan Keberagaman di Hari Kesadaran Autisme Sedunia]

“Banyak orang-orang dengan Autisme itu yang dideskriminasi, padahal mereka itu memiliki kepintaran dan kemampuan yang tidak biasa. Mereka lebih colorfull dalam berekspresi,” ujar Okky yang juga lulusan keperawatan.

Okky juga melanjutkan, adanya peringatan Hari Kesadaran Autisme Sedunia ini dinilai sangat penting. Setiap tanggal 2 April, dirinya dan tentu para orang tua, pemerhati Autisme dan keluarga ingin membuka setiap naluri dan pola pikir masyarakat terhadap Autisme.

“Banyak sekali kasus perundungan dan deskriminatif, kami tak ingin hal seperti itu terjadi lagi. Kami ingin membuktikan kalau mereka itu memiliki kebutuhan yang spesial mulai dari, cara berpikir dan semuanya, kami ingin membuka masyarakat tak boleh mendekriminasi keadaan mereka. Saya ingin menggaungkan kalau Autisme bukannya hambatan untuk menggapai kesuksesan. Intinya memanusiakan manusia,” sebut Zeyn.

[Baca Juga: Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Mengenal Apa Itu ASD]

Hari peringatan ini biasanya dilakukan dengan berbagai kegiatan. Seperti tahun lalu contohnya, ana Autisme ikut berpartisipasi dalam Yayasan Autisma Indonesia dalam kampanye global yang bertajuk Light it Up Blue, sebagai simbol, kampanye ini menyelimuti Monas (Monumen Nasional) dengan cahaya biru yang identik dengan anak Autis.

“Kebetulan tahun ini yang ke-13 dunia sedang dilanda wabah corona atau Covid-19, jadi peringatan Hari Kesadaran Autisme yang diusung online. Kita tetap menyelenggarakannya, kami dari Fattaah Synergy Consultant bekerja sama dengan media untuk membuat kampanye dengan tema #MyFantAUTISlife dan #CikalBakalCinta,” kata Zeyn saat dihubungi Pingpoint (1/4/2020).


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.